Penerapan Metode Aktif Learning sebagai Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Bullying di SMA 05 Muhammadiyah Todanan

Aryeni Ika  Febriyana, Aryeni Ika  Febriyana

Abstract


Abstrak: Bullying di sekolah merupakan permasalahan yang memerlukan perhatian serius dari beberapa guru di sekolah, khususnya guru pai, guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam, yang mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan akhlak siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi perundungan adalah dengan metode pembelajaran aktif, yaitu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, dan mendorong mereka untuk mempelajari keterampilan sosial, empati, dan emosional pada setiap siswa.

 

Dalam pendekatan pembelajaran aktif, siswa diminta untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran melalui permainan peran, studi kasus, diskusi kelompok, dan proyek kolaboratif. Pendekatan ini mengalihkan fokus dari pengajaran tradisional satu arah ke interaksi dua arah yang lebih dinamis dan inklusif.

 

Abstrak: Bullying di sekolah merupakan masalah yang memerlukan perhatian serius dari beberapa guru yang ada di sekolah terutama guru pai, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan oleh guru PAI untuk mengatasi bullying adalah metode pembelajaran aktif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, dan mendorong mereka untuk belajar keterampilan sosial dan empati serta emosional masing-masing peserta didik.

Dalam pendekatan pembelajaran aktif, siswa diminta untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar melalui permainan peran, studi kasus, diskusi kelompok, dan proyek kolaboratif. Pendekatan ini mengubah fokus dari pengajaran tradisional yang fokus pada satu arah ke interaksi dua arah yang lebih dinamis dan inklusif.

 

 

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Application, collaborative learning, preventing bullying

References


Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rienka Cipta.Astuti, Pony Retno. 2008 . Meredam bullying 3 cara efektif meredam K.P.A (kekerasan pada anak). Jakarta: Grasindo

Arif Rohman. (2012). Kebijakan Pendidikan Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Inggris, P. (2017). Saran Mencegah dan Mengatasi Bullying untuk Kepala Sekolah, Staf, dan Badan Pengurus. Departemen Pendidikan, Edisi July. https://www.gov.uk/ government/publications/prevent ing-and-tackling-bullying.

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv. Wirawan, 2012 . Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta:Salemba Empat

Ahmad Salim. Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. December 2015

Ibid, hlm. 6

Marzukhoh T dan M Shobahiya, “Studi Komparatif Profil Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas,” Jurnal SUHUF Vol. 29, No. 1 (2017): 38-49, https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/download/5086/3398.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.31248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.