Efektivitas Program Tahfidz salam Meningkatkan Hafalam Siswa di SMK IT Al-Huda Wonogiri

Hanifia Rahma Praditasari

Abstract


Program sekolah merupakan program yang komprehensif untuk mengoptimalkan pembelajaran tahfidzul Qur’an guna mencapai tujuan yang diinginkan di masa yang akan datang. Program hafalan Alquran merupakan salah satu program inovatif yang dimanfaatkan oleh tenaga  pendidik  yang  peduli  dengan  pertumbuhan moral  dan  keagamaan  peserta  didiknya.  Dimungkinkan  untuk  mengajarkan  Al-Quran dengan membaca, menulis, dan menghafal. Hafalan  Al-Qur'an merupakan komponen pendidikan  siswa  dalam  prinsip-prinsip  agama  dan  moral.  Tujuan dari kajian hafalan Alquran adalah untuk  menyajikan  kitab  suci  Islam.  Selain itu, melalui pelestarian Al-Quran melalui  hafalan,  upaya  dilakukan  untuk  menyesuaikan  diri  anak-anak  dengan agama. Menghafal Al-Quran sangatlah membutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk bisa sampai pada tahap hafidz karena untuk mencapai hal tersebut sangatlah tidak mudah apabila dari diri sendiri tidak mempunyai dorongan atau keinginan sendiri untuk menghafal Al-Quran. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengelolaan  program  tahfidz  sebagai  salah satu  upaya  peningkatan  membaca  dan  menghafal  al  qur’an. 

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to English
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Efektivitas Tahfidz Qur’an Hafalan

References


Amalia, A. (2019). EFEKTIFITAS PROGRAM TAHFIDZ SUPER CAMP DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA DI SMAIT DAARUL ‘ILMI BANDAR LAMPUNG Skripsi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Anam, S. (2022). Efektivitas menghafal al-qur’an: melalui metode elmaduri. Al-Mutsla, 4(1), 1-9.

Assingkily, M. S. (2019). Peran Program Tahfiz dan Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 186-225.

Bali, M. M. E. I., & Fatah, M. A. A. (2023). Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 534-540.

Gozali, G. (2023). Efektivitas Program Tahfidz 30 JUZ Di SMP Negeri Tahfidz Madani Rokan Hulu Riau. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Thawalib, 2(1), 19-28.

Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas program tahfidz Al-Quran dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 47-54.

Jannah, C. M. (2023). Efektivitas Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).

Lubis, M. H. (2017). Efektifitas Pembelaran Tahfizhil Al-Quran Dalam Meningkatkan Hafalan Santri Di Islamic Centre Sumatera Utara. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 1(2), 67-73.

Markhabi, F. (2024). Efektivitas Program Tahfizh Al-Qur’an di SMP Tahfizh Azhar Centre. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 441-454.

Putri, A. R. (2018). Efektivitas Program Pesantren Tahfidz Di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Rahmatika Mustaqim, I., & Inayati, N. L. (2021). Efektivitas Program Taḥfīẓul Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sulastini, F., & Zamili, M. (2019). Efektivitas program tahfidzul Qur’an dalam pengembangan karakter Qur’ani. Jurnal pendidikan islam Indonesia, 4(1), 15-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.31283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.