Keterampilan Guru untuk Memusatkan Perhatian Siswa dalam Pengelolaan Kelas

Diki Somantri, Fahrid Maruf Alfiyana, Syakira Hanifa, Qori Khoirunnisa, Mochammad Amirul Rifqi Haryadi

Abstract


Keterampilan guru untuk mengajar dalam proses pembelajaran memiliki peranan penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran dan pencapaian hasil belajar yang maksimal bagi peserta didik. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh guru yaitu keterampilan untuk memusatkan perhatian siswa dalam pengelolaan kelas. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam memusatkan perhatian siswa dalam pengelolaan kelas, dan pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan pembelajaran serta pencapaian hasil belajar siswa yang akan dicapai.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


Keterampilan, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Pi Abdul Hadis. (2006). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Baharudin. (2007). Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap Fenomena. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dyah, Dewi. 2020. Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta Timur: Jurnal Universitas Surya Darma. Link Online:

https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/574/545

Ismail, S. (2015). Membentuk Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Peserta PPL-1 dalam Bimbingan Latihan Mengajar melalui Lesson Study. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika Ke, 6, 11–14.

Irachmat, M. F. (2015). Peningkatkan Perhatian Siswa Pada Proses Pembelajaran Kelas III Melalui Permainan Ice Breaking di SDN Gembongan.

Yogyakarta: Jurnal UNY.

Lubis, R. F. (2020). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Media Neliti

Patintingan, M. (2018). Strategi Pembelajaran Melalui Kegiatan Bercerita Upaya Memusatkan Perhatian Belajar Siswa Kelas VI di SDN 190 Lemo Malimbong. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Putri, D. N. (2020). Pengaruh Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 15 Salolo Kota Palopo. Repository

Universitas Cokroaminoto Palopo.

Rahmad Fauzi Lubis. (2019). Kemampuan, Perhatian Siswa 152. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 152–175.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Repostory Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Wahyulestari, MRD. 2018. Keterampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Jurnal Universitas Muhammadiyyah Jakarta. Link Online: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SN%20P/article/viewFile/2770/2267.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta: Jurnal STKIP SIliwangi, 2(2), 83-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.20610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.