Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir

Musmulyadi Musmulyadi, Caska Caska, Zulfam Saam

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan 48 responden dari 54 orang SMP yang berada di Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data ditemukan ada pengaruh positif dan signifikan pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 18,1%, sedangkan sisanya sebesar 81,9% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.

Keywords


Supervisi Akademik; Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Barnawi & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: AR-RUZZ

Basri, H. (2014). Kepemimpina Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Byars, L.L & Rue, L.W. (2011). Human Resource Management. Boston: Richard. D. Irwin, Inc.

Hasibuan, M., S.P. (2011). Organisasi dan motivasi – dasar peningkatan produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara

Kodariah, W. (2016). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta

Mulyasa, E. (2011). Kurikulim Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2014). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Permendiknas No 41 Tahun 2007. Tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Pidarta, M. (2016). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta

Pidarta, M. (2019). Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Priansa, S., R. (2014). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta

Purwanto, N. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Simamora, H. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Edisi Ke-3. Yogyakarta: STIE YKPN

Sugiyanto, et al. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Syarifudin, H.E. (2011). Manajemen pendidikan. Jakarta: Diadit Media

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta. Raja grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i2.19972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.