The Effect of using Semantic Mapping Strategies on Students’ Reading Comprehension at SMK N 1 Pangkalan Kerinci

Tengku Zamrizal

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemetaan semantik mempengaruhi pemahaman membaca siswa SMKN 1 Pangkalan Kerinci. Dua kelas siswa tahun pertama SMK N 1 Pangkalan Kerinci menjadi partisipan penelitian. X1 Teknik Komputer Jaringan (28 siswa) sebagai kelompok eksperimen 1 dan X Jurusan Akuntansi (28 siswa) sebagai kelompok eksperimen 2. Cluster random sampling diterapkan. Dengan menggunakan SPSS versi 21, data dianalisis menggunakan rumus uji t sampel berpasangan dan uji t sampel independen. Berdasarkan analisis data, penerapan Strategi Pemetaan Semantik secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks narasi sambil membacanya dengan lantang pada kelompok eksperimen kedua. Dengan menggunakan SPSS versi 21, data dianalisis menggunakan rumus uji t sampel berpasangan dan uji t sampel independen. Berdasarkan analisis data, penggunaan Strategi Pemetaan Semantik mempunyai dampak besar terhadap pemahaman membaca teks naratif siswa. kelompok eksperimen 2. Pengaruh ini lebih besar dari tt dengan df 27 pada taraf signifikansi 5% dan 1% (2.06<-10,708>2,79). Selain itu, terbukti bahwa probabilitas, atau Sig. (2-tailed), adalah 0,000 kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Siswa kelompok eksperimen 2 dapat meningkat sebesar 29,1% pada pre-test dan post-test berdasarkan persentase pengaruh signifikan antara kedua tes pada kelas eksperimen, yang ditentukan dengan menghitung effect size atau eta-squared

Full Text:

PDF

References


Ali, H. H. H. (2022). The importance of the four English language skills: Reading, writing, speaking, and listening in teaching Iraqi learners. Humanitarian and Natural Sciences Journal, 3(2).

Amirzai, G. A. (2021). Assessing the effects of teaching vocabulary in developing receptive skills: A review article. Journal of World Englishes and Educational Practices, 3(3), 15-21.

Arshad, A., Shakir, A., & Ahmad, M. (2020). A Review on the Principles of a Reading Comprehension Test Construction to assess the Test Takers at different levels. Psychology and Education, 57(8), 1290-1302.Flinders, D. J., & Thornton, S. J. (Eds.). (2021). The curriculum studies reader. Routledge.

Bawaneh, A. K. (2019). The effectiveness of using mind mapping on tenth grade students' immediate achievement and retention of electric energy concepts. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 123-138.

Cervetti, G. N., & Wright, T. S. (2020). The role of knowledge in understanding and learning from text. Handbook of reading research, 5.

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992.Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Elida, Y., & Oktadela, R. (2022). The effect of RAP paraphrasing strategy and semantic map strategy on reading comprehension. Journal of English Language and Education, 7(1), 68-74.

Elleman, A. M., & Oslund, E. L. (2019). Reading comprehension research: Implications for practice and policy. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 6(1), 3-11.

Gadallah, E. I. A. (2020). Investigating strategies of using semantic mapping for developing vocabulary learning (Doctoral dissertation, Sudan University of Science and Technology).

Maccagno, L. M. (2019). Effectiveness of Semantic Mapping in Increasing Reading Comprehension for English Language Learners.

Magnusson, C. G., Roe, A., & Blikstad‐Balas, M. (2019). To what extent and how are reading comprehension strategies part of language arts instruction? A study of lower secondary classrooms. Reading Research Quarterly, 54(2), 187-212.

Mustafa, M., & Bakri, N. (2020). Analyzing the level of the students’reading comprehension in comprehending the narrative text. Acitya: Journal of Teaching and Education, 2(2), 152-161.

Nanda, D. W., & Azmy, K. (2020). Poor reading comprehension issue in EFL classroom among Indonesian secondary school students: Scrutinizing the causes, impacts and possible solutions. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(1), 12-24.

Oudjedane, S., & Benhamlaoui, L. (2021). Examining the effectiveness of pre-reading activities-semantic mapping and teaching vocabulary-on reading comprehension.

Paul, R., & Elder, L. (2019). How to read a paragraph: The art of close reading. Rowman & Littlefield.

Radzi, A. H. M., & Aziz, N. H. A. (2023). The Influence of Content Schemata on ESL Learners’ Reading Comprehension. Journal of Creative Practices in Language Learning and Teaching (CPLT), 11(2), 135-155.

Stratton, S. J. (2019). Quasi-experimental design (pre-test and post-test studies) in prehospital and disaster research. Prehospital and disaster medicine, 34(6), 573-574.

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalamSaukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

Thuwaibah.(2005). The effect of semantic mapping strategy training on reading comprehension of scientific texts among matriculation students.Faculty of Language. Universitas Pendidikan Sultan Idris

UIN Suska Riau. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.

Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.

Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.

Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.

Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.

Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.

Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.

Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.

Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.

Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.

Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.28943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.