Studi Perbandingan Antara Model Problem Based Learning Dan Project Based Learning Dalam Mereduksi Miskonsepsi Siswa
Abstract
Miskonsepsi adalah pemahaman konsep yang terdapat didalam pikiran siswa yang bertentangan dengan konsep ilmiah. Untuk itu perlu diterapkan model yang dapat mengatasi miskonsepsi siswa yaitu model Problem Based Learning dan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan model mana yang paling baik dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan desain penelitian menggunakan 1 kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen. Instumen yang digunakan berupa four-tier diagnostic test. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Jambi. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan postest. Uji hipotesis dilakukan dengan uji independent sample-test yang diawali dengan uji normalitas dan homogenita terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan model PBL dan PjBL dapat mereduksi miskonsepsi siswa sebesar 5% dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua model.
Full Text:
PDFReferences
Fariyani, Q. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa Sma KelaS X Qisthi. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 41–49.
Harahap, I. P. P., & Novita, D. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice ( 4TMC ) pada Konsep Laju Reaksi. Unesa Journal of Chemical Education, 9(2), 222–227.
Ismail, I., Zaswita, H., & Suhertina, S. (2022). Pengaruh Interaksi Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial, 1(2), 135-155.
Launde, D. Y., Pongoh, E. J., & Tuerah, J. M. (2020). Penggunaan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Materi Asam Basa. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(2), 34. https://doi.org/10.37033/ojce.v2i2.139
Lestari, L. A., Subandi, S., & Habiddin, H. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Laju Reaksi dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 888. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14876
Mandasari, F., & Said, I. (2021). Analysis of Student Misconceptions on the Problem Based Learning (PBL) Model Assisted with Interactive Multimedia on Acid Basic Solutions. Jurnal Akademika Kimia, 10(3), 195–202. https://doi.org/10.22487/j24775185.2021.v10.i3.pp195-202
Murni, D. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Evolusi Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Kiprah, 205–211. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.1604
Nufus, S., & Silfianah, I. (2023). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Struktur Atom Menggunakan Five Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbasis Piktorial. ORBITAL : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA Orbital : Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 64–74.
Puspasari, M. E. (2014). Psikologi Kognitif Dalam Proses Kreatif. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, v(1), 7–12. https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i1.374
Santi, A. N. I., & Rahayu, M. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan Instrumen Multirepresentasi Four-Tier Diagnostic Test Berbasis Piktorial. UNESA Journal of Chemical Education, 11(3), 210–219.
Suparno, Paul. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Grasindo
Syafaatunniyah, Cahyono, E., & Eko, B. S. (2018). Minimalisasi Miskonsepsi Pada Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Melalui Model Project Based Learning. JUrnal Chemistry in Education, 7(1), 63. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Wasonowati, R. R. T., Redjeki, T., & Ariani, dan S. R. D. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4244
Zahrah, F., Halim, A., & Hasan, M. (2018). Penerapan Praktikum Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Laju Reaksi Di Sma Negeri 1 Lembah Selawah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9826
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.29665
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.