Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Kelompok Gugus 1 Pelalawan

Sutrisno Sutrisno, Rian Vebrianto, Jaka Warsihna

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan dan dampak dari ketiga faktor tersebut terhadap kinerja guru di wilayah yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah dasar Kelompok Gugus 1 Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS SD Kelompok 1 Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 105 orang guru. Berdasarkan penelitian ini karena jumlah populasinya adalah 150 responden. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan: Ha1 uji T dan uj-F ditolak yang menyatakan tidak terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja guru SD di Pangkalan Kerinci. Uji Ha2 T diterima yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan dan Uji Ha2 F menyatakan tidak terdapat hubungan signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja guru SD Kelompok Gugus 1 Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Uji Ha3-T dan Uji Ha3-F diterima yang menyatakan terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan antara Motivasi Kerja terhadap kinerja guru SD Kelompok Gugus 1 Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Uji T Ha4 diterima yang menyatakan bahwa kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD di Pangkalan Kerinci. Uji F Ha4 ditolak yang menyatakan tidak ada hubungan kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi bekerja sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD Kelompok Gugus 1 Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

Full Text:

PDF

References


Adang Rukmana (2018). Gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kinerja guru. Motivasi kerja memiliki pengaruh yang baik dan cukup besar terhadap kinerja guru.

Abdul Kholik Amirulloh Zein and Hady Siti Hadijah (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. KARYA HIDUP SENTOSA di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Adang Rukmana (2018)gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kinerja guru. Motivasi kerja memiliki pengaruh yang baik dan cukup besar terhadap kinerja guru.

Adawiah, Rabiatul. 2016. Profesionalisme Guru Dan Pendidikan Karekter (Kajian Empiris di SDN Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Volume 6 Nomor11, hal. 939 – 946

Aissah Qomaria Azis dan Suwatno (2019) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Guru. Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Guru.

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166-2172.

Ali, M. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rancana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui supervisi akademik. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 3, 37–42.

Amirulloh Zein and Hady Siti Hadijah (2018), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 51–66.

Amrullah, S., Luthfi Ardiansyah, M., & Sumarto. (2019). Managerial capabilities of headmaster in improving teacher performance. Proceedings of the 2019 3rd International Conference on Education and Multimedia, 278–282. https://doi.org/10.1145/3345120.3345136

Amtu, O., Makulua, K., Matital, J., & Pattiruhu, C. M. (2020). Improving Student Learning Outcomes through School Culture, Work Motivation and Teacher Performance. International Journal of Instruction, 13(4), 885-902.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific & Technology Research ·, 7(7), 19–29.

Anriza Julianry, Riza Syarief, dan M. Joko Afandi (2017)Kinerja Karyawan, Kinerja Organisasi, Motivasi, Pelatihan, Kinerja, dan Motivasi.

Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta

Bernardin, H. ., & Russel, J. E. . (2003). Human Resources Management (An Experimental Edition). McGraw Hill, Inc.

Azis, A. Q., & Suwatno, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(2), 246-253.

Daniëls, E., Hondeghem, A., & Dochy, F. (2019). A review on leadership and leadership development in educational settings. Educational research review, 27, 110-125.

Deviyanti, S. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Batam - Kepulauan Riau. Universitas Terbuka Batam.

Elvita, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di MTs Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal AL-HIKMAH, 1, 37-55.

Fadli, M. R. (2021). Implementation of Sociocultural Based Character Education in Senior High School.Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 134–145. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.41957

Fatmawati, W. O. (2017). The effect of headmaster’s managerial and supervision abilities towards teachers performance of Junior High School at Muna Barat and Muna in South Eastof Sulawesi. International Conference on Education (ICE2) 2018: Education and Innovation in Science in the Digital Era, 937–947.

Giarti, S. (2015). Peningkatan kompetensi pedagogik guru SD melalui supervisi akademik. Scholaria, 5(3), 37–46.

Gutt, D., Neumann, J., Zimmermann, S., Kundisch, D., & Chen, J. (2019). Design of review systems–A strategic instrument to shape online reviewing behavior and economic outcomes. The Journal of Strategic Information Systems, 28(2), 104-117.

Hafeez, I., Yingjun, Z., Hafeez, S., Mansoor, R., & Rehman, K. U. (2019). Impact of workplace environment on employee performance: mediating role of employee health. Business, Management and Economics Engineering, 17(2), 173-193.

Hamid, A. (2017). Upaya peninkatan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di SDN 007 Panipahan Darat. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 277–289.

Hamzah (2018). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Handayani dan Aliyah A. Rasyid (2015). Pengaruh motivas kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. Inject, Interdiciplinary Journal of Communication, 1(2), 223–236.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112.

Iskandar, U. (2012). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 1018–1027.

Kartini, K., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 290-294

Kartomo, A. I., & Slameto. (2016). Evaluasi kinerja guru bersertifikasi. Kelola, Jurnal Manajemen Pedidikan, 3(2), 219–229.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional (guru pasca sertifikasi). Cakrawala Pendidikan, XXX(3), 463–473.

Katharina, N., Wijaya, A., Juliana, J., & Avelina, V. (2021). Influence capital structure, liquidity, size the company, debt policy and profitability towards corporate value on property company, real estate and building construction listed on the Stock Exchange Indonesia period 2016-2019. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 4(2), 2241-2256.

