Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tualang

Sawalluddin Sawalluddin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tualang Tahun Ajaran 2013/2014.Dalam rangka mengumpulkan data penelitian ini, peneliti menggunakan hasil analisis uji homogenitas dan data uji hipotesis. Data uji homogenitas digunakan untuk mengetahui kehomogenan kedua sampel. Dari hasil analisis diperoleh nilai Fhitung=1,09 dan nilai Ftabel=1,82 dan didapat bahwa Fhitung<Ftabel. Selanjutnya dilakukan uji dua pihak (1- α) dan diperoleh nilai thitung=0,19 dan ttabel=2,00 dimana kriteria pengujiannya adalah (-ttabel<thitung<tabel), sehingga didapat (-2,00<0,19<2,00). Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan dasar kedua kelas sama. Hasil analisis uji hipotesis didapat nilai thitung= 2,59 dan ttabel = 1,67sehingga thitung>ttabel, maka hipotesis pada penelitian dapat diterima dengan pengaruh sebesar 10,5%.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Shaleh,2001, Pendidikan Agama Dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anas Sudijono.2009, Pengantar Evaluasi Pendidikan.(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasbullah, 2006, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Bandung: Raja Grafindo Persada.

Hartono, dkk. 2008,PAIKEM Pembelajaran Aktif Inofativ Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. Pekanbaru: zanafa publishing,

Isjoni, 2010, Cooperative Learning, Alfabeta, Bandung.

Nana Sudjana,2009, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Omar Hamalik,2007, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Robert E. Slavin,2010, Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung.

Rudi Susilana, 2008, Cepi Riyana, Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: CV Wacana Prima, Cet. 2.

Sardiman A. M, 2008, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto,2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka cipta.

Slavin,2010, Cooperative Learning , Bandung: Nusa Media.

Trianto, 2009,Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widyantini, Th,2006 Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekataan Kooperatif. (Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zakiyah Daradjat, 2006, Ilmu Pendididkan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.