Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru melalui Penerapan Metode At-Taisir

Wendi Saputra, Marwan Marwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas hafalan Al-Quran siswa antara penerapan metode At-Taisir dengan metode Wahdah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa, dengan rincian 10 siswa dari kelompok eksperimen dan 10 siswa dari kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan tes “t” (independent-samples t test). Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan yang signifikan kualitas hafalan Al-Quran siswa antara penerapan metode At-Taisir dengan metode Wahdah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru, dibuktikan dengan nilai thitung 2.98 > ttabel 2.23 pada taraf signifikansi 5% dan nilai sig. (2-tailed) 0.008 < 0.05, dimana nilai rata-rata (mean) kelompok ekperimen sebesar 86,4 dan 71,4 pada kelompok kontrol. TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Latin Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Latin to EnglishPRO
Never translate Latin
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Metode At-Taisir Kualitas Hafalan Al-Quran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31.

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem informasi penjadwalan dokter berbassis web dengan menggunakan framework codeigniter (studi kasus: rumah sakit yukum medical centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30-37.

Fitriani, A. (2017). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 11(1), 57-80.

Hani, R. A. (2019). Metode Perlafass Tipkas Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’ān Santri Di Pondok Pesantren Modern Al Azhar Menganti-Gresik. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 2(2), 29-37.

Hidayah, N., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2022). Correlation Between Memory An Qur'an With Student Learning Achievement At Ash-Shohwah Integrated Islamic Junior High School, Berau-East Kalimantan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 289-304.

Hidayat, A. (2020). Metode At-Taisir 30 Hari Hafal Al-Quran, Jawa Barat: Institut Quantum Akhyar.

Insyirah, Y., Maksum, M. N. R., Jinan, M., & Husein, S. (2023, September). The Contribution of the Digital Era in the Social Life of Adolescent Millennials with Integrity: From the Perspective of the Quran Surah Al-Mujadilah Verse 11. In Proceedings of the International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2023) (Vol. 773, p. 67). Springer Nature.

Muhyidin, S., Abubakar, A., Umar, M. S., & Munir, M. (2020). THE APPLICATION OF SAFINDA METHOD IN TRANSLATION LEARNING AL-QUR'AN IN STUDENTS IN FATTAHUL MULUK PAPUA. Jurnal Diskursus Islam, 8(3), 286-315.

Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur, M. (2022). Implementasi Metode Kitabah Dan Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).

Rahim, A., & Rahmah, R. (2023). The Values of Islamic Education in Surah Ar-Rum Verse 21 and Its Implications Community Life The Bataraguru Village of Baubau City. Jurnal Wawasan Sarjana, 2(3), 111-119.

Ramayulis, H. (2013). Profesi & Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia. Kalam Mulia.

Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Suryandari, P., Basya, K. F., Anggraeni, D. Y. A. H., Rismawandi, R., Kurniasih, S., Pujiyono, B., ... & Nifty, F. A. T. H. (2023, November). Partner Collaboration Program To Assist The 74 Hafizun Alim Foundation In Creating Mockups Of The Al-Quran Pillars. In Iccd (Vol. 5, No. 1, Pp. 350-357).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.28668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.