Al-Qur’an dan As-Sunnah : Pilar Utama Ilmu Pengetahuan Islam dan Relevansinya dengan Tantangan Masyarakat 5.0

Siti Tazkirah, Luthfiyah Luthfiyah, Khairudin Khairudin

Abstract


Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah dua sumber utama dalam Islam yang
membentuk landasan bagi ilmu pengetahuan. Kedua sumber tersebut, tidak hanya
menyajikan ajaran agama, tetapi juga menjadi pilar utama bagi ilmu pengetahuan
dalam berbagai bidang. Tujuan penelitian ini adalah sebagai salah satu upaya
untuk membumikan Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan mengkaji secara tematik
khususnya tentang Ilmu Pengetahuan serta relevansinya dengan tantangan
masyarakat 5.0. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library
Research). Pada penelitian ini, terdapat dua sumber data yang digunakan yaitu
sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini
diambil dari buku-buku atau jurnal yang membahas tentang Al-Qur’an dan As-
sunnah : pilar utama ilmu pengetahuan Islam dan relevansinya dengan tantangan Masyarakat 5.0. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku, artikel jurnal, dan situs yang mendukung dalam penelitian ini. Adapun

teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Setelah data yang
didapatkan kemudian memaparkan secara sistematis pada hasil penelitian. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Al-Qur'an dan As-Sunnah dianggap tidak
hanya sebagai sumber ajaran agama, tetapi juga sebagai panduan moral, etika,
kepemimpinan, dan keseimbangan antara agama dan ilmu pengetahuan.
Penelitian ini menemukan bahwa prinsip-prinsip yang terkandung dalam Al-
Qur'an dan As-Sunnah tetap relevan dan bermanfaat dalam mengatasi tantangan-
tantangan kontemporer seperti regulasi teknologi, ketidakadilan sosial, krisis
lingkungan, dan dilema etis dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi.
Keharmonisan antara Al-Qur'an dan As-Sunnah menciptakan kerangka ajaran
yang lengkap dan komprehensif dalam Islam, yang membimbing individu dan
masyarakat menuju kehidupan yang lebih adil, beretika, dan berkelanjutan dalam
masyarakat 5.0.


Keywords


Al-Qur’an, As-Sunnah, Ilmu pengetahuan, Masyarakat 5.0

Full Text:

PDF

References


Afnii, S. A. (2023). Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 97–112. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.167

Al-Irsyadiyah, A.-I. (2023). Dasar-Dasar Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an. Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.62083/18xh7k80

Ali, M., & Prajayanti, antya S. (2019). PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL Antiya Safira Prajayanti. Kedudukan As-Sunnah Sebagai Sumber Hukum Dan Pendidikan Islam Di Era Millenial, 03(2), 255–270.

Almu’tasim. (2016). Penciptaan Budaya Religius Perguruan Tinggi Islam (Berkaca Nilai Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 12.

Anis Zohriah1, Hikmatul Fauzjiah2, Adnan3, M. shofwan M. N. B. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah Volume, 5, 704–713. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i2.3194

As-Sakran, I. (2021). Re-connect with Qur’an, Menangkap Getaran kalam Ilahi. Aqwam.

Azki Khairudin. (2017). Sains Islam berbasis nalar ayat-ayat semesta. At-Ta’dib, 12(1), 195.

Fauziyah. (2024). KAJIAN SEDERHANA EKONOMI ISLAM: HAM, ETIKA, DAN BISNIS. JEBESH: JOURNAL OF ECONOMICS BUSINESS ETHIC AND SCIENCE HISTORIES, 2(3), 80.

Firdaus, F. (2019). Dasar Integrasi Ilmu dalam Alquran. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1), 23–35. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(1).2726

Irawan, D., Putra, R. S., Farabi, M. Al, & Tanjung, Z. (2022). Integrasi Ilmu Pengetahuan : Kajian Interdisipliner , Multidisipliner dan Transdisipliner Ilmu Pendidikan Islam Kontemporer. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islamam, 18(1), 133.

Iryani, E. (2017). Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan Eva Iryani 1. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 70.

lhanin, dkk. (2024). Posisi Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Problematika Masyarakat Modern. Social Science Academic, 2(1), 89.

Masrifatin, Y. (2019). Konsep pendidikan profetik sebagai pilar humanisasi. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, Vol. 18(2), 165.

Mosiba, R. (2017). SUNNAH SEBAGAI SUMBER IPTEK DAN PERADABAN (Studi atas Pemikiran Yusuf Al-Qardhawi). Inspiratif Pendidikan, 6(2), 367. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5768

Mualimin, M. (2020). Pengembangan nilai Islami peserta didik melalui integrasi Alquran dan Hadis dalam pembelajaran biologi. Humanika, 20(2), 129–146. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.29299

Nashr, M. M. (2019). Wasiat Rasul kepada Pembaca & Penghafal Al-Qur’an. Al-Qowam.

Pengetahuan, I. (2013). Islam Dan Ilmu Pengetahuan ( Pengaruh Temuan Sains Terhadap Perubahan Islam ). Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 127–139.

Putra, A., & Rumondor, P. (2020). Sunnah, Sains dan Peradaban Manusia; Menelaah Kembali Pemikiran Yusuf Al Qardhawi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(1), 1–19. https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.1.1-19

Rizal dan Alting. (2023). Teori Alam Dalam Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Teori Manajemen Waktu Dalam Penciptaan Alam. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(2), 227.

Slamet, dkk. (2023). Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Akhlak Pemuda dalam Perspektif Hijrah Rasulullah SAW. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 126.

Supendi, P., & Anisa, A. (2022). Al-Qur ’ an sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. 3(1), 18–26.

Suriyati. (2016). Islam dan Pengetahuan. Jurnal Al-Qalam, 8(2), 102–118.

Tamlekha, T. (2021). Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 105–115. https://doi.org/10.47498/bashair.v1i2.844

Umar Sidiq dan Moh. Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.