PEMBELAJARAN FIQH YANG HUMANIS Analisis terhadap Kurikulum Fiqh MTs

Sri Mawarti

Abstract


Tulisan ini mendiskusikan akan pentingnya upaya mengembangkan model pembelajaran fiqh yang lebih humanis. Pembelajaran fiqh perlu didorong ke arah yang lebih transformatif, mau melihat perbedaan, menyadari tentang pentingnya pluralitas dalam pemahaman fiqh. Oleh karena itu, pembelajaran fiqh semestinya harus humanis, yaitu meneguhkan kembali kepentingan manusia dalam beribadah. Model pembelajaran fiqh yang humanis diantaranya adalah menekankan akan pembelajaran yang bermakna dan pendekatan dialogis.

Keywords


Humanis, Fiqh, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Affandi, Khozin., 2007., Hermeneutik dan Fenomenologi Dari Teori ke Praktek Surabaya: PPS Sunan Ampel Surabaya.

Al-Jurjani, Abu Hasan, 1938., al-Ta’rifat Mesir: Mustafa Al-Bab al-Halabi

Baharudin dan Makin, Moh. 2007., Pendidikan Humanistik Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Baharuddin, dan Wahyuni, Esa Nur., 2008., Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bleicher, Josef., 2007., Hermeneutika Kontemporer: Hermeneutika sebagai Metode, Filsafat, dan Kritik Yogyakarta: Fajar Pustaka

Depdiknas, 2007., Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Gunawan, Adi W. 2004., Genius Learning Strategy, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hanafi., I., 2012., Oeientasi Fiqhiyah dalam Pendidikan Islam., Jurnal A-Fikra, Vol. 11, No. 1. 20-35

Madjid, Nurcholis., 2002., dalam Rama Furqana (ed), Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Manoppo, Yanti K. 2005,. “Nilai-nilai humansitik dalam interaksi dosen dan mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo”, (Tesis, Program Pascasarjana IAIN/UIN Alaudin Makasar

Muhaimin, 2004., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Remaja Rosdakarya

Mukhtar, 2007., Bimbingan Skripsi, Tesis dan Karya Ilmiah Jakarta: Gaung Persada Press.

Pasaribu, J.J. dan Simanjuntak, B.., 1980., Proses Belajar dan Mengajar Bandung: Tarsito.

Riyanto, Yatim., 2001., Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya: SIC

Robingatin, 2004., “Psikologi Transpersonal, Suatu Perspektif tentang Dimensi Spiritual Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam”, Tesis, Program Pascasarjana UII Yogyakarta

Sanaky, Hujair AH. 2002., “Pembaharuan Pendidikan Islam menuju Masyarakat Madani Indonesia (Tinjauan Sosio-Kultural Historis)”, Tesis, Program Pascasarjana UII Yogyakarta

Sunarto, 2001., Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan Surabaya: UNESA University Press.

Slavin, Robert K. 1994, Educational Pshicology: Theory into Practice Prentice Hall: Engelwood

Wibowo., Agus, 2008, Malpraktik Pendidikan, Yogyakarta: Genta Press




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v11i2.10649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats