Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 3 Bukittinggi

Aulia Rahman, Supratman Zakir

Abstract


Minat baca siswa dalam membaca buku PAI yang rendah, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI yang kurang memuaskan, guru kurang kreatif dalam memilih strategi pembelajaran, serta guru tidak ada memberikan kepada siswa bahan bacaan yang singkat yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga hal ini menimbulkan siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan saja. Maka, salah satu upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa mampu berpartisipasi dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran reading guide di SMPN 3 Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran reading guide terhadap minat baca siswa, untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran reading guide terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran reading guide terhadap minat baca dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yang jenisnya Quasi Eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan simple rundom sampling. Hasil dari penelitian yaitu 1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran reading guide terhadap minat baca siswa., 2) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran reading guide terhadap hasil belajar siswa., 3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran reading guide terhadap minat baca dan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan menggunakan uji Manova data minat baca dan hasil belajar siswa memilki nilai 0,041 dimana lebih kecil dari nilai signifikan 0,05 dengan hasil F_hitung = 3.372 dengan F_tabel = 3,285 (F_hitung>F_tabel hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. 

Keywords


Strategi Pembelajaran, Reading Guide, Minat baca, Hasil Belajar, PAI.

Full Text:

PDF

References


Agus Rifai. 2013. Perpustakaan Islam :Konsep,Sejarah,Dan Kontribusinya Dalam Membangun Peradapan Islam Masa Klasik. ke-1. Jakarta: Pt Rajawali Pers.

Akhyar, Muaddyl, Sasmi Nelwati, and Khadijah Khadijah. 2024. “The Influence Of The Profile Strengthening Of Pancasila Students (P5) Project On Student Character At SMPN 5 Payakumbuh.” Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 6(1).

Anisa Rizky Ramadaniah, Imron A. HAkim. 2018. “Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar Di Lingkungan Taman Baca Masyarakat Jayanti Palembang.” Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 2(2):108–15.

Cepat, Teknik dan Metode Membaca. 2010. Speed Reading. Yogyakarta: A+ plus Books.

Demyat dan Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. ke-1. Jakarta: Rienka Cipta.

Dkk, Hisyamzayni. 2008. Strategi Pembalajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

Fransiska, Fredina, and Zaim Elmubarok. 2015. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi Ips Man Demak.” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 4(1). doi: 10.15294/la.v4i1.7634.

Kementrian Agama RI. 2022. “Quran Kemenag.” Quran.Kemenag.Go.Id. Retrieved September 28, 2023 (https://quran.kemenag.go.id/).

Mawardi. 2013. Pembelajran Mikro Teaching. Banda Aceh: IDC LPTK.

Muhiddinur Kamal. 2019. Guru: Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis.

NASIONAL, MENTERI PENDIDIKAN. 2007. “ (235):245.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramandanu, Febriana. 2019. “Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa.” Mimbar Ilmu 24(1):10. doi: 10.23887/mi.v24i1.17405.

Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3):350–61. doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.

Suwardi. 2007. Mangemen Pembalajaran. Surabaya: JP Book.

Widodo, Arif, Dyah Indraswasti, Muhammad Erfan, Mohammad Archi Maulyda, and Aisa Nikmah Rahmatih. 2020. “Profil Minat Baca Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10(1):34. doi: 10.25273/pe.v10i1.5968.

Yashinta Ningrum. 2016. “Minat Membaca Pada Siswa.” Jurnal Pendidikan 4(1):1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.29131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.