Kontribusi Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir

Sri Rahayu, Isjoni Isjoni, Fadly Azhar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan explanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan semua Kepala Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah sebanyak 37 orang kepala sekolah yang dipilih secara tekhnik sampling jenuh. Berdasarkan dari analisis data diperoleh kontribusi yang siginifikan antara variabel Dana Bantuan Operasional Sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 12,4% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 87,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; selanjutnya, diperoleh kontribusi yang siginifikan antara variabel kemampuan manajerial terhadap mutu pendidikan sebesar 27,4% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 72,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; dan diperoleh kontribusi yang siginifikan secara bersama-sama antara variabel Dana Bantuan Operasional Sekolah dan kemampuan manajerial terhadap mutu pendidikan sebesar 31,2% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat 68,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Serbian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Serbian to EnglishPRO
Never translate Serbian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Dana Bantuan Operasional Sekolah; Kemampuan Manajerial; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Asnawi, R., Kindangen, P., & Engka, D. S. (2021). Pengaruh Pendidikan, Program Keluarga Harapan Dan Program Rumah Tinggal Layak Huni Terhadap Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 21(2), 109-126.

Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fasli. (2013). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy.

Makasenda, J. V., Kaunang, M., & Rachman, I. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kota Manado (Suatu Studi di Kecamatan Tuminting). JURNAL EKSEKUTIF, 3(3).

Mayer, D. P., Mullens, J. E., & Moore, M. T. (2001). Monitoring School Quality: An Indicators Report. Education Statistics Quarterly, 3(1), 38-44.

Nurzazin. (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Riduwan. (2011). Teknik Analisis Data. Bandung: Alfabeta.

Sagala, H. S. (2008). Dukungan dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan Khususnya di Sekolah. Generasi Kampus, 1(2).

TIM Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. (2003). Acuan Operasional Kegiatan dan Indikator Kinerja Komite Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Wahab, R. (2010). Patisipasi Masyarakat Dalam Otonomi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

Wahyudi. (2019). Kepemimpinan kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alhamdani.

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214-221




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i2.20968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.