Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Fun AI, AR, dan VR untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensisasi di Sekolah Guru

Siti Maryatul Kiptiyah, Panca Dewi Purwati, Trimurtini Trimurtini, Muhammad Badrus Siroj, Aldina Eka Andriani

Abstract


Masalah yang dihadapi guru KKG Gugus Drupadi dalam pembelajaran saat ini adalah masih mendominasinya pembelajaran konvensional, rendahnya kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi, serta minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis IT terutama yang cocok untuk mengakomodir keragaman karakteristik dan kebutuhan belajar siswa (pembelajaran berdiferensiasi). Kondisi tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa hal antara lain yaitu (1) rendahnya semangat dan kesadaran guru dalam melakukan inovasi pembelajaran  berbasis IT, (2) sebagian besar guru sudah nyaman dengan pembelajaran teacher centered, (3) belum terbiasa mengimplementasikan pembelajaran yang mengakomodir keragaman learning profile siswa, (4) masih terbatasnya kegiatan pelatihan dan workshop bagi guru. Masalah tersebut dapat diatasi salah satunya dengan memfasilitasi kegiatan pelatihan dan pendampingan berbasis flipped workshop, di mana peserta diberikan kesempatan untuk memperlajari materi dan melaksanakan asesmen diagnostik terlebih dahulu.. Kegiatan utama pengabdian tersebut meliputi aktivitas sebagai berikut  (1) sebelum pelatihan, peserta belajar secara mandiri melalui LMS dan melakukan asesmen diagnostik siswa serta mengisi form pretest (2) pelatihan, praktik, dan pendampingan secara luring mengenai pemanfaatan media pembelajaran berbasis Fun Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR) yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi, (3) penugasan dan pendampingan, (4) postest dan evaluasi, untuk melihat hasil praktik yang telah dilakukan oleh peserta. Adapun hasil dari kegiatan pegabdian yang dilaksanakan pada 2-12 Agustus 2023 tersebut yaitu (1) wawasan pengetahuan tentang pentingnya pemahaman dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada guru di KKG Gugus Dupradi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang meningkat, (2) peserta mendapatkan tambahan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis fun AI, AR, dan VR untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi di sekolah, (3) peserta workhsop merasa puas dengan penyelenggaraan kegiatan pengabdian tersebut.


Keywords


fun AI, AR,VR; pembelajaran berdiferensiasi; flipped workshop

Full Text:

PDF

References


. Kurniawan, Hendra. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Sejarah dalam Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. JPSI: Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(2): 128-142.

. Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.pdf. (n.d.). (1)

. Kurniawan, Nanang, dan Mustaqim, Ilmawan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bebrbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1): 36-48.

. Sulistyowati, dan Rachman, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality Pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah NERO, 3(1): 37-44.

. Tjahyanti, Saputra, dan Gitakarma. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Komteks: Jurnal Komputer dan Teknologi Sains, 1(1): 15-21.

. Indrawan, Saputra, dan Linawati. 2021. Augmented Reality sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 2(1): 61-70.

. Damayanti, Jannah, dan Agustin. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(4): 41-48.

. Andari, Eni. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 01(02): 65-79.

. Aprima, D., dan Sari, S. 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Matematika SD. Cendekia:Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1):95-101.

. Gentry, et al. 2013. Differentiated Instructional Strategies to Accommodate Students with Varying Needs and Learning Styles. Paper prepared for The Urban Education Conference, Jackson State University.

. Joseph, et al. The Impact of Differentiated Instruction in a Teacher Education Setting: Successes and Challenges. International Journal of Higher Education, 2(3): 28-40.

. Sulistyosari, Karwur, dan Sultan. 2022. Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2): 66-75.

. Mulyawati, Zulela, dan Edwita. Differentiation Learning to Improve Students' Potential in Elementary School. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan; 6(2):68-78.

. Susanti, L., dan Pitra, H. D. A. 2019. Flipped Classroom sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Heme: Health & Medical Journal, 1(2): 54-58.

. Imania, K. A. N., dan Bariah, S. H. 2020. Pengembangan Flipped Classroom dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal PETIK, 6(2):45-50.

. Fransisca, Yunus, dan Saputri. 2021. Tingkat Kepuasan Peserta Workshop Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1): 180-187.

. Acesta, , Solihat, dan Kautsar. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbahan Ecobricks untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(03): 304-309.

. Indrawan, Saputra, dan Linawati. 2021. Augmented Reality sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20 (1):61-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.25558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.