Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa di MA Al-Amiriyyah Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi

Alfan Fauzi, Ainur Rofiq, Ali Wafa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik dan strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah MA Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif model interactive Miles, Huberman & Saldana (2014), yang mencakup empat langkah: data collection, data condensation, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan empat karakter yang menunjukkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah MA Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Karakter-karakter tersebut adalah pengaruh religius yang ideal yang ditunjukkan dengan standar moral dan spiritual, motivasi inspirasional yang ditunjukkan dengan semangat belajar, dan insentif intelektual yang ditunjukkan dengan mendorong guru untuk mengedepankan kerja tim. Individualisasi pertimbangan ditunjukkan dengan mendukung ide atau rekomendasi dari bawahan. selanjutnya strategi yang digunakan dalam kepemimpinan transformasional adalah, menyusun RKT (rencana kerja tahunan) sekolah, membagi tanggung jawab berdasarkan standar guru, membangun kerjasama dengan pihak luar, mendatangkan pakar di sekolah, membuat gebrakan atau hal baru, dan mengembangkan model pembelajaran yang inovatif.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

References


Akdon, Strategik Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta, 2007

Komariah, Aan dan Triatna, Cepi. Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. (Jakarta:PT. Bumi Aksara, 2006)

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. (Jakarta: Salemba Humanika, 2015)

J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian kualitatif (edisi revisi). (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)

M. Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007)

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Penerbit Kaffa, 2019

Mathew B Miles, A. Michael Huberman, & Johnny Saldana, “Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook,” Thousand Oaks: SAGE Publication, Inc (2014)

El Adawiyah. Strategi Komunikasi Perempuan Pemimpin. Jurnal Perspektif Komunikasi UMJ Vol. 1 No. 2 Juli - Desember (2017)

Rivai, Veithzal, Bachtiar dan Boy Rafli Amar. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013

Bagir, Haidar. Mememulihkan Sekolah Memulihkan Manusia: Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita. Jakarta: PT. Mizan Publika, 2019

Nurul Anwar, Rosyida. Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD Untuk Meningkatkan Mutu Pendidik (Studi Multi Kasus di TK Islam Al Irsyad 129 Madiun dan TK Islamiyah Rahmatan Lil ‘Alamin Kota Madiun), Disertasi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2021)

Margono Mitrohardjono, “Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengimplementasikan Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Syawaifiyyah Jakarta Utara), Jurnal Tahdzibi Manajemen Pendidikan Islam (2020)

Akif Hilmiyah, Kepemimpinan Transformasional Berkeadlan Gender: Konsep dan Implementasi di Madrasah, (Yogyakarta: Samudra Biru, 2015),

Muhammad Fitrah, “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,”Jurnal Penjaminan Mutu (2017), 32.

Kemendikbud RI, Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar [Video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=T2-s6yY9yoI, 2022

James H Stronge, dkk. Kualitas Kepala Sekolah yang Efektif, diterjemahkan oleh Siti Mahyuni, (Jakarta: PT. Indeks, 2013),

Munif Chatib, Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia, (Bandung: Penerbit Kaffa, 2019),

Kemendiknas. Buku Kerja Pengawas Sekolah.(Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin MutuPendidikan Kementrian Pendidikan Nasional, 2010),

Hamdan Dimyati, Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan (Bandung: Pustaka Setia, 2014),

Nanang Fattah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013),

Heru Subandono, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Motivasi Kerja Guru: Studi Kasus di Sekolah Masjid Terminal Depok Provinsi Jawa Barat, Tesis (Universitas Indonesia, 2011)

Olga Epitropika, What is? Transformational Leadership. Inggris: Institut of Work Psychology University of Sheffield (2001),

Muhammad Karim, Pemimpin Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam (Malang: UIN Maliki Press, 2010), 40-46

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI KASUS di SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG).

Marwiyah. Perencanaan Kepemimpinan Transformasional. Makassar: Aksara Timur, 2015

Nur Zazin, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam (Malang: Ar Ruzz Media, 2018)

Enny Comalasari, Edi Harapan dan Houtman, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Manajemen Kelas Terhadap Mutu Pembelajaran,” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media Vol. 1 No. 1 (September 2020),

Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, (Bandung; PT. Al-Ma’arif, 2000),

E Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013),




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.30348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.