Model Kepemimpinan di Sekolah Islam Al Azhar Bukittinggi dan Dampaknya terhadap Prestasi Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2024). The central role of the Quran in the development of the Islamic educational paradigm. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 9(1), 25–38.
Fitrianto, A. R. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo). IAIN PONOROGO.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.
Gusli, R. A., Zaki, S., & Akhyar, M. (2023). Tantangan Guru terhadap Perkembangan Teknologi Agar Memanfaatkan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 229–240.
Hidayat, H., & Ibrahim, I. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Tenaga Pendidik. Jambura Journal of Educational Management, 312–325.
Ishak, S., Adam, M., Sofyan, H., Yulianur, A., Saidi, T., Yaman, M. A., Dirhamsyah, M., Pribadi, J., & Aldrian, D. (2020). Abdi A Wahab: Pemimpin di dua era. Syiah Kuala University Press.
Jayadi, H. (2020). Upaya guru IPS Terpadu dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di MTs Darul Ittihad Gerepek Desa Bunut Baok Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2019/2020. UIN Mataram.
Kahar, S. (2021). Merengkuh Modernisasi: Pengalaman Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. madina publisher.
Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan kolaboratif: sebuah bentuk kepemimpinan untuk sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207.
Makmuriana, L. (2021). Kepemimpinan Transformasional. Penerbit NEM.
Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Iklim Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mudatsir, M. (2021). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan. Educational Journal of Islamic Management, 1(2), 55–67.
Musyaffa, A. A. (2019). Total Quality Manajement Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. Penerbit A-Empat.
Muzayanah, A. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia).
Nurfadhilah, N. (2023). “Implementasi Pembelajaran Bina Pribadi Islami (BPI) Pada Peserta Didik Dalam Membangun Karakter Religius Anak Di SDIT Ash Shiddiiqi Kota Jambi”. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 38–49.
Pane, R. T. A. (2024). Internalisasi Nilai-nilai Toleransi Beragama di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67.
SALSABIELA, Z. (n.d.). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di masa pandemi pada SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang.
Setiawan, H. (2020). Manajemen Kepemimpinan Transformasional. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–26.
Suriansyah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2).
Wahed, A. (2018). Strategi Mewujudkan Sekolah dan Madrasah Unggulan di Era Global. Al-Ibrah, 3(1), 1–28.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.30795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.