Strategi Pembinaan Guru dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Islam Abdurrab Pekanbaru

Susanti Dewi Astuti, Auzar Auzar, Rr. Sri Kartikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses menentukan hal-hal yang ingin dicapai serta merumuskan tahapan perencanaan (Plan) pembinaan guru di SMP Islam Abdurrab; 2) penerapan dari rencana (Do) pembinaan guru di SMP Islam Abdurrab Pekanbaru; 3) evaluasi (Check) pembinaan guru di SMP Islam Abdurrab Pekanbaru; dan 4) langkah selanjutnya (Act) pelaksanaan strategi pembinaan guru di SMP Islam Abdurrab Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi. Ada tiga langkah dalam analisis data kualitatif, yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi. Berdasarkan data dan hasil penelitian di lapangan tentang Strategi Pembinaan Guru dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Islam Abdurrab Pekanbaru maka dapat disimpulkan bahwa: SMP Islam Abdurrab Pekanbaru sejak berdiri telah memiliki target untuk membentuk Insan Abdurrab Values yaitu berkomitmen mendidik manusia menjadi manusia baik. SMP Islam Abdurrab memiliki target untuk membentuk dan membimbing sumber daya yaitu utamanya adalah guru yang memiliki hard skill dan soft skill agar program RAB Values (Rabbani, Amanah, Beradab), Visi dan Misi dalam rangka membentuk Insan Abdurrab Values dapat terwujud.

Keywords


Strategi; Pembinaan Guru; Pembinaan Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Agustine, D. T., Gunarto, T., & Ramdani, S. D. (2019, May). Strategi Pembinaan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMK. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 609-618).

Baan, A. B. (2012). The development of physical education teacher professional standards competency. Journal of Physical Education and Sports, 1(1).

Bicaj, A., & Treska, T. (2014). The effect of teacher professional development in raising the quality of teaching (pilot research). Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 3(6), 369.

Dewi, A. K. (2010). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan SMA Negeri Berprestasi Rendah di DKI Jakarta (Doctoral dissertation, Tesis, Jakarta: Universitas Indonesia).

Dewi, A. P., Nugraha, H. S., & Listyorini, S. (2014). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Pendekatan PDCA (Plan-Do-Check-Act) Berdasarkan Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit Pada Rsud Dr. Adhyatma Semarang (Studi Kasus Pada Instalasi Radiologi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 216-227.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek (Third Copy ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, M.S.P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru PAI. Jakarta: Rajawali Pers

Leimena, V. (2016). Model pengembangan sumber daya manusia pada industri kreatif di kota ambon (studi pada sentra industri kerajinan kerang mutiara). Universitas Negeri Makassar.

Lindawati. (2013). Strategi Peningkatan Kompetensi Proofesional Guru pada SMP Negeri 7 Kota Banda Aceh, Tesis, Magister Administrasi Pendidikan, Fakultas FKIP, Universitas Syiah Kualu, Banda Aceh.

Mulyasa, H.E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustika, P. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Guru terhadap Disiplin Kerja dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Pendidikan. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 50-57.

Nasution, N. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement). Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurlaila. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Inshafuddin Banda Aceh, Tesis, Magister Administrasi Pendidikan, Fakultas FKIP, Universitas Syiah Kualu, Banda Aceh.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Ridwan, A. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rochman, C. (2016). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Nuansa.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sallis, E. (2002). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Limited.

Saputra, W. N. A., Jairi, J., & Rohaetin, S. (2019). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 1 Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 11(02), 270-277.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: MandarMaju.

Sedarmayanti. (2018). Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sokovic, M., Pavletic, D., & Pipan, K. K. (2010). Quality improvement methodologies–PDCA cycle, RADAR matrix, DMAIC and DFSS. Journal of achievements in materials and manufacturing engineering, 43(1), 476-483.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujanto. (2018). Pengelolaan Sekolah; Permasalahan dan Solusi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syarif, N.K. (2004). Manajemen Latihan dan Pembinaan. Bandung: Angkasa.

Syarif, R. (1991). Manajemen Latihan dan Pembinaan. Bandung: Angkasa.

Tanang, H., & Abu, B. (2014). Teacher professionalism and professional development practices in south Sulawesi, Indonesia. Journal of curriculum and teaching, 3(2), 25-42.

Taufikurraman, T. (2018). Kinerja Pengawas Dalam Melaksanakan Supervisi Pendidikan Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah NegeriKecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin).

Ulfatin, N., & Triwiyanto, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i2.19973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

    
 

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.