The Correlation of Students Learning Style toward Students Motivation at MA Al-Qasimiyah Sorek Satu

Rahma Darini

Abstract


Penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan motivasi belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MA AL-QASIMIYAH tahun pelajaran 2019–2020. Sample random sampling digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini untuk memilih sampel. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan kuesioner. Dari analisis data, hipotesis yang dianalisis dengan regresi berganda menunjukkan bahwa variabel X terhadap Y tidak linier dengan nilai sig 0,184 > 0,05, artinya tidak ada hubungan antara gaya belajar terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil masing-masing gaya menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai gaya belajar kelompok, hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata 37 pada preferensi gaya belajar minor.

Full Text:

PDF

References


A, Papalia. (1978). Assessing Students' Learning Styles and Teaching for Individual Differences. Hispania.

Alizadeh, M. (2016). The impact of motivation on English language Learning. lahijan Branch. Islamic Azad University, Lahijan Iran.

Bolduc, M. (2000). The Power of Motivation. Canada: Guaranteed.

Brown, H. D. (2003). Language Assessment Principles and Classroom Practices. California: Longman University Press.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research_Planning, conducting, evaluating quantitative and qualitative. new Jearsey: Pearsn Educatio International.

Dornyei, Z. (2010). teaching and Researching Motivation. Second Edition. Harlow: Pearson.

Keefe, J. (1987). Learning Styles Theory and Practice. Reston VA: National Association of Secondary School Principals.

Lai, H.-Y. T. (2013). The motivation of learners of English as foreign Revisite at Departmen of Applied foreign languages. national taipei college of business, Taipei City. Taiwan. 141

Leaver, B. L. (2005). Second language Acquisition. New York: Cambridge University press.

Naserieh, F. (2009). The relationship between perceptual learning styles preference and skill- based learning strategies. Faculty if litertaure and humanities department of english. Shahid Behest Univeristy.

P. Pintrich and D, S. (1996). Motivation in Education. New Jearsey: Prentice Hall

Prichard, A. (2008). Ways of Learning Theories and Learning styles in the Classroom. London and New York: Roudledge.

Reid, G. (2005). Learning Styles and Inclusion. London: Paul chapman Publishing.

Serbrenia, S. R. (1995). The Importance of Learning Styles: Understanding the implication for learning, Course design, and Education. London: Greenwood Press.

Simon, C. (2004). Learning Styles: An Overview of Theories, Models and Measures. UK: University of Salford.

Slavin, R. E. (2005). Educational Psychology_Theory and Practice. Boston: Pearson.

Whitely, P. (2002). Motivation. United Kingdom: Capstone Publishing

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.