Pengaruh Literasi Halal terhadap Konsumsi Makanan Halal Pada Siswa MAN1 Pekanbaru

Khusnal Marzuqo, Rafiqi Almunawwar, Rahmi Nadhira

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin beragamnya jenis makanan yang ada di Indonesia, sehingga perlu adanya kontrol pemahaman masyarakat khususnya siswa yang beragama Islam dalam memilih dan mengkonsumsi makanan yang tersedia dan diperjualbelikan secara online maupun offline. Kontrol ini difokuskan pada memahami literasi halal dan mengkonsumsi makanan halal. MAN 1 Pekanbaru merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di mana siswa belajar tentang nilai-nilai dasar Islam, dan salah satu nilai yang sangat penting adalah konsep halal, selain itu dalam segi konsumsi mereka tidak terlepas dari konsumsi produk yang ada disekitarnya, baik dari kantin yang ada di madrasah, kedai-kedai sekitar maupun belanja secara online, sebagai siswa dari madrasah mestinya mereka melakukan belanja suatu produk yang akan dikonsumsi berdasarkan petunjuk alquran, sunnah serta petunjuk dari ulama-ulama. Maka perlu ditinjau bagaimana literasi halal dan konsumsi makanan halal mereka dalam kesehariannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh literasi halal terhadap konsumsi makanan halal pada siswa MAN 1 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang membahas tentang sejauh mana pengaruh literasi halal terhadap konsumsi makanan halal siswa MAN 1 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada 92 repsonden yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan bantuan aplikasi pengolah data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, literasi halal siswa MAN 1 Pekanbaru mencapai 91,67% dengan kategori sangat baik, ini membuktikan bahwa siswa MAN 1 Pekanbaru sudah sangat baik dalam memahami hukum halal dan haram sesuai syariat agama Islam. Kedua, konsumsi makanan halal siswa MAN 1 Pekanbaru mencapai 90,22% dengan kategori sangat baik, ini membuktikan bahwa siswa MAN 1 Pekanbaru sudah sangat baik dalam memahami dan memilih makanan yang akan dikonsumsi sesuai dengan syariat agama Islam. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel literasi halal terhadap variabel konsumsi makanan halal siswa MAN 1 Pekanbaru, dibuktikan dengan hasil uji statistik dengan taraf nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis terdapat pengaruh literasi halal terhadap konsumsi makanan halal terbukti benar. Keempat, variabel literasi halal berpengaruh sebesar 89,2% terhadap variabel konsumsi makanan halal.

Full Text:

PDF

References


Abu `Abdullah Mustafa bin al-`Adawi (2004), Al-Tashil li Ta`wil al-Tanzil Tafsir Surah al-Maidah, (t.t.p): Maktabah Makkah.

Abu `Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr al-Qurtubi (2006), al-Jami` li Ahkam al-Quran, Juz 3, Beirut: Mu`assasah al-risalah.

Abu Bakr Muhammad bin Abdullah Ibn al-Arabi (t.t), Ahkam al-quran, Beirut: Dar al-kutub al`ilmiyyah.

Abu Hayyan al-Andalusi (t.t.), Tafsir al-Bahr al-Muhit, Juz. 2, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Abu Muhammad ‘Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Qudamah (1997), al-Kafi, Juz. 1, Qahirah: Hajr li al-Tiba‘ah wa al-Nasyr wa al-Tawzi‘ wa al-I‘ilan.

Abu Qasim Mahmud bin ‘Umar al-Zamakhsyari (1998), al-Kassyyaf, Juz. 1, Riyad: Maktabah al-‘Abikan.

Abu Muhammad ‘Ali bin Ahmad bin Sa‘id ibn Hazm (1347 H), al-Muhalla, Juz. 1, Mesir: Matba ‘ah al-Mahdhah bi Syari‘ ‘Abd al-‘Aziz.

Abu Muhammad ‘Abd al-Haqq bin Ghalib bin ‘Atiyyah al-Andalusi (t.t.), al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al- ‘Aziz, Juz. 1, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, h. 240; ‘Abd al-Rahman bin Muhammad Makhluf Abi Zaid al-Tha‘alabi (t.t.), al-Jawahir al-Hisan fi Tafsir al-Qur’an, Juz. 1, Beirut: Dar al-‘Ihya’ al-Turath al-‘Arabi.

Adekunle, Bamidele, and Glen Filson. (2020). “Understanding Halal Food Market : Resolving Asymmetric Information.” Journal Food Ethics 5 (13).