Khosiah, S., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20-29.

Koh, S. Y. (2021). The interurban migration industry:‘Migration products’ and the materialisation of urban speculation at Iskandar Malaysia. Urban Studies, 0042098021992219

Leniwati, & Arafat, Y. (2017). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 233–255. https://doi.org/10.1086/674374

Mamuaja, B. (2016). Analisis efektivitas penerapan sistem pengendalian intern terhadap kinerja instansi pemerintah di Dinas Pendapatan Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 165–171.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20411

Meivawati, E., Kartowagiran, B., & Rustini, T. (2018). Evaluation of character and moral education in elementary school. The Online Journal of New Horizons in Education, 8(4), 63-72

Moloeng, L. . (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Muntoso, E. (2014). Teknik supervisi edukatif kolaboratif berkelanjutan dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 1(1), 9–15.

Naga Pandu Eka Caksana (2019)Gaya Kepemimpinan, Kinerja, Lingkungan Kerja, Motivasi.

Nana Triapnita Nainggolan, Rotua Siahaan, dan Lora Ekana Nainggolan (2020) komitmen guru, kinerja guru, komitmen guru berdampak pada kinerja guru

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78-86.

Nayeem, M. T., Fuad, T. A., & Chali, Y. (2018, August). Abstractive unsupervised multi-document summarization using paraphrastic sentence fusion. In Proceedings of the 27th International Conference on Computational Linguistics (pp. 1191-1204)

NEGARA, P. A. (2009). PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NOMOR 36 TAHUN 2012

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pramesti dan Muhyaldi (2018). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrai Pendidikan, XXII(1), 114–132.

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi dampak Work from Home (WFH) terhadap kinerja guru selama pandemi COVID-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.

Putra, R., & Ali, H. (2022). ORGANIZATIONAL BEHAVIOR DETERMINATION AND DECISION MAKING: ANALYSIS OF SKILLS, MOTIVATION AND COMMUNICATION (LITERATURE REVIEW OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(3), 420-431.

Raden Yohanes Luhur (2014)Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kinerja

Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2019). Pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru bimbingan konseling di SMP Negeri 8 Palopo. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 61–66.

Reza Ahmadiansah (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212.

Richard, R. (2003). Performance Planning and Review Making Employee Appraisals for Work (2nd ed.). Allen & Unwin.

Rismawan, E. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (Tidak dipublikasikan).

Ritonga, B. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Model. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(2), 246-256.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145-154.

Robin, Syukri, Harus, C. Z., & Usman, N. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru sekolah dasr pada gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 79–90.

Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61-71.

Rosilawati, T. (2014). Supervisi akademik dalam Upaya peningkatan motivasi guru menyusun perangkat persiapan pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 1(2), 57–62.

Rugulies, R. (2019). What is a psychosocial work environment?. Scandinavian journal of work, environment & health, 45(1), 1-6.

Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Septiana, R., Ngadiman, & Ivada, E. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Jupe UNS, 2(1), 107–118.

Setiawan, K. C. (2015). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan level pelaksana di divisi operasi PT. Pusri Palembang. PSIKIS, Jurnal Psikologi Islam, 1(2), 43–53.

Setiawati, R., & Dewi, D. A. (2021). Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 897-903.

Setiawati, R., & Dewi, D. A. (2021).Hubungan Pengembangan Karakter pada Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 897–903. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1050

Sinar Bulan, Teddy Chandra, dan Asmara Hendra Komara (2018) hubungan Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Komitmen dengan Kepuasan Kerja

Sudibya, B., Dermawan, D., Purnomo, M. J., & Irawaty, M. (2022). Radio Transmission Detection using Doppler in UHF Frequency Band. AVITEC, 4(1), 89-98.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Supardi. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–207.

Susanto, A. (2016). Manajemen Konsep, strategi dan implementasi pada sekolah dasar.

Susanto, A. (2021). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya

UUD, No. 20, 2003 Bab 1 Pasal 1 Ayat 1

Van den Bergh, L., Ros, A., & Beijaard, D. (2014). Improving Teacher Feedback During ActiveLearning: Effects of a Professional Development Program. American Educational ResearchJournal, 51(4), 772–809. https://doi.org/10.3102/0002831214531322

Wibawa, I. M. D. (2019). Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Kolegial. Journal of Education Action Research, 3(1), 66. https://doi.org/10.23887/jear.v3i1.17092

Widodo, S. (2018). Peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2012 edisi revisi. Jurnal Pena Karakter, 01(01), 46–54.

Wikanengsih, Nofiyanti, Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 106–119.

Yuniz Majidah, Tin Agustina Karnawati, Ike Kusdyah Rachmawati (2020), Pengaruh disiplin kerja, motovasi kerja, dan supervisi kelapa sekolah terhadap kinerja. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–8.

Zahrotul Ulum Naa'imah dan Siti Ning Farida (2021)Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Kinerja Pegawai

Zaini, Hisyam, Dkk. 2008.Strategi Active learning. Jakarta: Insan Madani.

Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 663-671.

Zulfikar, Yusrizal, & Ibrahim, S. (2017). Supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jiurnal Magister Administrasi Pendidikan, 5(3), 192–198.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.26216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.