Peningkatan Karakter Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif dengan Metode Bermain Peran di SDN 003 Pangkalan Kerinci

Yulita Yulita, Suciati Suciati, Suroyo Suroyo

Abstract


Pembelajaran di SD Negeri 003 dalam pengamatan bahwa sebagain besar guru pada kelas tinggi sudah menerapkan pembelajaran active learning dengan pendekatan role playing sesuai dengan yang ada pada silabus dan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru. kenyataan dilapangan dan observasi, guru sudah menerapkan pembelajaran aktif yang bersifat kognitif. Namun pembelajaran pada aspek afektif/sikap seperti pendidikan karakter masih belum dilakukan. Sehingga, penulis berargumentasi jika guru telah menerapkan pembelajaran mata pelajaran kognitif, apakah pembelajaran pada pendidikan karakter juga dapat menimbulkan pengaruh pada karakter siswa di sekolah maupun luar sekolah. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mengarah pada penelitian lapangan (field research). Dengan menitikberatkan pada proses pencarian setiap data yang ada di lapangan, penulis dapat memperoleh gambaran yang lengkap tentang informasi yang dibutuhkan dari permasalahan yang dibuat dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dengan tujuan agar semua materi yang dipelajari bersifat komprehensif, natural, dan logis. Dengan tujuan untuk memberi gambaran pembelajaran berbasis pembelajaran aktif dengan teknik role playing dalam pembentukan karakter pada siswa di SDN 003 Pangkalan Kerinci. Dalam penelitian ini informan adalah warga sekolah dari SD Negeri 003 Pangkalan Kerinci yang terdiri dari 2 guru kelas dan lima orang perwakilan siswa. Instrumen penelitian dalam ini menggunakan instrument wawancara, observgasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan jika penerapan bermain peran dalam pendidikan katakter dapat meningkatkan nilai tanggungjawab pada siswa, selain itu, nilai lainnya yaitu kerjasama dan kemandirian memiliki peningkatan terhadap pendidikan karakter khususnya karakter kemandirian, kerjasama dantanggungjawab. Sedangkan, hambatan dalam penerapan bermain peran dapat dilihat ketika siswa sulit dan tidak ingin mengikuti bermain peran, selain itu, keberhasilan di nilai efektif jika siswa dapat mengikuti bermain peran sesuai dengan instruksi dari guru pada pelajaran di kelas.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2016). Profeseonalitas guru dan pendidikan karakter (kajian emperis di SDN Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).

Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT. Jakarta: Salemba Empat.

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32

Agung, P., & Asmira, Y. D. (2018). Pengembangan model pendidikan karakter peduli sosial melalui metode bermain peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02).

Agus, W. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra : Internalisasi NilainilaiKarakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aini, N., & Nurdyansyah, N. (2020). Application of role playing methods in Indonesian language subjects in class 2 of Elementary Schools. Indonesian Journal of Education Methods Development, 9, 10-21070.

Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar.PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33-42.

Anitha, P. (2020). Effectiveness of child to child approach through role play regarding prevention of accidents among children. Asian Journal of Nursing Education and Research, 10(2), 141-144.

Azzet, A. M., 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia

Barton, M., & Stacks, S. (2019). Dungeons and desktops: The history of computer role-playing games 2e. CRC Press.

Bonwell, C.; Eison, J. (1991).Active Learning: Creating Excitement in the Classroom AEHE-ERIC Higher Education Report No. 1. Washington, D.C.: Jossey-Bass. ISBN 978-1-878380-08-1.

Dariah, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran (Study Kasus Di Kelompok Bermain Al-Munawar). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 154-164.

Dias, M., & Teles, A. (2018). Teaching Materials: Three-Party Role Play Simulation on Brazilian Social Mediation Case. European Journal of Training and Development Studies, 5(4), 10-25.

Fadli, M. R. (2021). Implementation of Sociocultural Based Character Education in Senior High School.Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 134–145. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.41957

Fitriyanti, U. H., & Marlina, L. (2019).Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Kreativitas Anak di PAUD Kelompok Bermain Kartini Kabupaten Ogan Komering Ilir.Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 158–175. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4796

Halqi, M., & Muliadi, A. (2021). Character Education through Exemplary of TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid: Prospective Teacher’s Perception. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 159–173. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.36274

Hamid, S. I., Dewi, D. A., Nugraha, A. R., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2021). Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5731-5738.

Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM.

Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Harlock, C. (2014). The Development and Evolution of Peace Education in English Secondary Schools from Post World War 1–2010. Unpublished Phil Thesis. Coventry University.

Hartikainen, S., Rintala, H., Pylväs, L., & Nokelainen, P. (2019). The concept of active learning and the measurement of learning outcomes: A review of research in engineering higher education. Education Sciences, 9(4), 276.

Insani, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021).Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. 5, 8937–8941.

Iswadi & Herwani (2021 Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil

Belajar Siswa di Era Pademi Covid-19. Chalim Journal of Teaching and Learning, Volume 1( 1)

Kervick, C. T., Garnett, B., Moore, M., Ballysingh, T. A., & Smith, L. C. (2020). Introducing Restorative Practices in a Diverse Elementary School to Build Community and Reduce Exclusionary Discipline: Year One Processes, Facilitators, and Next Steps. School Community Journal, 30(2), 155-183.

Kim, E. (2018). Effect of simulation-based emergency cardiac arrest education on nursing students' self-efficacy and critical thinking skills: Roleplay versus lecture. Nurse education today, 61, 258-263.

KLM Kemendikbud.(2021). Mitigasi Potensi Menurunnya Kualitas Pendidikan dan Petakan Solusinya. Jendela.Kemdikbud.Go.Id. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/berita/detail/mitigasi-potensi-menurunnya-kualitas-dan-petakan-solusi

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran (Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global). Malang: UIN Maliki Press

Nurhaini, & Eliza, D. (2020). Character Module Development Through Minangkabau Traditional Story Based Literacy by Using Role Playing Method at Kindergarten in Padang. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 449(ICECE 2019), 137–141. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.028

Onde, Mitrakasih La Ode, Hijrawatil Aswat, Fitriani B, And Eka Rosmitha Sari. 2020. “Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Era 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(2): 268–79.

Pertiwi, E. P., & Zahro, I. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini dan Opini Pendidikan Karakter Melalui Sentra Bermain Peran. Nusamedia.

Purwasih, W. (2021). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 281–289. http://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1676

Ricker, A., Peterfeso, J., Zubko, K. C., Yoo, W., & Blanchard, K. (2018). The mock conference as a teaching tool: Role‐play and “conplay” in the classroom. Teaching Theology & Religion, 21(1), 60-72.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Rulyansah, A., & Hayukasari, D. N. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Berwawasan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas Ii Semester Ganjil Di Sdn Ambulu I Sumberasih–Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 84-91.

Rumilasari, N. P. D., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2016). Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok A. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/266395-metode-pembelajaran-bermain-peran-dalam-24ddb170.pdf

Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Satria, V. H., & Herumurti, D. (2021). Role-Playing Game as Learning Media To Support Online Learning. Journal of Education Technology, 5(4), 579-587.

Setiawati, R., & Dewi, D. A. (2021).Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 897–903. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1050

Shah, R. K. (2019). Effective constructivist teaching learning in the classroom. Shah, RK (2019). Effective Constructivist Teaching Learning in the Classroom. Shanlax International Journal of Education, 7(4), 1-13.

Silalahi, W. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode role play pada pelajaran IPS kelas IV SD swasta xaverius padang sidimpuan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 172-181.

Sofiana, N. (2018). Developing cooperative integrated reading and composition-based role-playing game application as an alternative media in the reading learning. Journal on English as a Foreign Language, 8(2), 170-188.

Srihayati, H. (2016). Penerapan Metode Bermain Perandalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-4 Pekanbaru.Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3686.

Sriyanti, S., & Pratiwi, E. S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Bermain Peran Di Ba Nurul Hidayah Sumberagung Kepohbaru Bojonegoro. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1-14.

Van den Bergh, L., Ros, A., & Beijaard, D. (2014). Improving Teacher Feedback During Active

Learning: Effects of a Professional Development Program. American Educational Research

Journal, 51(4), 772–809. https://doi.org/10.3102/0002831214531322

Yamin, M. (2007). Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zaini, Hisyam, Dkk. (2008). Strategi Active learning. Jakarta: Insan Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.26217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.