Profil Keterampilan Literasi Digital: Penelitian Survey di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru

Sakolan Sakolan, Heni Rahmadani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi digital di Indonesia masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan profil keterampilan literasi digital matematika peserta didik di SMA IT Al-Bayyinah Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner secara online menggunakan Google Form. Teknik analisis yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi digital peserta didik berada pada kategori baik dengan rata-rata sebesar 2,44. Hasil penelitian juga memberikan informasi bahwa: 1) alat yang sering digunakan peserta didik dalam mengakses internet dan media social adalah handphone/ smartphone; 2) peserta didik memiliki keterampilan untuk mengetahui aplikasi internet; 3) konten yang diakses adalah akademik seperti bahan pelajaran, keterampilan berbahasa, soal ujian; 4) software pembelajaran yang sering digunakan dalam daring adalah Google Meet; dan 5) impact dan nilai positif penggunaan teknologi di era digital adalah pada aspek kemudahan dalam mengakses internet

Keywords


Keterampilan Literasi Digital; E-Learning; Pembelajaran Matematika; Studi Survey

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458

Çam, E., & Kiyici, M. (2017). Perceptions of Prospective Teachers on Digital Literacy. Malaysia Online Journal of Educational Techology, 5(4), 29–44.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting Abd Evakuating Quantitative dan Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education, Inc.

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal Acta Diurna, 6(1), 1–15.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Lestari, I., & Yarmi, G. (2017). Pemanfaatan Handphone di Kalangan Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 55–59.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173

Maria, N. (2013). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Nilai Akademik Mahasiswa. ComTech, 4(2), 652–658.

Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial Pada Remaja di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal, VIII(1), 12–18.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

National Council of Supervisors of, & (NCSM), M. (2015). Mathematics Education in the Digital Age. Irist Project.

Nejla Gultepe, Z. K. (2015). Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry. International Journal of Environmental and Science Education, 10(1), 111–132. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.234a

P Swan, Lm. (2009). Hands On Heads On: The Effective Use Of Manipulatives. Proceeding of The 22nd Biennial Conference of the Australian Assosiation of Mathematics Teacher Inc., 256. http://makeitcount.aamt.edu.au/content/download/19065/252046/version/2/file/maths-its_mine.pdf#page=264

Pattah, S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Khizanah Al- Hikmah, 2(2), 117–128. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/download/146/112

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–13.

Rachmi Afriani, M. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Visual Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi di Universitas Kapuas Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 89–93.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239 – 2253.

Sauhenda, A. F., Kidahane, A. K., & Werang, B. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Magistra, 6(1), 34–44. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra/article/view/1114/778

Shopova, T. (2014). Digital Literacy of Students and Its Improvement at The University. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(2), 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Issue December 2019). https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Zulkarnain, Z., Heleni, S., & Thahir, M. (2020). Digital literacy skills of math students through e-learning in COVID-19 era : a case study in Universitas Riau. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012015




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i2.11306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.