PENDIDIKAN PROFETIK; Mengenal Gagasan Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo

Masduki Masduki

Abstract


This study is a further examination on prophetic paradigm developed by Kuntowijoyo, then it is implemented as a basis in Islamic learning. According to Kuntowijoyo, there are three basic pillars in developing this prophetic mission, humanism, liberation, and transcendence. Furthermore, its implications are, first, making prophetic education values as an effort to create Islamic education which is full of love, tolerance, righteousness, respecting the differences and other humanitarian characteristics. Second, Islamic education should follow the mission of Muhammad PBUH as a model in the learning processes. It should refer to Islamic education which teaches wisdom; each human behavior is based on God ‘s rules. Third, science should not be dichotomist. All sciences must have universal values. Therefore, objectification in viewing a science is crucial

Keywords


Islam; Sekretarianism; dan Komunalisme

Full Text:

PDF

References


Ali Syari’ati, Tentang Sosiologi Islam (terj. Saifullah Mahyudin) (Yogyakarta: Ananda, 1982),

Ali Syari’ati, Humanisme: Antara Islam dan Mazhab Barat (terjemahan) (Bandung: Pustaka Indah, 1996)

A. Malik Fadjar, Reorientasi Pendidikan Islam (Jakarta: Fajar Dunia, 1999).

Erich Fromm, Revolusi Harapan: Menuju Masyarakat Teknologi yang Manusiawi, terj.: Kamdani (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Happy Susanto, “Menggagas “Sosiologi Profetik”: Sebuah Tinjauan Awal”, dalam Jurnal Pemikiran Islam Vol.1, No.2, Juni 2003.

Husnul Muttaqin, “Sosiologi Profetik” dalam Jurnal Sosiologi Reflektif, edisi Perdana, Prodi Sosiologi Fak. Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, Tahun 2005

Happy Susanto, “Menuju Pendidikan yang Humanis”, dalam Jurnal Moderate Center for Moderate Muslim (CMM), Jakarta, 31-August-2004

Hassan Hanafi, Bongkar Tafsir:Liberalisasi, Revolusi, Hermeneutik (terjemahan) (Jogjakarta: Prismasophie, 2005)

Imam Tholkhah dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradis dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam (Jakarta: raja Grafindo Persada, 2004)

I Wayan Koyan, Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya (Jakarta: Dirjend Dikti Depdiknas, 2000)

Kuntowijoyo, “Maklumat Sastra Profetik” dalam Horison, Mei 2005

__________, Islam sebagai Ilmu; Epistemologi, Metodologi, dan Etika. (Jakarta : TERAJU, 2004)

__________, “Paradigma Baru Ilmu-ilmu Islam: Ilmu Sosial Profetik Sebagai Gerakan Intelektual”, Jurnal Mukaddimah (Nomor 7, Tahun V/1999)

__________, “Menuju Ilmu Sosial Profetik”, Republika (19 Agustus 1997)

__________, Menuju Ilmu Sosial Profetik , Republika (19 Agustus 1997)

__________, Dinamika Sejarah Umat Islam di Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994)

__________, Dinamika Internal Umat Islam Indonesia (Jakarta: LSIP, 1993),

__________, Paradigma. Islam: Interpretasi Untuk Aksi, Bandung : Mizan, 1991

__________, “Islam Sebagai Ide”, Prisma, No. Ekstra, 1984

Khozin, Refleksi Keberagamaan Dari Kepekaan Teologis Menuju Kepekaan Sosial (Malang: UMM Press, 2004)

Louay Safi, Ancangan Metodologi Alternatif: Sebuah Refleksi Perbandingan Metode Penelitian Islam dan Barat , (The Foundation of Knowladge: A Comparative Study In Islamic and Western Methodes of Inquiry ), alih bahasa Imam Khoiri, Yogyakarta : Tiara Wacana, 2001.

L. Myyry & K. Helkama, “The Role of Value Priorities and Professional Ethics Training Moral Sensitivity”, dalam The Journal of Moral Education, Volume 31 Number 1 March, 2002

Made Pramono, “Menyelami Spirit Epistemologi Paolo Freire”, dalam: Listiyono Santoso & Sunarto dkk, Epistemologi Kiri, (Yogyakarta : Ar-Ruz, 2003),

Mardiatmadja, Tantangan Dunia Pendidikan (Yogyakarta: Kanisius, TT)

Moeslim Abdurrahman, Islam Sebagai Kritik Sosial (Jakarta: Erlangga, 2003)

Muh. Hanif Dhakiri, Paolo Freire, Islam dan Pembebasan, (Bandung : Djambatan, 2000),

M. Amien Rais, Tauhid Sosial: Formula Menggempur Kesenjangan (Bandung: Mizan, 1998)

M. Fahmi, Islam Transendental: Menelusuri Jejak-jejak Pemikiran Islam Kuntowijoyo (Yogyakarta: Pilar Religia, 2005),

Rochmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai (Bandung: Alfabeta, 2004)

Roger Garaudy, Mencari Agama pada Abad XX: Wasiat Filsafat Roger Garaudy (Jakarta: Bulan Bintang, 1986)

Shofiyullah Mz., “Paradigma Pemikiran Islam Kuntowijoyo”, Makalah Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) ke-7 di Pekanbaru – Riau, pada tanggal 24 – 26 November 2007

Sudarminta, “Pendidikan Moral di Sekolah Jalan Keluar Mengatasi Krisis Bangsa” dalam Tonny D. Widiastono (Ed), Pendidikan Manusia Indonesia (Jakarta: Kompas, 2004)

Yuyuk Sugarman, “Akhirnya, Kuntowijoyo Berjalan di Atas Mega”, dalam Harian Sinar Harapan, Eddisi, 1 April 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v9i1.4320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats