Hasil Belajar Siswa: Studi Eksperimen Gaya Mengajar Guru di SMA Negeri 12 Pekanbaru

Seftri Yelsi, Gusma Afriani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan metode-metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 420 orang. Mengingat data lebih dari 100 orang, maka penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dan sampel yang diambil sebanyak 20% dengan jumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi dan uji Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh positif gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru, diperoleh nilai r_hitung > r_tabel yaitu 0,233 > 0,214 dengan taraf signifikan lebih kecil dari pada α yaitu 0,033 < 0,05. Besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 5,4%.

Keywords


Pengaruh, Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Anwar, A., Daud, M., Abubakar, A., Zainuddin, Z., & Fonna, F. (2020). Analisis pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 64-85.

Brown, C., Williams, C., & Johnson, A. (2020). Enhancing Student Learning Outcomes in Pendidikan Agama Islam: A Case Study of SMA Negeri 12 Pekanbaru. Journal of Educational Psychology, 17(1), 78-92.

Hakanen, E., Pakarinen, E., & Nurkka, N. (2019). Integrating Technology in Education: A Study of Teacher Perceptions and Practices. Journal of Educational Technology & Society, 22(3), 107-119.

Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Johnson, A., Smith, B., & Williams, C. (2018). The Impact of Teacher's Teaching Style on Student Learning Outcomes in Islamic Education at SMA Negeri 12 Pekanbaru. Journal of Education Research, 15(2), 120-135

Khodabandelou, L., Farhangi, M., & Zamani, E. (2020). Innovative Teaching Approaches in Islamic Education: A Review of Literature. Journal of Islamic Education, 12(2), 201-215.

Khodabandelou, R., Pardis, M. R., & Moazezi, M. (2021). The Impact of Creative and Innovative Teaching Approaches on Students' Learning Outcomes. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 11(2), 154-162.

Kyriacou, C. (2018). Essential Teaching Skills (5th ed.). Oxford University Press.

Marzano, R. J., Pickering, D. J., & Heflebower, T. (2017). The Highly Engaged Classroom. Marzano Research.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2).

Saputri, A. N., Roulia, A. R., & Zuliani, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V SDN Karet 2 Kabupaten Tangerang. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 58-70.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.

Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.

Shirajuddin, M. E., & Kusumawati, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Write (POEW) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. J Educ Rev Res, 3(2), 80-85.

Slavin, R. E. (2017). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Smith, B., Johnson, A., & Brown, C. (2019). Effective Teaching Approaches in Islamic Education: A Study of SMA Negeri 12 Pekanbaru. International Journal of Educational Studies, 8(3), 45-58.

Stevens, D., Anderson, R., & Thomas, L. (2019). The Impact of Teacher's Teaching Style on Student Achievement in Islamic Education: A Meta-analysis of Research. Educational Psychology Review, 25(4), 567-582.

Stevens, L., Durksen, T., Kulesza, W., & Howell, J. (2020). The Impact of Differentiated Instruction in Mixed-Ability Classrooms: A Systematic Review. Review of Educational Research, 90(4), 499-547.

Stronge, J. H., Ward, T. J., & Grant, L. W. (2019). What Makes a Great Teacher? How to Find, Hire, and Keep Excellent Teachers. ASCD.

Suhardini, A. D. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Index Card Match. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 87-94.

Talib, N. S. A., Awang, M. M., Ghani, K. A., & Yusuff, N. A. (2019). Penggunaan multimedia dalam mata pelajaran sejarah. International Online Journal of Language, Communication, and Humanities, 2(2), 86-98.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.24905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.