Pola Pendidikan Islam di Damascus Masa Dinasti Umayyah

Sri Rahayu, Ellya Roza

Abstract


Abstract: This article aims to examine the history of the Muslim civilization in Damascus, which was the center of government that supported the process of advancing Islamic education with the mosque as the main place for studying religion and general knowledge.This type of research is library research or literature study which comes from literature in the form of journal articles, books, theses which discuss the history of Muslim civilization in Damascus. The data analysis technique is content analysis, namely analyzing data or documents. The results obtained from this research show that education during the Umayyad Dynasty was based on the spread of Islam to all areas of the Umayyad Dynasty's expansion of power. There are various educational methods, namely burhani, bayani and 'irfani, the many educational institutions available make education in Damascus more developed. The characteristics of Islamic education at that time meant that educators' goals were achieved, namely that educational and religious knowledge was used to spread the Islamic religion. Educational sciences were adopted from the Koran and hadith which were subsequently developed according to standards by the great and famous scholars who at that time were teachers. However, after 90 years of glory, the Umayyad dynasty experienced a collapse caused by internal and external factors which affected the course of education.

 

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengkaji Sejarah peradaban muslin di Damascus yang merupakan pusat pemerintahan yang mendukung proses kemajuan pendidikan Islam dengan masjid sebagai tempat utama dalam menuntut ilmu agama dan ilmu umum. Jenis penelitian ini ialah lybary research atau kajian Pustaka yang bersumber dari literatur-literatur berupa artikel jurnal, buku, thesis yang membahas tentang Sejarah peradaban muslim di Damascus. Teknik analisis data berupa content analysis  yaitu menganalisis data atau dokumen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pendidikan pada masa Dinasti Umayyah dilandasi dengan penyerluasan agama Islam ke seluruh wilayah ekspansi kekuasaan Dinasti Umayyah. Metode pendidikan yang bervairiasi yaitu burhani, bayani dan ‘irfani, banyaknya lembaga pendidikan yang tersedia membuat pendidikan di Damaskus menjadi lebih berkembang. Karakteristik pendidikan Islam pada masa itu membuat tujuan pendidik tercapai yaitu ilmu pendidikan dan agama digunakan untuk menyebarluaksan agama Islam. Ilmu-ilmu pendidikan diadopsi dari Al-Quran dan hadis yang sleanjutya dikembangkan sesuai standar oleh para ulama besar dan masyhur yang saat itu menjadi guru. Namun setelah 90 tahun Berjaya, Dinasti Umayyah mengalami keruntuhan disebabkan oleh faktor internal dan eksternal sehingga mempengaruhi jalannya pendidikan.


Keywords


Education, Umayyah Dynasty, Damascus

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. Z. (2021). Perbandingan Sistem Pendidikan Masa Dinasti Umayyah dan Sistem Pendidikan Pada Masa Dinasti Abassiyah. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1).

Amin, S. M. (2018). Sejarah Peradaban Islam. AMZAH.

Anis, M. (2015). Potret Pendidikan Pada Masa Dinasti Umayyah. Jurnal Al-Qalam, 7(1).

Arikunto. (2019). prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bungin. (2003). Paradigma Penelitian. PT Remaja Rosda Karya.

Bungin. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arag Ragam Varian Kontemporer. Rajawali Pers.

Creswell. (2014). Research Design, Qualitative and Mixed Methods Approaches, Fourth Edition (Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari. Pustaka Pelajar.

Daulay, H. P. (2013). Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah. Kencana Prenada Media Group.

Fahmi, A. H. (n.d.). Mabadi’at Tarbiyah Al-Islamiyah, Diterjemahkan oleh Mukhtar Yahya dan Sanusi Latif. Bulan Bintang.

Fauzan, S. dan. (2005). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Kencana.

Hamzah. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research. Literasi Nusantara.

Hartanto. (2020). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Software Auto CAD. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1).

Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Muthoharoh, M. (2023). Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Bani Umayyah. Jurnal Tarbiyah - Syariah Islamiyah, 30(1).

Nata, A. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Kencana.

Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Era Rasulullah Sampai Indonesia. Kencana.

Permana, F. (2018). Pendidikan Islam dan Pengajaran Bahasa Arab pada Masa Dinasti Umayyah. Jurnal Ilmiah Al-Qalam, 12(2).

Purwoko, M. T. dan B. (2017). Sejarah Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Sari. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1).

Saryono. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Nuha Medika.

Sewang, A. (2017). Sejarah Perdaban Islam. STAIN Parepare.

Suwedi. (2004). Sejarah Pemikiran Islam. PT. Raja Grafindo Persada.

Yatim, B. (2008). Sejarah Peradaban Islam Dirasah Islamiyah II. PT. Raja Grafindo Persada.

Yunus, M. (1981). Sejarah Pendidikan Islam. PT. Hida Karya Agung.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Zuhairini. (2004). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.26725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.