Analisis Kurikulum Diniyah Al-Washliyah di Madrasah Aliyah Al-Qismu ‘Aliy Medan

M. Rizqi Aslami Purba, Siti Halimah, Salminawati Salminawati, Maya Siti Sakdah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) konteks kurikulum Diniyah al-Washliyah di madrasah Aliyah al-Qismu Al 'Aliy Medan, 2) Masukan organisasi terhadap kurikulum Diniyah al-Washliyah di Madrasah Aliyah al-Qismu Al 'Aliy Madrasah Medan, 3) Proses implementasi kurikulum Diniyah al-Washliyah di Madrasah Aliyah al-Qismu Al 'Aliy Medan, 4) Produk kurikulum Diniyah al-Washliyah di Madrasah Aliyah al-Qismu Al 'Aliy Medan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Konteks kurikulum diniyah al-washliyah berpedoman pada kerangka kualifikasi nasional (KKNI) dan sibghah al-washliyah oleh dewan besar al jam'iyatul washliyah, 2 ) Masukan terhadap penyelenggaraan kurikulum Diniyah al-Washliyah di madrasah Aliyah al-Qismu Al 'Aliy Medan mengutamakan pendidikan ilmu agama Islam serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan pendidikan guru agama yang berwawasan keilmuan. 3) Implementasi Diniyah Kurikulum al-Washliyah pada madrasah Aliyah al-Qismu Al 'Aliy Medan memadukan kurikulum dasar dengan SK 3 Menteri tahun 1975 yang mewajibkan komposisi kurikulum madrasah terdiri dari 70% mata pelajaran umum sekuler dan 30% mata pelajaran agama Islam 4) Kurikulum Diniyah al-Washliyah pada madrasah Aliyah al-Qismu Al 'Aliy Medan digabungkan dengan SKB 3 Menteri menjadi Al-Qur'an-Hadits, Aqidah-Akhlak, Fikih, SKI, Pendidikan, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Matematika , Sains, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Muatan Lokal dan (Kealwashliyahan).

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Annisa, S. (2017). Evaluasi Kurikulum Madrasah Diniyah Salafiyyah Al Hidayah (MDSA) Karangsuci Purwokerto. IAIN Purwokerto.

Aziz, M. (2019). Implementasi Kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Al-Washliyah di Sumatera Utara. Medan: Disertasi.

Aziz, M., Mesiono, M., & Syafaruddin, S. (2019). Kebijakan Majelis Pendidikan Al-Washliyah dalam Pengembangan Kurikulum Ke-Al Washliyahan Madrasah Aliyah di Sumatera Utara. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(1).

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasanuddin, C. (1988). Al-Jam’iyatul Washliyah: Api Dalam Sekam. Bandung: Pustaka.

Daulay, H.P. (2017). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kencana.

Emzir. (2011). Metodologi penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Fauzi. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah di Kota Serang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1(2).

Fauriyah, S. (2017). Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di MA Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Hadi, S. (2001). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, O. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Agama, K. (2012). Pedoman Penyelenggaraaan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta.

Khoiriyah. (2014). Menggagas Sosiologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Maksum. (1999). Sejarah Madrasah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudhofir, A. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Munawwir, A.W. (2017). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.

Neliwati. (2018). Bahan Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Medan: Widya Puspita.

PB Al Washliyah. (2017). Peraturan Pelaksanaan Sistem Pendidikan Al Washliyah Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PB Al Washliyah.

Poerbakawatja. S., & Harahap, H. (1982). Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Rozali, M. (2018). Tradisi Keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara. LKiS. Yogyakarta.

Safaruddin, et. All. (2016). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Sudjana, N. (1991). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N.S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparlan. (2011). Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Taqwa, Z. (2016). Studi Analisis Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah (Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Ula Dan Wustho Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, Stain Kudus).

Undang Undang Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan. Bab II Pasal 2.

Wahid, R.A. (2015). Revitalisasi Visi Keislaman dan Institusi Pendidikan Al Washliyah, dalam Tradisi Intelektual Al Washliyah, Ja’far, (Medan: Perdana Publishing)

Widyastono, H. (2015). Pengembangan Kurikulum Di Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiryokusumo, I. (2015). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.

Yulaelawati, E. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.26411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.