Analisis Kebijakan Pendidikan di Afrika Utara (Mesri dan Sudan)

Kholid Junaidi, Khairunnas Rajab, Helmiati Helmiati

Abstract


Tujuan penulisan tulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui berkenaan dengan analisis kebijakan pendidikan di Afrika Utara (Mesir dna Sudan). Mesir adalah sebuah negara yang memiliki keistimewaan dalam hal pendidikan termasuk juga Sudan. Mesir dan Sudan adalah condongnya peradaban keilmuan Islam masa kini. Sehingga tidak sedikit bahkan seluruh anak didik dari berbagai negara menuju ke Mesir dan Sudan untuk menuntut ilmu. Kemudian biaya pendidikan juga sangat relatif murah dan bersifat free (gratis) tetapi menghasilkan produk sumber daya manusia yang diakui setelah pulang ke negaranya masing-masing. Bagaimanakah kebijakan pendidikan di Mesir dan SudanTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to EnglishPRO
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Keywords


Kebijakan, Pendidikan, Mesir, Sudan

Full Text:

PDF

References


Asha, L. (2022). Educational Management of the Arab Republic of EGYPT. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 046-062.

Erniati, E. (2018). The Implementation of Verbal Learning Soccer Strategy to Improve Students' Achievement in Sport Education at the Fifth Grade Students of SD Negeri 12 Maredan Barat in Academic Year 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(1), 123-131.

Fauzi, A., & Supandi, A. F. (2019). Perkembangan Audit Syariah Di Indonesia. Jurnal Istiqro, 5(1), 24-35.

Fitria, I. N. (2013). Peraturan Perkawinan Beda Agama di Indonesia dan Mesir. al-Hukama: The Indonesian Journal of Islamic Family Law, 3(1).

Haif, A. (2015). Sejarah Perkembangan Peradaban Islam di Mesir. Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 2(01), 69-74.

Hakim, Z. (2021). Pendidikan Islam Di Mesir. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 1(1), 29-40.

Hasse, J. (2016). Dinamika hubungan Islam dan agama lokal di Indonesia: pengalaman Towani Tolotang di Sulawesi Selatan. Wawasan J. Ilm. Agama dan Sos. Budaya, 1(2), 179-186.

Indriana, N. (2018). Transisi Bahasa Arab Dan Polemik Kristen Koptik. An-Nas, 2(1), 185-198.

Juned, M., Maliki, M., & Asrudin, M. (2013). Kekuatan politik media sosial: Uji kasus pada revolusi Mesir 2011. Global: Jurnal Politik Internasional, 15(1), 68-83.

Kurniawan, A. A., & Zahidi, M. S. (2022). Implementasi Demokratisasi Sudan. Jurnal ICMES, 6(1), 1-20.

Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 152-175.

Mulia, M. (2011). Sejarah sosial dan pemikiran politik Ali Abdul Raziq. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 10(2), 117-136.

Murjani, M. (2022). Pendidikan Islam di Sudan. ADIBA: Journal of Education, 2(1), 40-50.

Nugroho, I. T. (2020). Perkembangan Perundang-Undangan Hukum Keluarga Muslim di Mesir (Studi Wasiat Wajibah di Mesir). Familia: Jurnal Hukum Keluarga, 1(1), 1-20.

Perdana, C. (2016). Rekonstruksi Pemidanaan Pelaku Tindak Pidana Terorisme di Indonesia. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 23(4), 672-700.

Rijal, S. (2018). Reformasi Pendidikan Islam. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 121-142.

Sanusi, N. T. (2017). Perceraian dalam Perundang-Undangan Negara Muslim (Studi Perbandingan Hukum Keluarga Islam Pakistan, Mesir dan Indonesia). Jurnal al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 4(2), 323-344.

Saputra, Y. W., & Azmi, M. (2022). Geografi Sejarah Peradaban Dunia Kuno. Borneo Riset Edukasi.

Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P., & Panjaitan, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar–Dasar Memulai Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Sari, A. C. (2018). Pengelolaan Zakat di Negara Sudan. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 4(2), 347-364.

Sulaiman, R. (2017). Ikhwanul Muslimin Dan Politik Kenegaraan Mesir. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 18(2), 243-260.

Sulaiman, S., Rusdinal, R., Gistituati, N., & Ananda, A. (2021). Sistem pendidikan Mesir dan perbandingannya dengan Indonesia. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 395-413.

Susanti, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Round Club untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 53-61.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154.

Umar, M. (2009). Mesopotamia dan Mesir Kuno: Awal Peradaban Dunia. El-Harakah, 11(3), 23708.

Yunitasari, D. (2017). Memetik Pelajaran dari Sistem Pendidikan Mesir untuk Peningkatan Pendidikan Indonesia. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 102-128




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i2.15772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

    
 

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.