Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa di MA Al-Amiriyyah Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akdon, Strategik Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta, 2007
Komariah, Aan dan Triatna, Cepi. Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. (Jakarta:PT. Bumi Aksara, 2006)
Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. (Jakarta: Salemba Humanika, 2015)
J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian kualitatif (edisi revisi). (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)
M. Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)
Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Penerbit Kaffa, 2019
Mathew B Miles, A. Michael Huberman, & Johnny Saldana, “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook,” Thousand Oaks: SAGE Publication, Inc (2014)
El Adawiyah. Strategi Komunikasi Perempuan Pemimpin. Jurnal Perspektif Komunikasi UMJ Vol. 1 No. 2 Juli - Desember (2017)
Rivai, Veithzal, Bachtiar dan Boy Rafli Amar. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013
Bagir, Haidar. Mememulihkan Sekolah Memulihkan Manusia: Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita. Jakarta: PT. Mizan Publika, 2019
Nurul Anwar, Rosyida. Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD Untuk Meningkatkan Mutu Pendidik (Studi Multi Kasus di TK Islam Al Irsyad 129 Madiun dan TK Islamiyah Rahmatan Lil ‘Alamin Kota Madiun), Disertasi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2021)
Margono Mitrohardjono, “Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengimplementasikan Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Syawaifiyyah Jakarta Utara), Jurnal Tahdzibi Manajemen Pendidikan Islam (2020)
Akif Hilmiyah, Kepemimpinan Transformasional Berkeadlan Gender: Konsep dan Implementasi di Madrasah, (Yogyakarta: Samudra Biru, 2015),
Muhammad Fitrah, “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,”Jurnal Penjaminan Mutu (2017), 32.
Kemendikbud RI, Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar [Video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=T2-s6yY9yoI, 2022
James H Stronge, dkk. Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif, diterjemahkan oleh Siti Mahyuni, (Jakarta: PT. Indeks, 2013),
Munif Chatib, Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia, (Bandung: Penerbit Kaffa, 2019),
Kemendiknas. Buku Kerja Pengawas Sekolah.(Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin MutuPendidikan Kementrian Pendidikan Nasional, 2010),
Hamdan Dimyati, Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan (Bandung: Pustaka Setia, 2014),
Nanang Fattah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013),
Heru Subandono, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Motivasi Kerja Guru: Studi Kasus di Sekolah Masjid Terminal Depok Provinsi Jawa Barat, Tesis (Universitas Indonesia, 2011)
Olga Epitropika, What is? Transformational Leadership. Inggris: Institut of Work Psychology University of Sheffield (2001),
Muhammad Karim, Pemimpin Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam (Malang: UIN Maliki Press, 2010), 40-46
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI KASUS di SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG).
Marwiyah. Perencanaan Kepemimpinan Transformasional. Makassar: Aksara Timur, 2015
Nur Zazin, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam (Malang: Ar Ruzz Media, 2018)
Enny Comalasari, Edi Harapan dan Houtman, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Manajemen Kelas Terhadap Mutu Pembelajaran,” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media Vol. 1 No. 1 (September 2020),
Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, (Bandung; PT. Al-Ma’arif, 2000),
E Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013),
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.30348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.