Keterampilan Mengajar Mengatasi Efek Psikologis Pada Masalah Stereotip Pembelajaran Anak Usia Dini

Siti Risda Sakila, R. Rachmy Diana

Abstract


TKeterampilan mengajar sangat dan amat penting dalam proses pembelajaran, apalagi bila dikaitkan dengan faktor anak belia di lembaga pendidikan Raudhatul Athfal, maka bertambah-tambah lagi keperluan dan urgensinya. Guru dituntut untuk memiliki keterampilan mengajar tertentu, terutama keterampilan mengajar mengatasi efek psikologis pada masalah stereotip pembelajaran anak usia dini, yang sering muncul dan aktual dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis bagaimanakah cara atau upaya guru mengatasi efek psikologis pada masalah stereotip pembelajaran anak usia dini tersebut. Data diambil melalui studi kepustakaan, kajian buku atau literatur dan jurnal-jurnal tertentu yang relevan, sedangkan jenis penelitian memanfaatkan tipe atau jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar mengatasi efek psikologis dan keterampilan mengajar yang mampu memanfaatkan pembelajaran variasi atau keaneka-ragaman, sangatlah pentingnya diupayakan oleh para guru dan memiliki urgensi dapat mengeliminisir dan menghindari efek psikologis negatif dari pembelajaran yang stereotip itu.

Keywords


Ketrampilan Mengajar Efek Psikologis Streotipe Pembelajaran Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2009). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga. Bulan Bintang.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Research for Education: an introduction and Theory and Methodes. Alyyn an Bacon Inc.

Davies, I. L. ,. (2007). Pengelolaan Belajar. CV. Rajawali.

Firmansyah, M. B. (2018). Konseptualisasi Pembelajaran Sastra Digital. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(1).

Gaya, A., Guru, M., Dengan, K., Belajar, M., Suciyati, S., Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru Kaitan Dengan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1).

Hanafi, I. (2006). PARADIGMA PEMBELAJARAN REKONTRUKSIONISME. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 5(1), 30–43.

Hasibuan, dkk. (2008). Proses Belajar Mengajar (keterampilan Dasar Pengajaran Makro). Remadja Karya.

Hasibuan, M. S. P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. In Journal of Chemical Information and Modeling (Issue 9). Bumi Aksara.

Kartono, K. (2007). Menyiapkan dan Memadu Karier. Rajawali.

Kurnia, A., Effendi, H., & Usmanedi, A. (2022). Pembelajaran PAI Berbasis Kisah Qur’ani Untuk Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Legi, H. (2021). Implikasi Metode Mengajar Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen. DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1). https://doi.org/10.52879/didasko.v1i1.12

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2). https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Moningkey, S. G. W., Naharia, M., & Narosaputra, D. A. N. (2022). STEREOTYPE DIRI DARI PENYINTAS COVID-19 DI KABUPATEN MINAHASA. PSIKOPEDIA, 1(1). https://doi.org/10.53682/pj.v1i1.1753

Mujiono, M., Dahlan R, M., & AH. Bahruddin, AH. B. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatan Kualitas Akhlak Perspektif Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2). https://doi.org/10.35931/am.v6i2.957

Mukhtarom, A. (2018). ISYARAT AL-QUR’AN TENTANG METODOLOGI PENGAJARAN. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(1). https://doi.org/10.31000/rf.v14i1.672

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Muzayin, A. (2010). Filsafat PendidikanIslam. Bumi Aksara,.

Nasution, S. (2006). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jemmars.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.27664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.