Ahmad Mustafa al-Maraghi (1946), Tafsir al-Maraghi, Mesir: Syarikah Maktabah wa Matba‘ah Mustafa al-Halabi, Juz. 1.

Amrin, dkk. (2022).Analisis Literasi Halal dalam membentuk Gaya Hidup Islami di Perguruan Tinggi Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 6 (1), 1-16.

Arif, Sazelin, and Safiah Sidek. (2015). “Application of Halalan Tayyiban in the Standard Reference for Determining Malaysian Halal Food.” Asian Social Science 11 (17).

Aoun, Isabelle, and Laurent Tournois. (2015). “Building Holistic Brands: An Exploratory Study of Halal Cosmetics.” Journal of Islamic Marketing 6 (1): 109–32.

Burki, Shireen Khan. (2011). “Haram or Halal? Islamists’ Use of Suicide Attacks as ‘Jihad.’” Terrorism and Political Violence 23 (4): 582–601.

Bon, Maedeh, and Mazhar Hussain. (2015). “Halal Food and Tourism: Prospects and Challenges.” Journal Tourism in the Muslim World 2: 47–59.

fatwa MUI No. 4 Tahun 2003 tentang standarisasi Fatwa Halal Hal.657

Ihatec. (2021, November). Penjelasan Lengkap Apa Itu Labelisasi Halal. Retrieved from Ihatec.com: https://ihatec.com/label-halal/

Khan, Mohd Imran, and Abid Haleem. (2016). “Understanding ‘ Halal ’ and ‘ Halal Certification & Accreditation System ’ - A Brief Review.” Saudi Journal Of Business and Management Studies 1 (1): 32–42

Majma‘ al-Lughah al-‘Arabiyyah (2004), al-Mu‘jam al-Wasit, cet. 4, Mesir: Maktabah al-Syuruq al-Dauliyyah, h. 255; Sa‘di Abu Jayyib (1988), al-Qamus al-Fiqhi: Lughatan wa Istilahan, cet. 2, Damsyik: Dar al-Fikr, h. 123.

Muhammad bin Ibrahim bin al-Munzir al-Naysaburi (1999), al-Ijma‘, cet. 2, Daulah al-Imarat al-‘Arabiyyah al- Muttahidah : Maktabah al-Furqan, h. 177.

Muhammad Rawwas Qal‘ahji (1996), Mu’jam Lughah al-Fuqaha’, Beirut: Dar al-Nafa‘is, h. 179

Oktafiani, Dea, & Yahya. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7 (9), 1-16.

Pratama, D. B., & Hartati, N. (2020). Pengaruh Literasi Halal dan Religiositas Terhadap Konsumsi Produk Halal pada Mahasiswa MKS UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Finansha-Journal of Sharia Financial Management, 1(2), 1–12.

Rangkuti, A., Lubis, D., & Amri, S. (2020). Literasi Konsumsi makanan halal Masyarakat Indonesia. Perdana Publishing.

Sa‘id Hawwa (1994), al-Asas fi al-Sunnah wa Fiqhiha, jilid 1, Mesir: Dar al-Salam, h. 303.

Setyowati, A., & Anwar, M. K. (2022). Pengaruh Literasi Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Konsumsi Produk Halal Masyarakat Kabupaten Madiun. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1), 108–124. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v16i1.108-124

Sherwani, Mehkar, Afzaal Ali, Adnan Ali, Sikandar Hussain, and Habib Gul Zadran. 2018. “Determinants of Muslim Consumers’ Halal Meat Consumption: Applying and Extending the Theory of Planned Behavior.” Journal of Food Products Marketing 24 (8): 960–81.

Syihab al-Din al-Sayyid Mahmud al-Alusi (t.t.), Ruh al-Ma‘ani fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azim wa Sab‘ al-Mathani, Juz.8, Beirut : Dar Ihya’ al-Turath al- ‘Arabi, h. 42.

Wahbah al-Zuhayli, (1984), al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, Damsyik: Dar al-Fikr, h. 132.

Wilson, Jonathan A J, and Jonathan Liu. (2010) “Shaping the Halal into a Brand ?” Journal Of Islamic Marketing 1 (2): 107–23. https://doi.org/10.1108/17590831011055851.

Yazid Abu Fida‟,(2014) Ensiklopedi Halal Haram Makanan, Solo: Pustaka Arafah.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.31393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.