Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pemanfaatan Google Workspace for Education di SMPN 4 Tanah Merah

Rahmat Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi guru di SMPN 4 Tanah Merah melalui pemanfaatan Google Workspace for Education. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan memperhatikan tema-tema yang muncul dan hubungan antarinformasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Google Workspace for Education telah memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kompetensi guru di SMPN 4 Tanah Merah. Guru-guru dapat memanfaatkan berbagai fitur dan aplikasi yang disediakan oleh Google Workspace for Education untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, kolaborasi antar guru, dan interaksi dengan siswa. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan akses internet dan kesiapan teknologi, manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan Google Workspace for Education jauh lebih besar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan teknologi dalam pendidikan dan memberikan rekomendasi bagi pihak terkait dalam mengoptimalkan pemanfaatan Google Workspace for Education di lembaga pendidikan lainnya.

Full Text:

PDF

References


Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1-10.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Candra, D. A., Lubis, A., Wahyudi, S., Setiawan, A., & Santosa, F. (2023). Pelatihan Penggunaan Internet of Things bagi Guru SDN 027 Rambah. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 4(1), 330-341.

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219.

Fathurahman, N. (2020, November). Inovasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 615-627).

Irani, N. K. C. P. (2022). Pemanfaatan Google Workspace For Education Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(3), 160-174.

Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace For Education Untuk Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru MTs. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1005-1018.

JAHRAH, J. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Daring Melalui Lokakarya Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Platform Google for Education Di Smp Negeri 2 Tarakan. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 168-174.

Lapisa, R., Basri, I. Y., Milana, M., & Arif, A. (2019). Review Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran: Studi Kasus SMK di Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(4), 103-109.

Mujiyono, M. (2023). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penerapan Google Workspace for Education Melalui Workshop in on in di SMA Negeri 1 Turi. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 291-310.

Nuraini, R., Komalasari, R., Kurniawan, F. S., Rachmat, Z., Wahyuddin, S., Munawar, Z., ... & Firgia, L. (2023). Organisasi Dan Arsitektur Komputer. Global Eksekutif Teknologi.

Sholihah, K., Anbiya, B. F., & Qonita, D. U. (2023). Online Learning: Tantangan Dan Peluang Pasca Pandemi Covid-19. Research In Education and Technology, 2(1), 15-21.

Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., ... & Firmansyah, H. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0 (Vol. 1). Penerbit Insania.

Supriatna, D., & Karmudiandri, A. (2020, September). Microsoft Office 365 Dan Kahoot! Alat Bantu Belajar-Mengajar Yang Menyenangkan Bagi Pengajar Dan Generasi Milenial Di Era Pendidikan 4.0. In Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri (Vol. 1, No. 1, pp. 91-96).

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.

Winarni, A., & Hayati, A. (2022). Pelatihan Literasi Digital Media Pembelajaran pada Guru-Guru SD Negeri 1 Sokaraja Wetan. Abdimas Dewantara, 5(1), 24-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.24621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.