Analisis Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Ekstra di TK-SD-SMP Yayasan Ray English Studies Kabupaten Indragiri Hulu

Nurcahaya Lubis, Sudarno Sudarno, Juhana Juhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen pembelajaran Bahasa Inggris ekstra di TK, SD, dan SMP Yayasan Ray English Studies Kec. Batang Gansal Kab. Indragiri Hulu Riau, serta untuk menganalisis penerapan fungsi-fungsi manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian qualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris Ektra sudah terlaksana dengan baik, dalam pelaksanaannya diadakan pengorganisasian sebagai dasar dalam pembagian tugas dan tanggung jawab dalam team work sehingga pelaksanaan tugas dan tanggung jawab benar-benar dilaksanakan oleh sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidangnya. Untuk SD dan SMP diadakan kelas ekstra 1x seminggu, yang disebut dengan kelas English day, yaitu kelas di sore hari.   Dalam pelaksanaan juga tak kalah penting dibutuhkan penggerakan yang dilakukan oleh pimpinan, dan sudah dilaksanakan dengan baik, pola kepemimpinan yang demokratis dan jadi innovator yang baik bagi bawahannya. Pimpinan di Yayasan Ray English Studies selalu bersedia dan terbuka untuk pembelajaran bersama. Pengawasan sudah terlaksana dengan baik melalui evaluasi pembelajaran berkala. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada manajemen pembelajaran Bahasa Inggris ekstra di TK, SD, dan SMP Yayasan Ray English Studies Kec. Batang Gansal Kab. Indragiri Hulu Riau.

Keywords


Perencanaan; Pelaksanaan; Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Ardiyansyah, S., Abduloh, A., & Nasution, N. S. (2020). Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Madrasah Tsanawiyah Persis 96 Garut. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2).

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 326-332.

Halawa, D. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Biologi pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan dengan Kelas IMMERSI. Warta Dharmawangsa, (50).

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen mutu pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.

Oktavia, P., Khotimah, K., & Basri, S. (2023). Penerapan Kebijakan Manajemen Kualitas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Sekolah. Journal of Islamic Education and Learning, 3(1), 43-50.

Pramono, D. A. (2022). Program Pembentukan Kompetensi Bahasa Asing dan Teknologi Informasi Siswa. In International Conference on Research and Community Services (ICORcs) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-37).

Pransiska, R. (2020). Program Bilingualisme Bahasa Inggris Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 35-47.

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di tengah wabah Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54.

Soter, I. K. (2018). Manajemen Pendidikan Berorientasi Masa Depan. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(2), 16-26.

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analisis tematik faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran sains. Indonesian Journal of Educational Assessment, 2(1).

Virgo, E., & Slameto, S. (2018). Evaluasi program manajerial kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 217-229.

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.25803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.