Pengaruh Motivasi terhadap Semangat Kerja Karyawan pada Perum Jamkrindo Cabang Pekanbaru

Roni Putra Adi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap semangat kerja pegawai pada Perum Jamkrindo Cabang Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Perum Jamkrindo Cabang Pekanbaru yang berjumlah 35 orang. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah motivasi dan semangat kerja karyawan. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dengan uji validitas, reliabilitas, R2 dan uji t. Pengujian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas (variabel bebas) dan variabel terikat (variabel terikat).Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi secara simultan berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan dengan nilai korelasi R = 0,676 yang menunjukkan hubungan yang erat antara motivasi dan semangat kerja karyawan pada Perum Jamkrindo Cabang Pekanbaru. Sedangkan R-square sebesar 0,457 yang dapat berarti motivasi memiliki kontribusi sebesar 45,7% terhadap semangat kerja pegawai pada Perum Jamkrindo Cabang Pekanbaru. Secara parsial diperoleh motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai pada Perum Jamkrindo Cabang Pekanbaru dengan persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini : Y = 9,806 + 0,556X signifikan lebih kecil dari alpha 0,05. Kesimpulan hipotesis secara parsial motivasi terhadap semangat kerja karyawan terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Cannon, Joseph P., William D dan E Jerome. 2010. Pemasaran Dasar Edisi 16. Jakarta: Penerbit Selemba Empat

Cornelia Dumarya. M, 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan pada Perumahan Serpong Garden, Universitas Pamulang.

Djohan, Agustinus. 2016. Manajemen dan Strategi Pembelian. Malang: Media Nusa Creative

Ghozali Imam. 2016, Aplikasi Analisis Multivariete, Undip, Semarang

Johani, 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap Volume Penjualan pada Koperasi IKADA Daihatsu Juanda Cabang Samarinda tahun 2013 -2016, UNMUL

Kotler dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran Jilid Satu, Edisi Keduabelas, Cetakkan Ketiga, Penerbit Erlangga.

Kodrat, David. 2010. Manajemen Distribusi . Surabaya: Graha Ilmu

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra, Wacana Media.

Malau Herman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta

Nurmansyah. 2018. Manajemen Pemasaran. Pekanbaru: Unilak Press.

Purwanto, Sulistyastuti, 2017. Cetakan kedua Metode Penelitian Kuantitatif. Gaya Media, Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. 2010. Strategi Promosi Yang Kratif dan Analisis kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: PT Mardiyuana

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian Publik Reletions dan Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Riduwan, 2010, Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sangadji Etta M, 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis Dalam Praktik), CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Sekaran Uma, 2007. Research Methods For Business, Salemba Empat, Jakarta.

Swastha, Basu. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Sunyoto Danang. 2013, Metodologi Penelitian Akuntansi, PT. Refika Aditama, Bandung

Sujarweni Wiratna, 2017. Analisis Laporan Keuangan Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Wahjono, Sentot. 2010. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.25439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.