Urgensi Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran bagi Siswa MI/SD untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual

Rosdiana Dewi, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Pada umumnya orang menganggap bahwa pendidikan seks hanya berisi tentang pemberian informasi alat kelamin dan berbagai macam posisi dalam berhubungan kelamin. Hal ini tentunya akan membuat para orangtua merasa khawatir. Untuk itu perlu diluruskan kembali pengertian tentang pendidikan seks. pendidikan seks berusaha menempatkan seks pada perspektif yang tepat dan mengubah anggapan negatif tentang seks.  Penulisan artikel ini berisi tentang kajian literatur tentang pendidikan seks bagi siswa SD Serta penanganan tetntang isu isu terbaru (LGBT, Kekerasan Seksual) serta mengimplemtasikan dalam pembelajaran. Metode sebuah pencarian literatur baik internasional maupun nasional yang dilakukan dengan menggunakan jurna- jurnal terkait serta artikel artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Dengan analisis deskriptif diharapkan dapat memperoleh data yang komprehensif dan mendalam. Langkah–langkah yang dilakukan diantaranya pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta membandingkan literatur untuk kemudian diolah dan menghasilkan kesimpulan. Data yang digunakan  merupakan data sekunder yang berasal dari textbook, jurnal, artikel ilmiah, literature review  yang berisikan tentang konsep yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pendidikan Seksual bagi siswa MI/SD dan Implikasi dalam Pembelajaran

Keywords


Pendidikan, Seks, LGBT, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Awaludin, L. (2008). Cerdas Seksual ”Sex Education for Teenagers”. Bandung: Shofie Media.

Budiningsih, A. (2004). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dahar, R.E. (2011). Teori-Teori Belajar danPembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Ilahi, F. (2014). Bersama Rasulullah Mendidik Generasi Idaman. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Lestari, E., et al. (2014). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Sedini Mungkin di TK Mardisiswi Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari KabupatenM adiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 02 (02).

Lickona Thomas. (2012.)Pendidikan Karakter 103-134, Kreasi Wacana Bantul.

Mahasiswa S2 Prodi Paud Kelas D.(2013). Kekerasan Seksual Terhadap Anak Usia Dini.

Muhammad Taufik. (2010). https://naifu.wordpress.com/2010/08/12/pendidikan-seks-menurut-perspektif-al-qur%E2%80%99an/.

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual terhadap Anak: Dampak dan Penanganannya. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial Republik.

Nurul aini.(2017). Urgensi Pendidikan Seksual yang Islami untuk Anak PROSIDING Rapat Kerja Fakultas Ilmu Kesehatan, Prosiding: Peningkatan Keilmuan Solusi Tantangan Profesi Kesehatan hal 51-59.

Peni Wahyu Agustina. (2018). ANALISIS TINDAK KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. Volume 3, Nomor 2. hal 151-155

Rodhotul Amelia . (2019). Upaya Smp Pgri 8 Surabaya dalam Melakukan Pencegahan dan Penanganan Human Trafficking :Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Volume 07 Nomor, 3, hal 121-135

Roqib, M. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vo. 13, No. 2, hal 271-286

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas) (Jilid I). (Terjemahan Mila Racmawati & Anna Kuswati). New York City: McGraw-Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).

Sarwono, S. W. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Slavin, R.E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Edisi Kedelapan) (Jilid I). (Terjemahan Marianto Samosir). Upper Saddle River: Pearson. (Buku asli diterbitkan tahun 2006).

Suwaid, M. (2010). Propethic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.

Sri Hastuti.(2014). Pendidikan Seksual Anak Di TK Dan SD: Seminar Sanata Dharma, Yogyakarta.

Tri Ermayani. (2017). LGBT dalam Perspektif Islam Oleh: Jurnal Humanika, Th. XVII, No. 1. hal 81-100.

Willis, S. (2005). Remaja dan Masalahnya, Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja. Bandung: Alfabeta.

Winkel,W.S & Sri Hastuti, M.M.(2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Yogyakarta:Media Abadi.

http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelaku- kekerasan-terhadap-anak-tiap-tahun- meningkat/, diakses tanggal 13 April 2020 , Pukul 21.45 WIB.

http://nasional.kompas.com/read/2016/05/13/23025921/Mendikbud.Nilai.Kekerasan.Seks ual.pada.Anak.Muncul.karena.Potensi.Masalah.Dibiarkan, diakses tanggal tanggal 13 April 2020, Pukul 22.30 WIB.

http://kesehatanlingkunganmasyarakat.blogspot.com/2011/09/fakta-demam-berdarah-dengue.html. diakses tanggal tanggal 13 April 2020, Pukul 21.20 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i2.11697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.