Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning melalui Supervisi Klinis Teknik Sharing Of Experience di Sekolah Dasar Negeri 001 Sekijang

Walyati Walyati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran saintifik di SD Negeri  001 Sekijang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian ini adalah guru kelas atas SD Negeri 001 Sekijang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan supervisi klinis teknik sharing of experience yang dilakukan kepala sekolah berhasil meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 001 Sekijang dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning sebelum dan sesudah tindakan mengalami peningkatan baik pada aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran model problem based learning. Pada aspek penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 65.85 menjadi 85.57, dari kategori cukup menjadi kategori baik. Sedangkan pada aspek pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 68.57 menjadi 90.42, dari kategori cukup menjadi kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Fatimah, S. (2022). Implementation of Clinical Supervision of Sharing of Experience Techniques to Improve Teacher Communication Skills in Learning of SD Negeri No. 257 Bangkelangkecamatan Batang Natal In 2020/2021 Academic Year. JURNAL LINER (Language Intelligence and Educational Research), 5(2), 45-101.

Hotmaida. (2019). Pelaksanaan Supervisi Klinis Teknik Sharing of experience untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru dalam Pembelajaran di SMK Perguruan Rakyat Padangsidimpuan. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT. 7(4), p. 354.

Jaini, A. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika dalam Menerapkan Model PAKEM melalui Supervisi Klinis. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 36-42.

Juliant, H. (2014) Teknik Tukar Menukar Pengalaman, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Masaong, K. (2012). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdianti, R. R. S. (2017). Pengaruh kompetensi profesional Dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru ekonomi SMA Negeri di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(2), 177-188.

Uno, H. B. (2009). Profesi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H. (2012). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wayan, A. S. (2010). Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah dan Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran Serta Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah. Az-Zahra Book.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.19073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.