Problematika Transformasi Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran di Era 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika transformasi kurikulum merdeka terhadap proses pembelajaran di era 5.0. Dalam pendidikan saat ini peserta didik menghadapi society 5.0 yang mana peserta didik harus memiliki kemampuan merekonstruksi cara berpikir kritis, kontruktif, dan inovatif demi untuk mengembangkan karakter dan kompetensipeserta didik. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu mengguanakan penelitian lapangan (field research), metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan untuk teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi baik itu dari SDM, sarana prasarana sekolah, kesiapan belum sepenuhnya baik itu dari segi program maupun administrasi guru. Kurikulum merdeka ini masih harus di perhatikan dan di evaluasi lagi agar tercapai tujuan pendidikan yang di harapkan secara optimal dengan meningkatkan serta peningkatan sumberdaya manusia yang berkualitas dengan memberikan diklat dan pelatihan-pelatihan pada calon leader yang akan membimbing para guru lainnya, lebih focus dalam mempersiapkan sarana dan prasarana yang mamadai, dan guru harus mengupgrade diri dengan mengikuti perkembangan digital era 5.0.
Kata kunci:
Transformasi, kurikulum merdeka dan Era 5.0
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Faisal Madani, M. Ishaq, Lasi Purwito, Ratih Permata Sari. 2022. “Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Nonformal.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 08 (May): 1143–54.
Ainia, Dela Khoirul. 2020. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 3 (3): 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525.
Anggreini, Dewi, and Eko Priyojadmiko. 2022. “Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omricon Dan Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022 1 (1): 82.
Aziz, Farhan Zabdul, Farid Setiawan, David Hariadi, and Faradina Nur Setianingsih. 2022. “Transformasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Sebagai Landasan Pengelolaan Pendidikan.” Attractive : Innovative Education Journal 4 (2): 217–28. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/.
Baro’ah, S. 2020. “Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Tawadhu 4 (1): 1063–73.
Bungawati, Bungawati. 2022. “Peluang Dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan 31 (3): 381. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2847.
D. Sibagariang, Sihotang, H., & Murniarti, E. 2021. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.” Dinamika Pendidikan 14 (2): 88–89.
Fembriani, Fembriani. 2022. “Analisis Implementasi Pembelajaran IPA Dan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 3 (02): 100–106. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661.
Hikmawati, Fenti. 2020. Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.
Lembong, Jelly Maria, Harol Reflie Lumapow, and Viktory Nicodemus Joufree Rotty. 2023. “Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9 (2): 765–77. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mauizdati, Nida. 2020. “Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Perspektif Sekolahnya Manusia Dari Munif Chatib.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 3 (2): 315–21. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1324.
Merentek, Theo Chanra, Tinneke Evie Sumual, Elni Jeini Usoh, and Joni Kutu Kampilong. 2023. “Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Masa Depan.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9 (1): 29–35. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16516.
Nasrulhaq, Nasrulhaq, Ahmad Harakan, Syukri Syukri, Sitti Rahmawati Arfah, Nur Khaerah, Nurbiah Tahir, and Nur Wahid. 2022. “Diseminasi Kebijakan Pendidikan Melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Di Makassar Indonesia.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (1): 21–29. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1563.
Ni Komang Suni Astini. 2022. “Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0.” Lampuhyang 13 (1): 164–80.
Nugrahani, Farida. 2014. Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Bahasa. Solo: Cakra Books.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6 (4): 6313–19. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.
S. Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. 2021. “Merdeka Belajar: Kajian Literatur.” UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183190.
Sadewo, Yosua Damas, Bella Ghia Dimmera, and Pebria Dheni Purnasari. 2022. “Persepsi, Kebutuhan Dan Tantangan Implementasi Kebijakan ‘Merdeka Belajar, Kampus Merdeka’ Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Perbatasan.” Sebatik 26 (2): 768–73. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1980.
Simanjuntak, Romaulina, Elfrianto Elfrianto, Yusmidani Yusmidani, and Vivery Saragih. 2023. “Administrasi Tata Kelola Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5 (1): 2613–19. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11370.
Tohir. 2019. Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar.
Windayanti, Mihrab Afnanda, Ria Agustina, Emanuel B S Kase, Muh Safar, and Sabil Mokodenseho. 2023. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka.” Journal on Education 6 (1): 2056–63.
Yamin, Muhammad, and Syahrir Syahrir. 2020. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6 (1): 126–36. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.30404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.