Analisis Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Di SMA Negeri 7 Merangin

Nukman Nukman, Sofyan Sofyan, Indryani Indryani

Abstract


Penelitian ini menyelidiki dampak kebijakan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 terhadap praktik kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 7 Merangin. Tujuannya adalah mengidentifikasi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut serta memberikan rekomendasi yang konkret bagi praktisi pendidikan dan pembuat kebijakan. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Merangin, Jambi. Data primer diperoleh dari kepala sekolah, wakil, guru, tenaga administrasi, dan siswa, sementara data sekunder berasal dari dokumentasi sekolah. Analisis data mengikuti model Miles and Huberman, dan keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran belum maksimal, proses pembelajaran kurang efektif, dan terdapat beberapa kendala seperti kurangnya disiplin guru dan motivasi belajar siswa. Upaya perbaikan mencakup penetapan tugas melalui SK, pengawasan pelaksanaan tugas guru, dan evaluasi kinerja.

References


Ariyani, R. (2017, April). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 112.

Bistari, B. (2018). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Bungin, B. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya (2 ed.). Jakarta: Kencana.

Darni, D., Akmal, A., Ramadhan, D., & Ismail, I. (2023). Model Student Self-Assessment for Geography Teacher at MAN. International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 163-170.

Djatmiko, E. (2006, Desember). The effect of the principal's leadership and facilities on the teacher’s performance of state junior high schools of Semarang municipality. Fokus Ekonomi, 1(2), 23.

Ekosiswoyo, R. (2007, Juni). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kesuksesan pendidikan. Ilmu Pendidikan, 14(2), 77.

Ekosiswoyo, R. (2016). Peningkatan mutu pendidikan secara sistematis. Ilmu Pendidikan, 76–82. https://media.neliti.com/media/publications/113918-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fakhrurrazi. (2018, Juni). Hakikat pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir, 97.

Grissom, J. A. (2021). How principals affect students and schools: A systematic synthesis of two decades of research. New York: The Wallace Foundation.

Hamalik, O. (2001). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamalik, O. (2004). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Haryadi. (2012). Kepemimpinan dengan hati nurani. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Iskandar. (2010). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial (Kuantitatif dan kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Isman, A. (2011). Instructional design in education: New model. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136-142.Zahrah, F., Halim, A., & Hasan, M. (2018). Penerapan Praktikum Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Laju Reaksi Di Sma Negeri 1 Lembah Selawah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9826

Julaiha, S. (2019, November). Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Tarbiyah Wal Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 52.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Junaidi, I. (2019, Mei). Pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 24.

Linda Matondang, S. (2021). Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah menengah pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4095.

Lumban Gaol, N. T. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219

Lubis, Z. (2022). Upaya pengawas sekolah untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan administrasi sekolah melalui supervisi manajerial di 3 SMA binaan kota Medan tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 155.

Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap iklim sekolah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Merriam, S. B. (2009). Qualitative research (A guide to design and implementation). San Francisco: Jossey-Bass.

Mudjiono, D. d. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munawir, Y. (2012, Desember). Kinerja kepala sekolah dan guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 385.

Munir, A. (2006). Menjadi kepala sekolah efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurhayati, A. M. (2022, Juli). Kinerja kepala sekolah, disiplin kerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 635.

Putri, R. D., Widayatsih, T., & Mahasir, M. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru TK. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(1), 232–240. https://doi.org/10.31539/alignment.v6i1.5398

Qiftiyah, R. R. (2020). Implementasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4.

Said, A. (2018, Maret). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. Evaluasi, 2(1), 259.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.29825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.