Efektivitas Ekstrakurikuler Tilawah dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa MTs Swasta Al-Washliyah 18 Tembung

Nurjannah Tumanggor, Khairuddin Khiruddin

Abstract


Implementasi ekstrakurikuler tilawah menjadi wadah atau tempat untuk memberikan pendampingan bagi siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid di MTs Swasta Al-Washliyah 18 tembung. Adapun penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana efektivitas ekstrakurikuler tilawah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Teknik validasi atau keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kehadiran ekstrakurikuler tilawah yang diterapkan MTs Swasta Al- Washliyah 18 Tembung memberikan efek atau implikasi dalam meningkatkan kualitas pada bacaan Al-Qur’an siswa. Dengan demikian siswa dapat melafadzkan bacaannya sesuai dengan kaidah tajwid serta mendorong hal positif kepada siswa dengan percaya diri tampil di depan umum.


Keywords


Efektivitas, Ekstrakurikuler, Tilawah, Kualitas Bacaan

Full Text:

PDF

References


Agus Salim Syukran, A. S. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia. Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108. https://doi.org/10.53563/ai.v1i2.21

Al-Mishriy, I. al-‘Alamah J. (2007). Lisan al-Arab. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Ali, M. T., Winaryo, S., & Sumarnie. (2021). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an Di Madrasarah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Equity In Education Journal, 3(1), 174–175. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2475

Anggola, A. (2023). Efektifitas Kegiatan Ekstrakulikuler Membaca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak di SMP 04 Negeri Bengkulu. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 3(1), 96–108. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula

Apip. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang. Journal of Elementary Education, 3(6), 295. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v3i6.6385

Aziz.Murzal. (2020). Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam. In Z. Nasution (Ed.), Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan (Vol. 2, Issue 1705045066). Media Madani. http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/20/18

Diana, F., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Metode Ceramah plus Demonstrasi dan Latihan dalam Meningkatkan Pemahaman Ubudiyah Santriwati pada Program Kuliah Subuh. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.302

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Elisabeth Jaa Ngaga, D. (2023). Efektivitas Ekstrakurikuler Dampak pada Prestasi. Jurnal Buletin Edukasi Indonesia (BEI), 2(01), 24–32. https://doi.org/10.56741/bei.v2i01.254

Firmansyah, F., Ali, M., & Romli, R. (2022). Pelatihan Membaca Al-Quran dengan Metode Tahsin Tilawah untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1), 134. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10844

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–158. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Gintings, A. (n.d.). Essensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Humaniora.

Hasanah, K. (2018). Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(1), 83–94. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i1.603

Hastiningsih, R., Normuslim, N., & Ahmadi, A. (2021). Belajar Alqur’an Dengan Hukum Bacaannya Bersama Majelis Ta’Lim Ibu – Ibu Desa Jaya Kelapa Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 8(2), 52. https://doi.org/10.33084/jhm.v8i2.3080

Kementerian Agama RI. (2019). Q.S. Sad ayat 29.

Maksum, A., & Hani, U. (2018). Metode Pembinaan Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Media Kartu Kwartet Tajwid. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan …, 34–35. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/download/820/681

Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi. (1999). Riyadhus Shalihin: Keutamaan Membaca Al-Qur’an (A. Sunarto (ed.)). Pustaka Amani.

Muslim. (2008). Jami’ al-Ahkam al-Qur’an. Dar al-Fikr.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). CV. Harva Creative. http://repository.uinsu.ac.id/19091/1/buku metode penelitian kualitatif.Abdul Fattah.pdf

Putri, A. R. (2021). Pelaksanaan Program Tilawah Al-Quran Di MTS PAB I Helvetia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama …, 1, 1–15. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimpai/article/view/912

Setiyani, R., Badruzzaman, N., & Muhajang, T. (2018). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Minat Membaca Al-Qur’an. Proceedings - Open Access Journal, 1(01), 107. https://journal.unpak.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1343

Shihab, M. Q. (1998). Tafsir Maudhui atas Pelbagai Persoalan Umat (Issue November). Mizan.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Q ur’an. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1). Lentera Hati. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Siregar, N. (2022). Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler tilawah al-Qur’an dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Mts Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara [UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan]. https://etd.uinsyahada.ac.id/8753/

Siti Aparoh, Milata Aziyah, N. H. (2021). Hukum bacaan alif lam, bacaan ro’ dan lam jalalah. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/96508721/Tugas_QQWT_Kelompok_7-libre.pdf?1672290115=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DHUKUM_BACAAN_ALIF_LAM_BACAAN_RO_DAN_LAM.

Sugiarti, R. (2022). Implementasi Program Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawatil Qur ’ an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMPN 5 Ponorogo [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. In Electronic. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19354

Sugiarto. (2016). Pendamping Membaca Al-qur’an Dengan Tajwid Yang Benar Bagi Masyarakat Disekitar Lingkungan Kampus. Jurnal Budimas, 4(1), 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6131

Suryono, D. (n.d.). Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Rineka Cipta.

Yulianti, E. (2019). Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. In Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.32616/tdb.v8.1.141.1-12

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 9–11. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.31475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.