The Effect of Parental Education Patterns on Attitudes and Learning Outcomes of Elementary School Students in the Pandemic

Margaretha Sugiyanti, Rian Vebrianto, Siti Aisyah

Abstract


This article aims to analyze the influence of parents' educational patterns on attitudes and student learning outcomes. The type of research used is a quantitative approach with the ex post facto method. The population in this article is all fourth grade students at SDN in the Lubuk Batu Jaya sub-district, totaling 461 people. By using proportional stratified random sampling, a sample of 83 people was obtained. The instruments used were a questionnaire on parents' educational patterns and student learning attitudes, and documentation of student learning outcomes. The results of distributing questionnaires and documentation of learning outcomes were analyzed using parametric statistics, namely simple linear regression. Based on the research results obtained data regarding the influence of the family environment on the formation of children's character, it can be concluded that: 1) there is an influence of parental education patterns on students' learning attitudes of 12.3% and 87.7% influenced by other factors; 2) there is an influence of parental educational patterns on results student learning of 4.7% and 95.3% is influenced by other factors; and 3) there is an influence of learning attitudes on student learning outcomes of 3.6% and 96.4% influenced by other factors.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Influence Educational Patterns Parents Attitudes Learning Outcomes Students Elementary Schools Pandemic

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola didik orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26-38

Afidah, N. N. (2020). Kampung keluarga berencana sebagai upaya mengubah paradigma mitos banyak anak banyak rezeki. Proceedings Universitas Pamulang, 1(2).

Ahmadi dan Widodo Supriono, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), 85. Mendengarkan pendapat anak

Alwi, S. (2020). Perilaku Bullying Di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe. Jakarta: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Ariasti, D., Yulianti, T. S., & Pratiwi, A. (2013). Hubungan antara pola didik orang tua dengan perkembangan mental anak pada proses tumbuh kembang di SD Bentakan 1 Sukoharjo. KOSALA: Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2).

Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru pada Masa Pandemi di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 698-704.

Artha, I. G. K., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). Determinasi Komponen Konteks, Input, Proses, Dan Produk Pelaksanaan Program Sekolah Standar Nasional (SSN) Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Para Guru Di Smp Negeri 2 Kuta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 3(1).

Arywibowo, B. R. (2017). Hubungan Pola Didik Orang Tua Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas XI-5 Dan XI-9 SMA Negeri 7 Surabaya Tahun 2016/2017). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3).

Aulia, T. I. (2018). Pola Asuh Orangtua Dan Perilaku Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2).

Ayun, Q. (2017). Pola didik orang tua dan metode pengdidikan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Bimo Walgito, Bimbingan dan Konselling (Studi & Karier), (Yogyakarta: Andi, 2010), 215. 7

Bornstein, M. H., Putnick, D. L., & Suwalsky, J. T. (2018). Parenting cognitions→ parenting

Budiarnawan, K. A., Antari, N. N. M., & Rati, N. W. (2014). Hubungan antara konsep diri dan pola didik orang tua terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Bun, Y., Taib, B., & Ummah, D. M. (2022). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2). dan Praktik Pendidikan, 24(1) 26-33

Chasiyah, dkk (2009:81) fungsi dasar keluarga adalah memberi rasa memiliki, rasa aman, kasih sayang dan mengembangkan hubungan yang baik diantara anggota keluarga.

Danim S. Inovasi Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2002),

Desywidowati, S. N. (2013). Hubungan antara pola didik orang tua, motivasi belajar, kedewasaan dan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas xi sma negeri 1 sidoharjo tahun pelajaran 2012/2013.

Dewi, D. K., Pulungan, T., & Romlah, I. (2019). Hubungan Antara Pola Didik Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Remaja Pada Siswa SMP Kelas VIII. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 10(2), 196-212.

Dewi, K. S., Prihatsanti, U., & Setyawan, I. (2015). Children's Aggressive Behavior Tendency in Central Java Coastal Region: The Role of Parent-Child Interaction, Father's Affection and Media Exposure. Procedia Environmental Sciences, 23, 192-198.

Dharmayanti, W., Nurcahyo, R. W., & Lestari, I. (2017). Pengaruh kondisi kelas, fasilitas laboratorium, dan fasilitas pendukung pembelajaran terhadap kenyamanan belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 230-242.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Eko Endarmoko, Tesaurus Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka, 2007),

Faizi (2012:11) orang tua adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap masa depan anak-anak mereka. Orang tua lah yang melahirkan, merawat, membiayai, dan terlebih lagi mendidik anak-anak mereka.

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era

Fitriani. 2016. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Smp Karya Indah Kecamatan Tapung”. Jurnal Peka Vol 4 No 2.

Foundation. globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1-6.

Glasgow dalam Slicker (2005), pola didik merupakan sekumpulan sikap, kebiasaan dan ekspresi non verbal orang tua yang memberi ciri pada sikap interaksi anak dan orang tua dalam menghadapi berbagai situasi. pola didik dari orang tua dan peranan orang tua dalam proses belajar anak.

Hadi (2003) orang tua adalah ayah dan ibu yang menjadi pendidik utama bagi anak-anaknya. Orang tua sebagai pendidik kodrati. Sebagai orang tua berkewajiban mendidik, mengdidik dan membesarkan anaknya

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola didik orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).

