Profil Keterampilan Literasi Digital: Penelitian Survey di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Çam, E., & Kiyici, M. (2017). Perceptions of Prospective Teachers on Digital Literacy. Malaysia Online Journal of Educational Techology, 5(4), 29–44.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting Abd Evakuating Quantitative dan Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education, Inc.
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal Acta Diurna, 6(1), 1–15.
Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Lestari, I., & Yarmi, G. (2017). Pemanfaatan Handphone di Kalangan Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 55–59.
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
Maria, N. (2013). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Nilai Akademik Mahasiswa. ComTech, 4(2), 652–658.
Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial Pada Remaja di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal, VIII(1), 12–18.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
National Council of Supervisors of, & (NCSM), M. (2015). Mathematics Education in the Digital Age. Irist Project.
Nejla Gultepe, Z. K. (2015). Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry. International Journal of Environmental and Science Education, 10(1), 111–132. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.234a
P Swan, Lm. (2009). Hands On Heads On: The Effective Use Of Manipulatives. Proceeding of The 22nd Biennial Conference of the Australian Assosiation of Mathematics Teacher Inc., 256. http://makeitcount.aamt.edu.au/content/download/19065/252046/version/2/file/maths-its_mine.pdf#page=264
Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Khizanah Al- Hikmah, 2(2), 117–128. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/download/146/112
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–13.
Rachmi Afriani, M. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Visual Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi di Universitas Kapuas Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 89–93.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239 – 2253.
Sauhenda, A. F., Kidahane, A. K., & Werang, B. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Magistra, 6(1), 34–44. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra/article/view/1114/778
Shopova, T. (2014). Digital Literacy of Students and Its Improvement at The University. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Issue December 2019). https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Zulkarnain, Z., Heleni, S., & Thahir, M. (2020). Digital literacy skills of math students through e-learning in COVID-19 era : a case study in Universitas Riau. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012015
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i2.11306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.