Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Tema 3 Subtema Tugasku Sehari-hari di Rumah) dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas II SDN 147 Pekanbaru
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenata Media Group.
Barbara, J Duch dan Grob Susa, Susan E. 2001. The Power of Problem Based Learning. Jakarta: Prenata Media Group.
BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Permenndiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Menengah
Diane, Ronis. 2009. Problem Based Learning for Math and Science: integrating inquiry and the internet. USA: Skylight Professional Development.
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Trech: CD Press.
Pendidik Pembaharu, 2013. Mendalami Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. http://pendidikpembaharu.com/home/mendalami-penerapan-pendekatan-ilmiah-dalam-pembelajaran. diakses tanggal 20 Oktober 2014.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Lie, Annita. 2012. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Ngalim Purwanto. 2006. Prinsinp-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Rubiayanto, N. dan Haryanto, D. 2010. Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sri Sulistyorini, 2007. Model Pembelajaran Matematika SD dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Matematika SD dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Ruseffendi. 1990. Seri Pertama Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito.
Uyu Wahyudin, dkk. 2006. Evaluasi Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.