Model Kepemimpinan di Sekolah Islam Al Azhar Bukittinggi dan Dampaknya terhadap Prestasi Siswa

Mira Febrina, Junaidi Junaidi, Supriadi Supriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model kepemimpinan yang diterapkan di Sekolah Islam Al Azhar Bukittinggi, serta menganalisis karakteristik khusus dari model, implementasi kepemimpinan Islami dalam kegiatan sehari-hari di sekolah tersebut dan menginvestigasi pengaruh langsung atau tidak langsung dari kepemimpinan terhadap prestasi akademik dan non-akademik siswa di Sekolah Islam Al Azhar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi dan memahami model kepemimpinan di Sekolah Islam Al Azhar Bukittinggi serta dampaknya terhadap prestasi siswa. Metode kualitatif deskriptif dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mendapatkan gambaran yang mendalam dan komprehensif mengenai fenomena yang diteliti melalui pengumpulan data yang bersifat eksploratif dan interpretatif. Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi kepemimpinan yang efektif di Sekolah Islam Al Azhar Bukittinggi memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi siswa. Kepemimpinan transformasional, instruksional, partisipatif, dan yang berorientasi pada pengembangan karakter mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memotivasi siswa, meningkatkan kinerja akademik, dan mengembangkan karakter siswa secara holistik. Namun demikian, masih ada tantangan yang perlu diatasi, seperti konsistensi dalam penerapan pendekatan kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya yang optimal. Penelitian ini memberikan pandangan yang mendalam tentang bagaimana kepemimpinan dapat menjadi katalisator perubahan positif dalam pendidikan, dan dapat menjadi pedoman bagi sekolah-sekolah lain yang ingin meningkatkan prestasi siswa melalui praktik kepemimpinan yang efektif.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Model Kepemimpinan; Prestasi siswa; Sekolah Islam

References


Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2024). The central role of the Quran in the development of the Islamic educational paradigm. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 9(1), 25–38.

Fitrianto, A. R. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo). IAIN PONOROGO.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.

Gusli, R. A., Zaki, S., & Akhyar, M. (2023). Tantangan Guru terhadap Perkembangan Teknologi Agar Memanfaatkan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 229–240.

Hidayat, H., & Ibrahim, I. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Tenaga Pendidik. Jambura Journal of Educational Management, 312–325.

Ishak, S., Adam, M., Sofyan, H., Yulianur, A., Saidi, T., Yaman, M. A., Dirhamsyah, M., Pribadi, J., & Aldrian, D. (2020). Abdi A Wahab: Pemimpin di dua era. Syiah Kuala University Press.

Jayadi, H. (2020). Upaya guru IPS Terpadu dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di MTs Darul Ittihad Gerepek Desa Bunut Baok Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2019/2020. UIN Mataram.

Kahar, S. (2021). Merengkuh Modernisasi: Pengalaman Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga. madina publisher.

Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan kolaboratif: sebuah bentuk kepemimpinan untuk sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207.

Makmuriana, L. (2021). Kepemimpinan Transformasional. Penerbit NEM.

Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Iklim Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Mudatsir, M. (2021). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan. Educational Journal of Islamic Management, 1(2), 55–67.

Musyaffa, A. A. (2019). Total Quality Manajement Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. Penerbit A-Empat.

Muzayanah, A. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia).

Nurfadhilah, N. (2023). “Implementasi Pembelajaran Bina Pribadi Islami (BPI) Pada Peserta Didik Dalam Membangun Karakter Religius Anak Di SDIT Ash Shiddiiqi Kota Jambi”. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 38–49.

Pane, R. T. A. (2024). Internalisasi Nilai-nilai Toleransi Beragama di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67.

SALSABIELA, Z. (n.d.). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di masa pandemi pada SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang.

Setiawan, H. (2020). Manajemen Kepemimpinan Transformasional. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–26.

Suriansyah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2).

Wahed, A. (2018). Strategi Mewujudkan Sekolah dan Madrasah Unggulan di Era Global. Al-Ibrah, 3(1), 1–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.30795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.