Analisis Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Di SMA Negeri 7 Merangin
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, R. (2017, April). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 112.
Bistari, B. (2018). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082
Bungin, B. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya (2 ed.). Jakarta: Kencana.
Darni, D., Akmal, A., Ramadhan, D., & Ismail, I. (2023). Model Student Self-Assessment for Geography Teacher at MAN. International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 163-170.
Djatmiko, E. (2006, Desember). The effect of the principal's leadership and facilities on the teacher’s performance of state junior high schools of Semarang municipality. Fokus Ekonomi, 1(2), 23.
Ekosiswoyo, R. (2007, Juni). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kesuksesan pendidikan. Ilmu Pendidikan, 14(2), 77.
Ekosiswoyo, R. (2016). Peningkatan mutu pendidikan secara sistematis. Ilmu Pendidikan, 76–82. https://media.neliti.com/media/publications/113918-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fakhrurrazi. (2018, Juni). Hakikat pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir, 97.
Grissom, J. A. (2021). How principals affect students and schools: A systematic synthesis of two decades of research. New York: The Wallace Foundation.
Hamalik, O. (2001). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamalik, O. (2004). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Haryadi. (2012). Kepemimpinan dengan hati nurani. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Iskandar. (2010). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial (Kuantitatif dan kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Isman, A. (2011). Instructional design in education: New model. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136-142.Zahrah, F., Halim, A., & Hasan, M. (2018). Penerapan Praktikum Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Laju Reaksi Di Sma Negeri 1 Lembah Selawah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9826
Julaiha, S. (2019, November). Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Tarbiyah Wal Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 52.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.
Junaidi, I. (2019, Mei). Pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 24.
Linda Matondang, S. (2021). Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah menengah pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4095.
Lumban Gaol, N. T. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219
Lubis, Z. (2022). Upaya pengawas sekolah untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah melalui supervisi manajerial di 3 SMA binaan kota Medan tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 155.
Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap iklim sekolah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Merriam, S. B. (2009). Qualitative research (A guide to design and implementation). San Francisco: Jossey-Bass.
Mudjiono, D. d. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Munawir, Y. (2012, Desember). Kinerja kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 385.
Munir, A. (2006). Menjadi kepala sekolah efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurhayati, A. M. (2022, Juli). Kinerja kepala sekolah, disiplin kerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 635.
Putri, R. D., Widayatsih, T., & Mahasir, M. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru TK. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(1), 232–240. https://doi.org/10.31539/alignment.v6i1.5398
Qiftiyah, R. R. (2020). Implementasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4.
Said, A. (2018, Maret). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. Evaluasi, 2(1), 259.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.29825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.