Pengaruh Kemampuan Membuat Administrasi Guru, Latar Belakang Pendidikan, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan terhadap Kompetensi Professional Guru pada Mata Pelajaran Matematika di SD Se - Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan

Farida Andriani, Sudarno Sudarno, Sendi Ramdhani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan membuata administrasi guru terhadap kompetensi professional guru, latar belakang pendidikan terhadap kompetensi professional guru, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi professional guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Data penelitian dikumpulkan dengan instrument kuisioner dengan metode sampling sensus sebanyak 80 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kemampuan membuat administrasi guru, latar belakang pendidikan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, sedangkan variabel dependen adalah kompetensi profesional guru. Pengukuran variabel menggunakan skala Likert yang diisi berdasarkan presepsi guru ASN. Analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan pengujian, terdapat daya dorong yang berarti antara latar belakang pendidikan terhadap kompetensi professional guru, berdampak tinggi dan berarti antara pengembangan keeprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi professional guru SDN Sekecamatan Kerumutan.

Full Text:

PDF

References


Amanza (2013). Pengaruh Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pasirwangi Universitas Pendidikan Indonesia Jurnal Pendidikan

Ambros, L. E,dkk. (2017). Etika dan Tantangan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.

Arnis Alfiyana, “Pengaruh Pendidikan dan Masa Kerja Terhadap Tanggung Jawab Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Skripsi Sarjana; Jurusan Perbankan Syariah: Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/2612/1/SKRIPSI_ALFIYANA.pdf (diakses 15 Januari 2020)

Anis (2014) . Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru Ma Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Publikasi

Andita. (2012). Pengaruh latar belakang pendidikan, pengalaman Mengajar dan etos kerja guru terhadap kompetensi Profesional guru pkn di sma negeri di kabupaten Magelang. Jurnal Pendidikan Vol 3 No 1

Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chicilia (2016). Continuous Professional Development to Improve the nTeachers’ Competencies . Jurnal Vol 2 No 1

Creswell, J. . (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Hawi, A. (2014). Kompetensi Guru PAI, Palembang: Rafah Press

Iswadi, & Richardo. (2017). Pengaruh Latar Belakang Bidang Studi, Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kemampuan Profesional Guru Pada SMA Kartika XIV 1 Banda Aceh. Genta Mulia, 8(2), 30.

Ismet (2022). The Influence of Continuous Professional Development on the Vocational Teachers’ Competence to Support the Professional Development of Learner Teachers. Vol 3 No 3

Kemdikbud Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. (2014), Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 1 Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Permendiknas. (2006). Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006.

Siti (2018) . Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja dalam Membuat Admninistrasi Guru Terhadap Kompetensi Guru Jurnal Education Management Vol 2 No 2

Susanto, A. (2016). Konsep Strategi, dan Implementasi Management Peningkatan Kinerja Guru, Depok: Prenada Media

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th edn). CV.Alfabeta Bandung.

Sutikno, S. (2017). Rahasia Sukses Belajar dan Mendidik Anak Teori dan Praktek, (NTP Press: Matara m NTB

Sudjana, N. (2015). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Elgasindo

Taran, E. G. M. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Motivasi Terhadap Kompetensi Profesional Guru. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 16–24. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/210

Tatang, (2016). Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Theresia (2020) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam kaitannya dengan kompetensi dan praktik pembelajaran guru matematika SMA . Jurnal pendidikan matematika vol 15 no 1

Trysanti (2019) Analisis pengaruh latar belakang pendidikan, Pelatihan dan pengembangan, supervisi Akademik terhadap kompetensi profesional Guru akuntansi pada sekolah menengah Kejuruan di kabupaten langkat dengan Motivasi sebagai variabel moderating. jurnal Sintaksis Vol 1 No 1.

Suyatno. (2020). Manajemen Strategik Dalam Pendidikan. Jakarta : Media Pusindo

Werkanis, AS. (2005). Strategi Mengajar. Sutra Benta Perkasa.

Yayuk (2019). The Effect of The Education and Training Program of Continuous Professional Development Program of In On In Modes on Pedagogical and Professional Competence of Teachers in Kendal. jurna eedukation teknoogi

Yulia. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematimatika Vol 3 No 2




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.29514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.