KONSEP PERSAUDARAAN DALAM ISLAM DAN KRISTEN

Mifta Hurrodiah, Muhammad Yasir

Abstract


Membahas mengenai Konsep Persaudaraan Menurut Islam dan Kristen. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana hakikat, makna, serta tujuan dalam persaudaraan menurut Islam dan Kristen. Serta mencari perbedaan dan persamaan dari keduanya. Indahnya persaudaraan dapat dirasakan apabila kita memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang disekitar kita. Seperti persaudaraan yang ada pada Islam, Islam sangat menjujung tinggi hubungan persaudaraan antar manusia, begitu pun dengan agama Kristen dalam Kristen menjadi hal yang wajib untuk menciptakan perdamaian dan salah satu terciptanya perdamaian yaitu dengan menerapkan rasa persaudaraan yang tinggi antar sesama. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reseach), dengan pendekatan komparatif. Al-Qur’an, Hadist dan Al-kitab menjadi rujukan primer dalam rujukan ini. Sementara data sekunder di ambil dari buku-buku, yang terkait dengan penelitian ini seperti ensiklopedia, artikel,dan skripsi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dan diolah penulis menggunakan langkah-langkah dalam penelitian komparasi, dari hasil penelitian ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan yang cukup signifikan, baik dari hakikat, makna dan tujuan dalam persaudaraan menurut Islam dan Kristen.


Keywords


Persaudaraan, Islam, Kristen

Full Text:

PDF

References


Adian Husain, Solusi damai Islam dan Kristen di Indonesia, (Jakarta: Pustaka Da’I, 2003)

AL Budyapranata, Kunjungan Membangun Persaudaraan: Bina Keluarga, (Yogyakarta: Kanisius, 1994).

Badan Penelitian dan Pengembangan Ham Departeman Hukum dan Ham, Evaluasi Pengaruh Kondisi Terhadap Toleransi Beragama di Indonesia, (Jakarta, 2009).

Bambang Sunggono, Metode Penelitian Hukum (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).

Bashori Mulyono, Ilmu Perbandingan Agama, (Indramayu: Pustaka Sayid Sabiq, 2010)

Narwastu, Dai dan pendeta sejuta umat: berbicara hubungan Islam dengan Kristen “, Narwastu. 1 Th IX, (16 maret 2002).

Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahannya, (Madinah: Mujamma’ Khadim al Haramain asy Syarifain al Malik Fahd li thiba’at al Mush-haf asy-Syarif, 1991)

Endi Suhendi Zen dkk, Pendidikan Agama Islam dan Budaya Budi Pekerti Untuk SMA Kelas X, (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2014).

FX Hadisumarta, et al., Hidup dalam Pesaudaraan Sejati: Sudut Pandang Para Uskup (Jakarta: Bunga Rampai III, 2002).

Anton, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Balai Pustaka, Jakarta, 1990).

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an (Bandung: Mizan, 1998).

M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur'an dan Tafsir Maudhu'i atas Berbagai Persoalan Umat, (Bandung: Mizan, Cet. III, 1996).

Mardiatmaja dkk, Roh Kudus Membangun Persaudaraan Sejati (Jakarta: Sekretariat Komisi PSE/APP-KAJ bekerjasama dengan LDD-KAJ, 1998)

Mustika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan (Jakarta: Yayasan Obor Nasional, 2004),

Sayid Sabiq, Fiqih sunnah, jilid 11

Surip Stanislaus, Mematahkan Siklus Kekerasan (Yogyakarta: Kanisius, 2007).

Susana Ayu, Persaudaaraan Suster Misi Fransiskane Santo Antosius dalam Terang Spiritualitas Santo Fransiskus Asisi. (Skripsi SI, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 2007)

Sutrisno Hadi , Metodologi Reseach I, (Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologis Universitas Gajah Mada, 1983)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v13i2.16097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats