Pengembangan Smart book Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Rahmat Sandri Ramadhan, Bunga Ayu Wulandari, Zurweni Zurweni, Ismail Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan smart book berbasis pembelajaran kontekstual untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP, dengan fokus pada kemampuan berpikir kritis siswa. Menggunakan model pengembangan Lee dan Owens, penelitian ini mengeksplorasi pembelajaran yang terkait dengan kehidupan nyata, mendukung pembelajaran kontekstual yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Melalui pendekatan penelitian pengembangan, penelitian ini mencakup analisis, perancangan konten, pengembangan, implementasi, dan evaluasi efektivitas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Smart book interaktif dikembangkan menggunakan aplikasi flipbook, menawarkan fitur interaktif seperti video, gambar, dan latihan soal. Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran nilai-nilai karakter Pendidikan Pancasila serta memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif.

Keywords


Smart book Interaktif, Media Pembelajaran, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Achmadi, (2014) Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Man Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. ISSN: 2534-6441. Vol 2 No 1. Hal 35-48

Alessi, S.M. & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (third edition). Boston: Allyn and Bacon.

Anggraena, Yogi. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen PAUD, Pendas, dan Menengah. Jakarta : Badan Standar Kurikulum dan Asesmen dan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Anjelita, (2018). Pembuatan Smart book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 7 No 7. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V7i7.26171

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. 06(1), 68–72

Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The. Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York.

Boangmanalu, D., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengembangan Media Komik Dengan Model Hannafin Dan Peck Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sd Negeri 4 Kampung Baru Tahun 2017 / 2018 Jurusan Teknologi Pendidikan Teknologi Vid. 6, 170–179

Carey, D. W. & Carey, J. O. (2009). The systematic design of instruction (7th ed.). Pearson.

Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of instructional development models (4th ed.). ERIC Clearinghouse on Information and Technology.

https://www.smpnegeri48muarojambi.sch.id/

Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. (2014). Designing effective instruction (7th ed.). Wiley.

Larasati, Dyah. (2022). Pengembangan Smart book Digital Berbasis Android Mata Pelajaran Ppkn Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Volume 7, Nomor 1, Halaman 139-148. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jppk

Lee, & Owens,. 2004. Multimedia. Based Instructional Design, Second. Edition. San Francisco, CA: John Wiley. & Sons, Inc.

Mubarak, A dan Sari, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (online), Vol.3 No.5.

Nirmala, Norma Silma. (2020). Pengambangan Media pembelajaran Flipbook Sebagai Media Belajar Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Kelas IV di Sekolah. JPGSD, 08 (01), 79-88.

Nisa, Nurul Khairun (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbasis Mind Mapping Sebagai Sumber Belajar Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 04 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Putri, Chasi Rizky Santa, 2020. Pengembangan Media Berbasis Macromedia Flash Kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Muaro Jambi.

Putri, Vela Chinkita (2019). Pengembangan Smart book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jurnal Khusus Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 2. No 2.

Qoriah, Yaumil (2017). The Development Prehistoric Of Jember Tourism Module Using Dick And Carey Model. Jurnal Historic. Volume. 1 Issue. 1, 98-115. Issn No. 2252-4673.

R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.

Rayanto, Yudi Hari,. Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE DAN R2D2: Teori & Praktek. Lembaga Akademik & Research Institute. Pasuruan Jawa Tengah.

Reynaldy, (2023). Pengembangan Buku Koleksi Digital Berbasis Flippingbook Materi Kolonialisme Di Kota Palembang Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Universitas Sriwijaya.

Rizkasari, Elinda. (2023). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume X Number 1. Hal 50-60.

Sartono, (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ideguru, Vol.2, No.2, 60-73.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2019). Instructional technology and media for learning (12th ed.). Pearson.

Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2005). Instructional design (3rd ed.). Wiley.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Surahman, Fadli. (2020). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema “Cuaca” Subtema “Perubahan Cuaca” Untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 1-9.

Wulandari, BA, dk., (2022) Kerangka Konsep Pembelajaran Integrasi Flipped Learning dan Field Study dalam Pengembangan Keterampilan Abad ke 21, Pengetahuan dan Keterampilan Spesifik, Artikel.

Yani, Melia Fitri (2023). Pengembangan E-Modul Untuk Pembelajaran Geografi Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia Berbasis Flipbook di SMA/ MA. Jurnal Bina Cendekia Jurnal Of Education, Vol 3 No. 2. https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/240.

Tegeh, I Made & Kirna, I Made. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.

Zurweni, dkk., 2021. Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. Vol 13 No 1.Hal 58-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i1.29205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.