KONTRIBUSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN MULTIKULTURALISME

Bashori Bashori

Abstract


Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pendidikanberperan aktif dalam mengembangkan dan menjaga stabilitas sosial masyarakat. Pendidikan adalah garis terdepan dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif, inovatif dan terampil. Era MEA yang kini telah memasuki wilayah Indonesia, ditandai dengan persaingan antar Negara Asia baik dalam ranah sosial, ekonomi, politik dan budaya.Munculnya disharmoniasi masyarakat antar kelompok etnis, suku, dan agama menunjukkan penurunan kualitas masyarakat secara umum. Untuk itu, pendidikan multikultural sangat penting bagi integrasi bangsa karena sejalan dengan upaya pembangunan nasionalisme Indonesia untuk mengatasi tantangan global yaitu MEA. Tulisan ini mengusulkan beberapa gagasan untuk menginternalisasi kontribusi pendidikan Islam dalam mengembangkan pendidikan multikultural.

Keywords


Pendidikan Islam, Multikulturalisme, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Full Text:

PDF

References


A. Beane, James et al. Curriculum Planning and Development. USA: McGraw Hill Book Company, 1991.

A. R. Tilar, Perubahan Sosial dan Pendidikan; Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2002.

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2012.

Abuddinnata. Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2010.

Afif, Ahmad. Model Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Multikultural, Jurnal Tadris Vol. 7 No. 1 juni 2012.

Ali, Abdullah. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren, Telaah terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam as-Salam Surakarta. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2011.

Aly, A., “Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik”. dalam Makalah Seminar Pendidikan Multikultural sebagai Seni Mengelola Keragaman. Surakarta: Fak. Ekonomi UMS, Tanggal 8 Januari 2005.

Amer, Al-Roubaie Amer. Globalization and the Muslim World. Shah Alam: Pelita Jaya Publishing, 2002.

Arief, Amai. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Diktat Perkuliahan, 2002.

Arif, Arifuddin. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: GP.Press Group, 2008.

Arifin, Syamsul dan Ahmad Barizi. Paradigma Pendidikan Berbasis Pluralisme dan Demokrasi. Malang: UMM Press, 2001.

Asyarie, Musa, Pendidikan Multikultural, http://www.kompascetak/ 0301/07opni/46747htm, diakses pada 19 Agustus 2017.

Atmadja. “Multikulturalisme dalam Perspektif Filsafat Hindu”. Makalah di Sajikan dalam Seminar Damai dalam Perbedaan. Singaraja, 5 Maret 2003.

Bahri, Zainul. Satu Tuhan Banyak Agama Pandangan Sufistik Ibnu ’Arabi, Rumi, dan Al-Jili. Jakarta: Mizan Publika, 2011.

D. Marimba, Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Maarif, 1989.

Dawam, Ainurrafiq. Emoh Sekolah. Yogyakarta: Inspeal ahisma Karya Press, 2003.

Fatwa MUI dalam Majalah Media Dakwah No. 358, Sya’ban 1426 H/September 2005.

http://kbbi.web.id/multikulturalisme. diakses pada tanggal 19 Agustus 2017.

Huwaydi, F. Demokrasi Oposisi dan Masyarakat Madani. Bandung: Mizan, 1996.

Kementerian Perdagangan, Warta Ekspor, Edisi Januairi 2015.

Lie, Anita. Mengembangkan Model Pembelajaran Multikultural http://www.kompas.com/kompas cetak/0609/01opini2921517, diakses pada 19 Agustus 2017.

M. Arifin Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Maarif, Syamsul. Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2005.

Machali, Imam. Pendidikan Islam & Tantangan Globalisasi. Yogya karta: Ar-Ruzz Media, 2004.

Mahfud, Chairul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Maksum, Ali. Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing, 2011.

Maragustam. Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi al-Bantani. Yogyakarta: CV Data Media, 2007.

Mulkhan, Abdul Munir. Kesalehan Multikultural. Yogyakarta: PSAP Muhammadiyah, 2005.

Naim, Ngainun dan Ahmad Syauqi. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2010.

Nata, Abudin. Pardigma Baru Pendidikan Islam di Era Pasar Bebas. dalam Jurnal Didaktika Islamika. Vol. VI, No. 1 Juni 2005.

Parekh, Bhikhu Parekh. Rethinking Multikulturalism, Keberagaman Budaya dan Teori Politik. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Purwodarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

R. Knight, George. Issues and Alternatives in Educational Philosophy. Michigan: Andrews University Press, 1992.

Rahatdho, M. Dawam Rahardjo, “Liberalisme, Sekeluralisme dan Pluralisme”, dalam http://www.icrp-online.org, diakses pada tanggal 4 Mei 2015.

Rambly, Nadjamuddin. Membangun Pendidikan yang Memberdayakan dan Mencerahkan. Jakarta: Grafindo, 2005.

Sapendi. “Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah”, dalam Jurnal Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 2 No. 1 tahun 2015.

Siswaningsih, D. “Peluang dan Tantangan Indonesia Pasar Bebas Asean”. Warta Ekspor, Edisi Januari 2015.

Suparlan, Parsudi. “Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural”. Makalah disajikan pada Simposium Internasional Jurnal Antropologi Indonesia ke-3, Membangun Kembali “Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika” Menuju Masyarakat Multikultural, Universitas Udayana, Denpasar Bali, 16-19 Juli 2002.

Sutain, Muhaimin dan Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/madrasah. Jakarta:Kemcana, 2010.

Sutrisno. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 2012.

Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas. Konsep Pendidikan Islam. Bandung: Mizan, 1996.

Tadjab. Dasar-Dasar Kependidikan Islam. Surabaya, Karya Aditama, 1996.

Tilar. Multikuturalisem Tantangan-Tantanga Global Masa Depan dalam Transformasi Nasional. Jakarta: Gramedia, 2004.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional, tt.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1994.

Toha, Anis Malik Thoha. Tren Pluralisme Agama: Tinjauan Kritis. Jakarta: Perspektif, 2005.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, No 20 Tahun 2003.

Usman, Fajar Usman, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Daya Saing Investasi Indonesia, pada Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 3 No 1, Januari-Maret 2016.

Yakin, M. Ainul Yakin. Pendidikan Multikultural: Cross Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan .Yogyakarta: Pilar Media, tt.

Yamin, Moh. dan Vivi Aulia. Meretas Pendidikan Toleransi, Pluralisme dan Multikulturalisme Keniscayaan Peradaban. Malang: Madani Media, 2011.

Yaqin, M. Ainul. Akademika Multikultural. Yogyakarta:UIN Suka Press, tt.

Zaekasyi, Hamid Fahmi. “Ghazwul Fikri: Gambaran Tentang Benturan Pandangan Hidup”. Makalah pada Workshop Pemikiran Islam dan Barat. Pasuruan, 4-5 April 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v12i1.10638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats