Pemahaman Mahasiswa terhadap Literasi Digital di Institut Keislaman Tuah Negeri Pelalawan Riau

Yera Putri Rahayu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mahasiswa Institut Keislaman Tuah Negeri dapat menggunakan dan mengembangkan literasi digitalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan sampel dan responden sebanyak 42 mahasiswa Institut Keislaman Tuah Negeri Pelalawan. Kami menggunakan Google Formulir untuk menyusun survei ini. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan literasi digital yang kuat; Hal ini dijelaskan oleh kemampuan mereka dalam menilai informasi digital, menilai informasi yang paling dapat dipercaya, dan memahami apa yang terkandung dalam media digital. Namun, banyaknya informasi yang tersedia dan jumlah waktu yang dialokasikan untuk mengakses media digital membuat penggunaan literasi digital oleh siswa tidak produktif. Oleh karena itu, perkuliahan diperlukan untuk membantu siswa meningkatkan literasi digital mereka.

Full Text:

PDF

References


Ade Dwi, N, dan Rhoni R. 2020. Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustakaloka : Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol 12 No 1 Juni 2020

Aditya Y,P, Nurparisa,G, Kemal,A,H. 2022. Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar Vol 1 No 2 Tahun 2022 Hal 96 – 101

Dumaris E, Eka, A,H, Bangun,M, Melvin, M,S, Sri, W, Ramlan, M, Jamaludin, Nur,A,L, Arif, R, H, dan Moh Safii. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan : Teori, Praktek, dan Penerapannya. PT Global Eksekutif Teknologi Padang Sumatera Barat

Harjono, Hary Soedarto. (2018). “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 8(1):1–7. doi: 10.22437/pena.v8i1.6706.

Sudjana,A & Rachamatin,D. 2019. Literasi Digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD : apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education : Conferences Series Journal Vol 1 No 1 Tahun 2019 pp 003

Kominfo.2022. Status literasi Digital di Indonesia 2022.

Kurniawati juliana dan Siti Baroroh. 2016. Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal Komunikator Volume 8 No 2 November 2016.

Mario, Ernawati S.K, Musrayani Usman, Ibrahim Arifin. 2023. Sosialisasi Pengembangan Budaya Literasi Digital di Kalangan Remaja Kampung Nelayan Kota Makassar. ININNAWA : Jurnal Pengabdian Masyarakat : Vol 01, No. 01 Bulan 2023

Martin, A.2006.A European Framework for Digital Literacy.‖ Jurnal Article 6 Av 1 (2006).

Martin,A & Grudziecki, J. 2006. DigEulit: Concepts and Tools for digital literacy development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, pp. 1 – 19.

Mediana Handayani. 2018. Pengukuran Keterampilan Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa FIKOM Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragam). Jurnal Pustaka Komunikasi Vol 1. No 1 (Maret 2018) 124 – 129.

Meliza,S,A, Herminta, N, Putra, Z, H. 2022. Pengukuran Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education Vol 1 No 1 May 2022 pp 92 -96. ISSN : 2986 - 0952

Naufal, H.A. 2021. Literasi Digital. Prespektif, 1(2), 195 – 202. Https://doi,org/-10.53947/-prespekt.vli2.32

Sarwono, S.W. 1978. Perbedaan Antara Pemimpin dan Aktivis dalam Gerakan Protes Mahasiswa.Bulan Bintang. Jakarta.

Sumiati,E & Wijanarko. 2020. Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3 (2). 65 – 80

Wright, Brian. (2015). Top 10 Benefits of Digital Skills: http//webpercent.com/top-10-benefits-of-digital-skills/

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.