BELAJAR TOLERANSI DI SEKOLAH Studi di SMA Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak

Yola Ferdian, Alpizar Alpizar

Abstract


Tulisan ini, membahas tentang toleransi beragama antar siswa Muslim dan Kristen di SMA Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak. Agama sebaiknya digunakan untuk mempererat tali silahturahmi antar sesama tanpa memandang suatu golongan ras, suku atau budayanya. Sehingga keberagaman di Indonesia dapat menjadi identitas tersendiri untuk terlihat berbeda di mata dunia, agar Indonesia dapat menjadi contoh yang baik bagi negara-negara lain. Untuk mencapai tujuan tersebut pemahaman akan keberagaman ini sudah dimulai dari jenjang pendidikan, dimana disetiap sekolah sudah memberikan pembelajaran tentang pentingnya memahami toleransi beragama dalam kehidupan ditengah masyarakat yang beraneka ragam. Karena lembaga pendidikan merupakan media untuk mereparasi kerangka berpikir seseorang, seperti upaya pembinaan Toleransi Beragama Antar Siswa Muslim dan Kristen di SMAN 2 Tualang lembaga ini menggunakan cara yang efektif dan efesien dalam lingkungan sekolah. Aktifitas dalam bertoleransi di SMA Negeri 2 Tualang ini berjalan dengan sangat baik, tentu dengan adanya peran serta para guru untuk memaksimalkan dan meminimalisir akan adanya konflik antar siswa maupun konflik antar guru mengenai perbedaan yang umum terhadap agama dalam ruang lingkup sosial. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap menerima antar siswa dalam ruang lingkup sekolah dengan berbagai macam perbedaan, seperti menghormati dan menghargai perbedaan dan keyakinan orang lain, menjalin kerjasama dalam bidang sosial, seperti ekstrakulikuler, osis, gotong royong belajar bersama maupun ikut serta dalam acara sekolah yang terkait dengan acara keagamaan.

Keywords


Toleransi Beragama, Siswa, Muslim, Kristen

Full Text:

PDF

References


A.Z Muttaqin “Perlindungan Allah Terhadap Muslim Tolikara saat diserang Teroris Kristen” dikutip dari https://www.arrahmah.com/news/2015/07/22/perlindungan-allah-terhadap-muslim-tolikara-saat-diserang-teroris-kristen.html / pada hari rabu, 6 Januari 2021.

Ali, Imam Tholkhah dan Mursyid, 2002. Konflik Sosial bernuansa Agama di Indonesia. Jakarta: Puslit- bang Kehidupan Beragama – Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Ali, M. Daud,dkk. 1989. Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum Sosial dan Politik. Jakarta: Bulan Bintang.

Amri Darwis, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Islam, Pekanbaru: Suska Press.

Anas Sudijono, 2006. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anjar Saputra, “Latar Belakang Konflik Poso”, dikutip dari http://saatnyayangmuda.wordpress.com/2009/01/28/sejarah-konflik-poso/ pada hari rabu, 6 Januari 2021.

Annatija Siregar, selaku Guru Agama Islam kelas X di SMA Negeri 2 Tualang, Wawancara, yang dilakukan pada tanggal 15 Desember 2020

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azra, Azyumardi. 2005. Nilai-Nilai Pluralisme dalam Islam : Bingkai Gagasan yang Berserak. Bandung: Penerbit Nusantara.

Budiharjo. 2007. Konflik Antar Umat Agama Samawi dan Solusinya. Yogyakarta: Sumbangsih Press.

Daryanto, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah, (Yogyakarta: Gava Media, 2011), hlm.84

David Simamora “Peristiwa Aceh Singkil, Intoleransi ditengah Kebhinekaan” dikutip dari http:///www.hetanews.com/article/33558/peristiwa-aceh-singkil-intoleransi-ditengah-kebhinekaan/ pada hari rabu, 6 Januari 2021.

David Simamora “Peristiwa Aceh Singkil, Intoleransi ditengah Kebhinekaan” dikutip dari http:///www.hetanews.com/article/33558/peristiwa-aceh-singkil-intoleransi-ditengah-kebhinekaan/ pada hari rabu, 6 Januari 2021.

Departemen Agama 2007. RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surakarta: Media Insani Publishing.

Djam’annuri. 2002. Agama Kita: Perspektif Sejarah Agama-agama(Suatu Pengantar). Yogyakarta: LESFI, Kurnia Kalam Semesta.

Dokumentasi SMA Negeri 2 Tualang pada tanggal 1 Desember 2020, pukul 09.45.

Dokumentasi SMA Negeri 2 Tualang pada tanggal 15 September 2020 pukul 09:00 WIB

Dokumentasi SMA Negeri 2 Tualang pada tanggal 2 Desember 2020, pukul 10.45.

Dwi Hermawan, Igun. 2017. Pengembangan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di SD Negeri 02 Klinting Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas.Banyumas: IAIN Purwokerto.

Efrika Boru Sembiring, selaku Guru Agama Kristen di SMA Negeri 2 Tualang, Wawancara, yang dilakukan pada tanggal 15 Desember 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v13i1.13650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats