Quizizz: Solusi Digital untuk Asesmen Pembelajaran Ulumul Hadis Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Kendari

Febriana Wrdiastuti

Abstract


Dalam era digital seperti sekarang ini, kemampuan mahasiswa dalam menghadapi assesmen digitas menjadi semakin penting. Penggunaan Quizizz menjadi salah satu solusi meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghadapi asessmen digital. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan Quizizz sebagai media assesmen digital pembelajaran ulumul hadis prodi PAI IAIN Kendari. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Quizizz sebagai kuis online dapat diterapkan oleh tenaga pendidik untuk melihat sejauh mana pemahaman mahasiswa dalam proses pembelajaran. Kelebihan Quizizz yaitu sifat aplikasi yang menyenangkan, real time atau live, dan efektif untuk digunakan. Sementara kekurangan Quizizz yaitu tidak dapat melihat kemampuan mahasiswa yang sebenarnya jika menggunakan bentuk kuis pilihan ganda.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Assesmen, Quizizz, Ulumul Hadis

Full Text:

PDF

References


Fahlefi, W. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 12(3), 352-371.

Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3), 492-495.

Fauziyah, N. L. (2021). Pembelajaran Daring Ulumul Hadits: Respon Mahasiswa dan Dampaknya Terhadap Nilai Akhir Semester. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 185-196.

Febriyana, V. (2022). Kajian Blended learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 205-216.

Findiana, F., & Suryadi, A. (2022). Peran Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Remaja: Studi Kasus Remaja Kelas Akhir Smpit Darussalam Cibitung, Bekasi. Perspektif, 1(4), 437-443.

Diana, P. Z. (2020). Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Hardianti, R. D., Taufiq, M., & Pamelasari, S. D. (2017). The Development of Alternative Assessment Instrument in Web-Based Scientific Communication Skill in Science Education Seminar Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1).

Julianisa, J., & Winanto, A. (2022). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9979-9988.

Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 65-78.

Nurherdiansyah, S. R. (2022). Pengembangan Alat Penilaian Sumatif Kompetensi Menyimak Dengan Pendekatan Integratif Untuk Siswa Kelas VIII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Putera, A. R. (2019). Problematika Pembelajaran Ulumul Hadis pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2018.

Ramadhani, K. P., & Ardi, H. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran dan Asesmen Pada Materi Bahasa Inggris. Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora, 3(1), 1-14.

Ramliyana, R., & Ramdhan, V. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Berbasis Gawai “Quizizz” pada Era Kelimpahan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738-2746.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.

Sardjono, O. (2022). Penerapan Quizizz Sebagai Media Asesmen Pembelajaran Daring Akuntansi Sektor Publik dan Auditing I. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 17(1), 55-65.

Suryanti, S., & Taufik, A. (2022). Implementasi Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Matematika. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 32-42.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.

Zamista, A. A. (2022). Asesmen Online sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Era Digital: Penelitian Systematic Literature Review. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 27(2), 108-119.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.26745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.