Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Kabupaten Indragiri Hilir

M. Sukron, Gusma Afriani

Abstract


Riset ini bertujuan guna menganalisa implementasi program ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter religius di MAN 1 Kabupaten Indragiri Hilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar sehingga tidak menekankan pada angka. Dalam penelitian ini peneliti telah menentukan subjek penelitian adalah pembina ekstrakurikuler pramuka. Sumber data yang diambil dari dokumen ini berupa data dalam bentuk laporan, catatan peristiwa, keterangan, dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model Miles dan Huberman secara kualitatif. Hasil riset membuktikan bahwa: 1) pelaksanaan kegiatan kePramukaan di MAN 1 Indragirihilir terdiri dari 3 kegiatan yakti kegiatan pokok, kegiatan rutin dan kegiatam partisipasi yang kemudian disusun menjadi program; 2) Karakter religius dalam pendidikan kePramukaan di MAN 1 Indragirihilir dapat kita lihat dan contoh mulai dari kegiatan-kegiatan pembiasaan berikut: a) sholat berjamaah; b) Memulai kegiatan dengan membaca Doa; c) Menerapkan Tri Satya dan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari; d) Saling menghargai dan menghormati sesame umat beragama; dan d) Menghormati dan menghargai pendapat dan gagasan orang lain.

Keywords


Kegiatan Ekstrakurikuler; Pramuka; Karakter Religius

Full Text:

PDF

References


Al Azizi, N. Q. U. (2018). Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40-50.

Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26-38.

Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya. Universitas Lambung Mangkurat, 1-12.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Efendi, M. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Conciencia, 17(1), 27-39.

Hamidah, A. D. (2022). Aktivitas Smatren Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1360-1366.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Karyanti, T., Prihati, Y., & Galih, S. T. (2019). Pendidikan anti korupsi berbasis multimedia. Deepublish.

Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam dalam arus globalisasi: Sebuah kajian deskriptif analitis. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 259-278.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.

Nasrullah, N. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Kota Bima). JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 163-186.

Nurwana, N., Dwiyanti, T., & Mastang, M. (2020). Analisiskebijakan Wajib Pramuka terhadap Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Mappesona, 3(3).

Ramda, A. Y., & Suryono, Y. (2020). Implementasi delapan metode kepramukaan sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 4(2), 341-356.

Rosita, L. (2018). Peran pendidikan berbasis karakter dalam pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, 8.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.21477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.