Pengembangan dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Digital 4.0
Abstract
Pendidikan Islam menghadapi tantangan disrupsi di era revolusi industri 4.0. Perkembangan teknologi digital memungkinkan setiap orang mengakses segala jenis informasi dan terhubung dengan cepat melalui internet dan inovasinya (internet of things). Dampak suatu teknologi berpotensi positif dan negatif bagi manusia. Pendidikan Islam harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang beriman dan berakhlak serta menjadi intelektual muslim. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam merupakan upaya menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan dan menganalisis data literatur yang bersumber dari jurnal dan buku terkait pengembangan dan inovasi kurikulum pendidikan Islam dalam menghadapi era digital 4.0. Hasil diskusi menunjukkan perlunya penyesuaian kurikulum pendidikan Islam era 4.0, dari tujuan pendidikan Islam yaitu menjadikan intelektual muslim terdidik, metode pembelajaran dengan kombinasi konvensional dan teknologi yaitu blanded leraning, isi materi harus disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan keterampilan di era 4.0, evaluasi komprehensif dan tanggung jawab bersama (ekosistem pendidikan). Pendidik harus menyesuaikan dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan di era 4.0. dan infrastruktur disesuaikan dengan perkembangan teknologi.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackKeywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.