Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Upin & Ipin

Vidya Nendar Deistyarini, Hesty Andriani Tampubolon, Nur’Aini Zahro, Dian Sekar Mei Ridha, Nabiila Azzahra, Sutarman Sutarman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Nilai nilai pendidikan karakter di dalam film animasi upin & ipin. 2. Penanaman pendidikan karakter didalam film animasi upin dan ipin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka dengan mengumpulkan dari data-data penelitian yang pernah di lakukan. Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan atau menghawatirkan terutama pendidikan karakter. Jika dilihat pendidikan karakter ini sangat penting bagi tumbuh kembang seseorang. Karena nantinya pendidikan karakter ini akan membentuk pribadi yang baik, dan memiliki akhlak yang baik. Jika dilihat saat ini dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat canggih karakter sesorang itu akan terbentuk dengan sendirinya. Pendidikan karakter ini lebih baik dibentuk sedari kecil. Melalui film animasi ini anak-anak yakni film Upin-Ipin bisa mendapatkan pendidikan karakter yang baik, Karena dalam film animasi ini mengajarkan untuk selalu hormat kepada orang dewasa, rajin ibadah, saling membantu, dan lain sebagainya.

Keywords


Nilai-nilai Pendidikan karakter Film animasi upin & ipin

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, Hilda. "Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan UNIGA 8.1 (2017): 1-26.

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67-78.

Gunawan, F. (2014). Pendidikan karakter, hipotesis Saphir-Whorf dan bahasa intelek di media sosial. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(1), 1-18.

Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Tersedia secara online di: http://lib. untidar. ac. id/wp-content/uploads [diakses di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].

Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 84-92.

Ngamanken, S. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter. Humaniora, 5(1), 72-87.

Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506-517. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3)., 464–468.

Purnomo, F. S. (2016). Analisis Nilai–Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Upin dan Ipin Produksi Les Copaque Tahun 2010. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 142-149.

Rohman, M., & Hairudin, H. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-Kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21-35.

Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150-162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 115-124).

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16-34.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Pendidikan Karakter, 1 (1), 47–58.

Sutarna, N. (2016, August). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i1.13583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.