PERILAKU BERAGAMA DAN MENONTON DRAMA KOREA Sebuah Kajian Korelasi di UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Nesa Akila, Salmaini Yelly, Abdul Ghafur

Abstract


Drama Korea merupakan suatu budaya kesenian yang berasal dari negara Korea Selatan, yang mana budaya tersebut tidak hanya ada dalam ruang lingkup negara Korea Selatan tetapi juga sudah tersebar ke hampir seluruh belahan dunia termasuk ke Indonesia. Drama Korea ini konsumsinya juga sampai kepada mahasiswi, khususnya mahasiswi Fakultas Ushuluddin Univeristas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dengan adanya fenomena tersebut maka bisa saja terdapat hubungan drama Korea dengan perilaku keagamaan mahasiswi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu lebih dalam mengenai apakah ada hubungan antara intensitas menonton drama Korea dengan perilaku keagamaan mahasiswi Fakultas Ushuluddin Univeristas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang dibagikan kepada sampel penelitian yaitu mahasiswi Fakultas Ushuluddin. Teknik analisis data yang digunakan ialah korelasi pearson product moment yaitu suatu analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan terikat. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan antara intensitas menonton drama Korea dengan perilaku keagamaan mahasiswi Fakultas Ushuluddin Univeristas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yaitu dengan koefesien korelasi adalah -0,501 dengan signifikansi 0,000, 2 karena signifikansi < 0,05 maka sesuai dengan teori korelasi signifikansi terdapat hubungan yang signifikan dan bentuk hubungannya adalah negatif.


Keywords


Drama Korea, Perilaku Keagamaan, Mahasiswi

Full Text:

PDF

References


Hendro, P E, dkk. 1998. Pengaruh Intensitas Menonton TV dan Pemahaman Indentitas Gender Terhadap Adopsi Nilai-Nilai Hedonisme di Kalangan Remaja Pesisiran di Kodya Dati II Semarang. Semarang; Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro, Pusat Penelitian Sosial Budaya.

Yang, J, “The Korean Wave (Hallyu) in East Asia: A Comparison of Chinese, Japanese, and Taiwanese Audiences Who Watch Korean TV Dramas”. Development and Society, 41(1), 103. 2012

Perdini Putri Idola dkk, “K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia” Jurnal Unpad Volume 3, No. 1. 2019. Bandung.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Subagyo Joko, 2004. Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Mania Sitti, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Makassar: Alauddin University Press.

Sugiyono, 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Hartono, 2004. Statistik Untuk Penelitian, Pekanbaru : Zanafa Publishing.

Nugroho, Bhuono Agung. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v13i2.16102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats