Model Integrasi Agama dan Sains di SMA Muhammadiyah Pekanbaru

Muhammad Fajri Hamdy, Munzir Hitami, Abu Anwar, Agustiar Agustiar, Agus Surahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model integrasi agama dan sains di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan dengan mewawancarai beberapa orang guru, alumni, dan menganalisa kandungan beberapa buku teks. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa guru-guru dan beberapa alumni mengetahui pengertian integrasi secara umum dan mereka mengetahui bahwa visi dan misi sekolah mengandung potensi integrasi agama dan sains. Namun, mereka memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang model operasionalnya. Model integrasi agama dan sains di SMA Muhammadiyah lebih menitikberatkan kepada menanamkan nilai-nilai keislaman pada individu-individu yang akan berkecimpung di dalam perkembangan ilmu pengetahuan

Keywords


Integrasi Agama dan Sains Pendidikan Agama Islam Varian Model Integrasi Ilmu Dikotomi Agama dan Sains

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2010). Islamic Studies di Perguruan Tinggi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Abdullah, A., Kartanegara, R. M., Asy'arie, M., Anwar, S., Kuntowijoyo, & Naim, M. (2004). Integrasi sains-Islam: Mempertemukan epistemologi Islam dan sains. (Jakarta: Suka Press).

Al-Faruqi, I.R. (1981). The Hijrah: the necessity of its Iqamat or Vergegenwartigung. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia.

___________. (1982). Tawhid: Its Implications for Thought and Life. Kuala Lumpur: IIIT.

Azra, A. (2000). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Melinium Baru. Logos Wacana Ilmu. Jakarta.

Bahroni, I. (2016). The Principle of Integrated Islamic Education. At-Ta'dib, 9(1).

Bilgrami, H. H., & Ashraf, S. A. (1985). The concept of an Islamic university. Introductory monographs on Islamic education.

Darmaningtyas Dkk. (2014). Membongkar Ideologi Pendidikan, Jelajah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Resolusi Press).

Daud, W. M. N. (1999). Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib AlAttas: An Exposition of The Original Concept of Islamization. Intellectual Discourse, 7(2).

Daulay, H. H. P. (2018). Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.

Fathi, M. and Wilson, L., Strategic Planning in Colleges and Universities. Business Renaissance Quarterly, 4(1), 2009.

Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah(MBS) dan Dewan Sekolah (Bandung: Pustaka Bani Quraisy).

Hamdy, M. F. (2021). Integration of Islam and Science: International Islamic University Islamabad and Malaysia. Nalar: Journal of Pedagogy and Society (JPS), 4(1), 72-86.

Hasan, N. (2009). Islamizing Formal Education: Integrated Islamic School and a new Trend in formal Education institution in Indonesia, see. http://hdl.handle.net/10220/ 6103.

Hasanah, N & Zuhaida, A. (2017). Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Sains dan Matematika di Madrasah. I. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga.

Hidayat, S. (2009). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Sains (Ipa) Di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif-Kualitatif di SD al-Muttaqin Full Day School, Kota Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Iqbal, M. (1934). The Reconstruction Religious Thought in Islam (London: Oxford University.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Pedoman Implementasi Integrasi Ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Khori, A. (2016). Manajemen strategik dan mutu pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1: 75-99.

Kuntowijoyo. (2008). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi (Bandung: Mizan).

Mudzhar, M. A. (2012). Kajian Ilmu-Ilmu Syari'ah Di Perguruan Tinggi: Sudahkah Merespon Tuntutan Masyarakat?. Asy-Syir'ah: Jurnal Ilmu Syari'ah dan Hukum, 46(2).

Mujib, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Mulkhan, A. M. (2013). Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 219-239.

Munadi, M. (2016). Integration of Islam and Science: Study of Two Science Pesantrens (Trensain) in Jombang and Sragen. Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2.

Muslih, M. (2017). Pengembangan Ilmu Berparadigma Integratif. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 1, pp. 287-296).

Nata. A. (2005). Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

_______. (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana).

_______. (2012). Sejarah Sosial Intelektual Islam Dan Institusi Pendidikannya, (Jakarta: Rajawali Press).

Peraturan Menteri Agama RI nomor 90 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.

Piliang, M. Z., Daulay, H. P., and Siddik, D. (2017). "An Analysis of Integrated Islamic School Al Ulum in Medan, Indonesia." IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) 22, no. 4: 100-107.

Priyanto, D. (2014). Pemetaan Problematika Integrasi Pendidikan Agama Islam 222 Dengan Sains Dan Teknologi. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 222-240.

Rahim, H. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. I (Jakarta: Logos Wacana Ilmu).

Rahman, F. (1992). Islamisasi Ilmu: Sebuah Respon. Jurnal Ulumul Qur’an, Nomor: 4, Vol. III.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Kurnia).

Sardar, Z. (1984). Jihad Intelektual: Merumuskan Parameter-Parameter Sains Islam. Bandung: Risalah Gusti.

________. (1996). Beyond development: an Islamic perspective. The European Journal of development research, 8(2), 36-55.

Shihab, Q. (2006). Menabur Pesan Ilahi: Al-Qur‟an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat, (Jakarta: Lentera Hati, 2006).

Suprayogo, I. (2007). Quo Vadis Madrasah: Gagasan, Aksi & Solusi Pembangunan Madrasah (Yogyakarta: Hikayat Publishing).

Tafsir, A. (2008). Filsafat Pendidikan Islam, Cet. III. (Bandung: Remaja Rosda Karya).

Taufiq, M. I. (2006). Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam, (Jakarta: Gema Insani).

Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.15346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.