Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Tema 3 Subtema Tugasku Sehari-hari di Rumah) dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas II SDN 147 Pekanbaru

Fajar Alam Hamzah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Tema 1 Subtema tugasku sehari-hari di sekolah,  Kemudian alternatif yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan Penerapan model pembelajaran PBL (problem based Learning)  dengan harapan mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa untuk memecahkan masalah dan dapat mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik. Model penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas, secara garis besar penilitian tindakan kelas dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi, dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan, teknik penggumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi, sementara data diolah dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.Penerapan model PBL terbukti dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada tema 1 subtema tugasku sehari-hari di sekolah dengan penerapan model pembelajaran problem based learning di kelas II SDN 147 Pekanbaru, hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus ketuntasan hanya 8 siswa atau 31% kemudian di siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau setara 69 % dan terakhir pada siklus II menjadi 26 siswa atau 100% ketuntasan.

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenata Media Group.

Barbara, J Duch dan Grob Susa, Susan E. 2001. The Power of Problem Based Learning. Jakarta: Prenata Media Group.

BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Permenndiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Menengah

Diane, Ronis. 2009. Problem Based Learning for Math and Science: integrating inquiry and the internet. USA: Skylight Professional Development.

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Trech: CD Press.

Pendidik Pembaharu, 2013. Mendalami Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. http://pendidikpembaharu.com/home/mendalami-penerapan-pendekatan-ilmiah-dalam-pembelajaran. diakses tanggal 20 Oktober 2014.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Lie, Annita. 2012. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Ngalim Purwanto. 2006. Prinsinp-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Rubiayanto, N. dan Haryanto, D. 2010. Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Sri Sulistyorini, 2007. Model Pembelajaran Matematika SD dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Matematika SD dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ruseffendi. 1990. Seri Pertama Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito.

Uyu Wahyudin, dkk. 2006. Evaluasi Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.