Implementasil Metode Ummil dalam Meningkatkanl Kemampuan Membacal Al-Qur’an Pesertal Didik SMK IT Al-Hudal Wonogiril
Abstract
Dalaml pembelajaran keagamaanl khususnya padal pelafalan bacaanl Al-Qur’an harusl memperhatikan beberapal ketentuan meliputil makhraj, ltajwid, dan ltartil. Penguasaan yangl baik danl benar didukungl dengan adanyal metode yangl sesuai sebagail bentuk upayal peningkatan kemampuanl membaca lAl-Qur’an. Di SMKl IT Al-Hudal Wonogiril yang ditempuhl untu melakukanl peningkatan membacal Al-Qur’an ialahl dengan menggunakanl Metode lUmmi. Metodel Ummi merupakanl suatu terobosanl yang dilaksanakanl dengan modell klasikal lindividual, didukung kolaborasil antara gurul dan siswal dalam membacal Al-Qur’an secaral bersama. Tujuanl dari penelitianl ini adalahl untuk meningkatkanl kemampuan membacal Al-Qur’an dil SMK ITl Al-Huda Wonogiril dengan menggunakanl metode lUmmi. Penelitian inil menggunakan metodel kualitatif deskriptifl dengan pengumpulanl data menggunakanl observasi, lwawancara, dan dokumentasil disertai instrumenl penelitian yaitul data pertanyaanl pada saatl wawncara. Hasill dari penelitianl ini yaitul menunjukan adanyal peningatan dalaml pembacaan Al-Qur’anl dari sebeluml dan sesudahl penggunaan metodel Ummi. Implikasil dari penelitianl ini adalahl adanya metodel Ummi dil SMK IT Al-Hudal Wonogiri sebagail terobosan dalaml meningkatan kemampuanl membaca Al-Qur’anl yang lfasih
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack This page is in Indonesian Translate to English- Afrikaans
- Albanian
- Amharic
- Arabic
- Armenian
- Azerbaijani
- Bengali
- Bulgarian
- Catalan
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Finnish
- French
- German
- Greek
- Gujarati
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Italian
- Japanese
- Kannada
- Kazakh
- Khmer
- Korean
- Kurdish (Kurmanji)
- Lao
- Latvian
- Lithuanian
- Malagasy
- Malay
- Malayalam
- Maltese
- Maori
- Marathi
- Myanmar (Burmese)
- Nepali
- Norwegian
- Pashto
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Punjabi
- Romanian
- Russian
- Samoan
- Simplified Chinese
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swedish
- Tamil
- Telugu
- Thai
- Traditional Chinese
- Turkish
- Ukrainian
- Urdu
- Vietnamese
- Welsh
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif, S., & Sari, S. N. (2020). Pengaruh penggunaan metode ummi dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 67-80.
Asy-Syahida, S. N., & Rasyid, A. M. (2020). Studi komparasi metode talaqqi dan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 186-191.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38-41.
Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa di SMPIT Anni’mah Margahayu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 179-187.
Firdaus, A. (2021). Eksistensi Metode Ummi dalam Meningkatkan Pembelajaran Tahsin Al-Quran Di SMP IT Abata Lombok. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(02), 225-230.
Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15-30.
Haliska, H., Nurita, I., Juniansyah, J., & Suratman, S. (2020). Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz. el Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 93-106.
Harahap, S. B. (2020). Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Scopindo Media Pustaka.
Hayati, E. R. (2019). Implementasi metode ummi dalam pembelajaran al-qur’an di sdit darojaatul ‘uluum (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Hernawan, D., & Muthoifin, M. (2019). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27-35.
Kuncoro, A. C. (2022). IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN II. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 61-69.
La Rajab, S. S. (2019). Metode Ummi dan Pembelajarannya. Ambon: LP2M IAIN Ambon.
Mufti, M. (2015). Strategi pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an santri di TPQ Al-Hasani Gampingan Pagak Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Mukaromah, N., & Hanif, M. (2024). Metode Ummi Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 681-698.
Mustika, M. I., & Fahyuni, E. F. (2024). Implementasi Tahsin (Metode Ummi) Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(2), 609-621.
Nobisa, J. (2021). Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 44-70.
Ridwanulloh, M., Maya, R., & Fachrudin, F. (2020). IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’ AN SISWA KELAS VII DI SMPIT KAIFA CIOMAS BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 63-71.
Ridho, L., Mahfud, M., & Arifuddin, M. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Al-Quran Metode Ummi Terhadap Makhorijul Huruf Dan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 3(1), 1-7.
Sa’dijah, C. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Qiro'ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 100-123.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64.
Sahroni, S., & Ruwandi, R. (2022). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’ an. Syntax Idea, 4(12), 1688-1701.
Sari, Y. M., Hasan, W. A., & Fithri, R. (2024). Efektivitas Metode Ummi dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Sdit Al-Fikri Islamic Green School Kota Pekanbaru. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(3), 146-156.
Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif.
Subur, S., Agustiar, A., & Idris, I. Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies, 1(1), 1-10.
Syaikhu, A. (2022). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-QurAn di MI As-Sunniyyah Lumajang. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 89-101.
Wahyuni, S. N., & Aisyah, N. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMP. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 141-148.
Yusriani, Y. (2022). Metodologi penelitian kualitatif.
Zauri, A. S., Serly, A., & Abdillah, A. F. (2022). Implementasi Metode Ummi sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 277-281.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.31283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:

Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.