Abdullah Nashih Ulwan dan Tujuan Pendidikan Islam: Mewujudkan Generasi Berakhlak dan Cerdas

Edi Iskandar

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni dengan menjadikan sumber sekunder yang berasal dari sumber kepustakaan yang telah ditelaah dan dianalisis sebelumnya. Sementara dalam pendekatan, penulis memakai metode Content Analisis. Metode ini dilakukan agar dapat mengungkapkan pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang tujuan pendidikan Islam secara utuh dan komprehensif. Dari hasil kajian ini dapat diketahui bahwa menurut Abdullah Nashih Ulwan tujuan terpenting dari pendidikan Islam adalah: pertama, menumbuh kembangkan nilai-nilai fitrah keimanan (tauhid), kedua, mempersiapkan anak didik yang bermoral dan berakhlak mulia, ketiga, menyiapkan anak yang terampil dan sehat jasmaninya, keempat, menjadikan anak didik yang cerdas intelektualnya, Kelima, Menyiapkan anak yang cerdas sosialnya. Hal ini terlihat pada pemikiranya dalam buku Tarbiyat al Aulad fi al Islam.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.