Pemahaman Mahasiswa terhadap Literasi Digital di Institut Keislaman Tuah Negeri Pelalawan Riau
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ade Dwi, N, dan Rhoni R. 2020. Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustakaloka : Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 12 No 1 Juni 2020
Aditya Y,P, Nurparisa,G, Kemal,A,H. 2022. Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 Tahun 2022 Hal 96 – 101
Dumaris E, Eka, A,H, Bangun,M, Melvin, M,S, Sri, W, Ramlan, M, Jamaludin, Nur,A,L, Arif, R, H, dan Moh Safii. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan : Teori, Praktek, dan Penerapannya. PT Global Eksekutif Teknologi Padang Sumatera Barat
Harjono, Hary Soedarto. (2018). “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 8(1):1–7. doi: 10.22437/pena.v8i1.6706.
Sudjana,A & Rachamatin,D. 2019. Literasi Digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD : apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education : Conferences Series Journal Vol 1 No 1 Tahun 2019 pp 003
Kominfo.2022. Status literasi Digital di Indonesia 2022.
Kurniawati juliana dan Siti Baroroh. 2016. Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal Komunikator Volume 8 No 2 November 2016.
Mario, Ernawati S.K, Musrayani Usman, Ibrahim Arifin. 2023. Sosialisasi Pengembangan Budaya Literasi Digital di Kalangan Remaja Kampung Nelayan Kota Makassar. ININNAWA : Jurnal Pengabdian Masyarakat : Vol 01, No. 01 Bulan 2023
Martin, A.2006.A European Framework for Digital Literacy.‖ Jurnal Article 6 Av 1 (2006).
Martin,A & Grudziecki, J. 2006. DigEulit: Concepts and Tools for digital literacy development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, pp. 1 – 19.
Mediana Handayani. 2018. Pengukuran Keterampilan Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa FIKOM Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragam). Jurnal Pustaka Komunikasi Vol 1. No 1 (Maret 2018) 124 – 129.
Meliza,S,A, Herminta, N, Putra, Z, H. 2022. Pengukuran Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education Vol 1 No 1 May 2022 pp 92 -96. ISSN : 2986 - 0952
Naufal, H.A. 2021. Literasi Digital. Prespektif, 1(2), 195 – 202. Https://doi,org/-10.53947/-prespekt.vli2.32
Sarwono, S.W. 1978. Perbedaan Antara Pemimpin dan Aktivis dalam Gerakan Protes Mahasiswa.Bulan Bintang. Jakarta.
Sumiati,E & Wijanarko. 2020. Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3 (2). 65 – 80
Wright, Brian. (2015). Top 10 Benefits of Digital Skills: http//webpercent.com/top-10-benefits-of-digital-skills/
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.