Hartanto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Batam, 5(April), 12–19. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/234/223

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132.

http://repository.unpas.ac.id/38707/4/BAB%20III.pdf

https://www.slideshare.net/diyonell/makalah-desain-penelitian-survey

Hurlock (dalam Adawiyah, 2017) ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pola didik orang tua, yaitu Kepribadian orang tua, Keyakinan, dan Persamaan dengan pola didik yang diterima orang tua. Faktor yang mempengaruhi pola didik orang tua yang diberikan kepada anak seperti faktor pendidikan oaring tua, faktor pengalaman orang tua, faktor usia orang tua, faktor lingkungan, faktor sosial ekonomi orang tua.

Jabir, H., Ratman, R., & Laganing, N. (2015). Permasalahan pokok penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV pada pokok bahasan jual beli SDN Fatufia kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan jual. Jurnal Kreatif Online, 3(1).

Jannah, H. (2012). Bentuk pola didik orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Jas, J., Achmad, S. S., & Alvi, R. R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 148-159.

Kashahu, L., Dibra, G., Osmanaga, F., & Bushati, J. (2014). The relationship between parental demographics, parenting styles and student academic achievement. European scientific journal, 10(13).

Kilonzo, P. M. (2017). The impact of parenting styles on personality dimension of adolescents in

Loudová, I. & Lašek, J. (2015). Parenting style and its influence on the personal and

Mahadewi, N. L., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2014). Kontribusi Intensitas Pola Didik, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Hindu di SDN 1 Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Mas’ud Khasan Abdul Qohar dalam Kamus Ilmiah Populer, prestasi adalah apa yang telah diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan keuletan kerja.40 38 Ibid., 93 39

Maslow, A. (1984). Motivasi dan Kepribadian: Teori Motivasi dengan ancangan Hirarki Kebutuhan Manusia, diterj. Nurul Iman. Jakarta: Pustaka Brahmana Pressindo.

McDonald, K. L., Baden, R. E., & Lochman, J. E. (2013). Parenting influences on the social goals of aggressive children. Applied Developmental Science, 17(1), 29-38.

Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010–2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 41-59.

Mensah, M. K., & Kuranchie, A. (2013). Influence of parenting styles on the social development of children. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2(3), 123-123.

moraldevelopment of the child. Procedia-Social and Behavioral Sciences (174), 1247-1254.

Mujadi, M. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sebagai Upaya Optimalisasi Penerapan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Akidah Akhlak Kelas VI MI DI Kulon Progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 137-174.

Ningsih, E. D., & Rivanti, A. (2015). Hubungan pola didik orang tua dengan perilaku anak kelas 3 sdn malangjiwan kecamatan colomadu kabupaten karanganyar. KOSALA: Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2).

Nurul Iman, (Jakarta: Pustaka Brahmana Pressindo, 1984), 95. 20 Kebutuhan-kebutuhan manusia

Palupi, D. R. (2012). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Persepsi Terhadap Pola Didik Orangtua Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Patalatu, J. S., & Besare, S. D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Peduli Sampah pada Anak. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 19-27.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

practices→ child adjustment? The standard model. Development and psychopathology,

Prosiding Semnastafis Unimed, 1(1), 286-291

public secondary schools: a case of Mombasa Country, Kenya. International Journal of

Puspicahyani, I. (2006). Pengaruh kesiapan belajar, pola didik orang tua dan gaya belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III semester 1 SMP negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2005/2006.

Putri, D. R. (2012). Pengaruh Pola Didik Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52-65.

Raresik, K. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 143-146.

Saiful Bahri Djamarah. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004),

Simanjuntak, M. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak.

Skinner, B. F. (2019). The behavior of organisms: An experimental analysis. BF Skinner

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang memepengaruhinya, ( Jakarta : Rineka Cipta, 2003),

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Aflabeta.

Sumarno. (2015). Model konstruk kecerdasan emosional siswa sd. Sekolah Dasar; Kajian Teori

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 23-29.

Sutisna, I. (2017). Pengaruh Media Televisi Dan Pola Didik Orang Tua Terhadap Perilaku Agresi Anak. Jurnal Pascasarjana, 2(1).

Syaiful Bahri Djamarah. 2014 “Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga”. Rineka Cipta.

Thoha dkk, Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004), 91

Tola, Y. P. (2018). Perilaku Agresif Anak Usia Dini di Lihat dari Pola Didik Orang Tua. Jurnal Buah Hati, 5(1), 1-13.

Umpang, M. D., & Thoharudin, M. (2018). Analisis Sikap Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 02 Tempunak. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 47-57.

W.J.S Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: PN Balai Pustaka, 1982), 768 27

Wafiya, A. (2017). Intensitas Bermain Game Online Berunsur Kekerasan dan Pola Didik Otoriter Terhadap Perilaku Agresif Anak (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Yakhnich, L. (2016). “This is my responsibility”: Parental experience of former Soviet Union immigrant parents in Israel. International Journal of Child, Youth and Family Studies, 7(1), 1-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i1.24588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.